Monday, June 24, 2024
BerandaGadgetiPadOS 18 Resmi Dirilis, Apa Saja Fitur Terbarunya?

iPadOS 18 Resmi Dirilis, Apa Saja Fitur Terbarunya?

Apple baru saja mengumumkan pembaruan besar untuk sistem operasi tablet mereka, iPadOS 18, dalam ajang bergengsi Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024.

Pengumuman ini menarik perhatian banyak pengguna dan penggemar teknologi di seluruh dunia karena membawa sejumlah fitur revolusioner yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan kenyamanan pengguna iPad.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi iPad Pro 2024, Bawakan Chip Terbaru!

Sejak pertama kali diluncurkan, iPad telah menjadi perangkat yang esensial bagi banyak orang, mulai dari pelajar, profesional kreatif, hingga pebisnis. Pembaruan iPadOS 18 ini tidak hanya sekadar evolusi, tetapi juga revolusi dalam cara kita berinteraksi dengan perangkat tablet.

Dari aplikasi kalkulator bawaan yang telah lama dinantikan, hingga fitur kontrol jarak jauh yang inovatif, iPadOS 18 menjanjikan pengalaman pengguna yang lebih cerdas, intuitif, dan personal.

Fitur Utama iPadOS 18

Selain kalkulator baru dan fitur kontrol jarak jauh, OS terbaru milik iPad ini masih memiliki berbagai fitur lainnya, baik yang masih baru maupun fitur lama yang membawakan peningkatan. Untuk kamu yang penasaran, berikut ini ulasan lengkapnya, mari simak.

BACA JUGA
Perbaiki Bug, AirPods Pro 2 Menerima Update Firmware Pertama

Kalkulator Bawaan yang Lebih Pintar

Fitur Terbaru iPadOS 18 1

Setelah 14 tahun tanpa aplikasi kalkulator bawaan, Apple akhirnya menghadirkan kalkulator di iPadOS 18. Kalkulator baru ini tidak hanya sekadar kalkulator biasa, tapi dioptimalkan untuk layar besar iPad dan didukung dengan fitur canggih.

Kalkulator ini mendukung fitur Math Notes, yang memungkinkan kamu menulis soal matematika atau fisika lengkap dengan rumus menggunakan Apple Pencil. Kalkulator akan otomatis menyelesaikan soal tersebut, dan kamu bisa mengganti variabel untuk melihat hasilnya.

Fitur ini juga mendukung pembuatan grafik, menjadikannya alat yang sangat berguna bagi siswa dan profesional.

Aplikasi Passwords Baru

iPadOS 18 juga dilengkapi dengan aplikasi kata sandi baru yang memungkinkan kamu menyimpan semua kredensial dengan aman. Aplikasi ini didukung oleh enkripsi ujung ke ujung dan dapat menyinkronkan kata sandi di seluruh perangkat Apple dan Windows (dengan aplikasi iCloud untuk Windows).

Dengan fitur “AutoFill”, kata sandi akan otomatis ditambahkan ke aplikasi Passwords, memudahkan manajemen kata sandi di OS terbaru ini.

Kontrol Jarak Jauh dengan SharePlay

Fitur Terbaru iPadOS 18 2

iPadOS 18 memperkenalkan fitur baru di SharePlay yang memungkinkan kamu mengontrol iPad orang lain dari jarak jauh. Dengan izin, kamu bisa mengetuk ikon, membuka aplikasi, dan bahkan menggambar di layar iPad orang lain.

BACA JUGA
Cara Update Aplikasi di iPhone

Fitur ini sangat berguna untuk membantu teman atau keluarga dalam menyelesaikan masalah teknis pada perangkat mereka.

Fitur AI Apple Intelligence

Apple Intelligence adalah fitur bertenaga AI yang baru di iPadOS 18. Kamu bisa mengetik pertanyaan atau perintah ke Siri yang kini didukung oleh chatbot ChatGPT dari OpenAI.

Siri dapat menjawab lebih banyak pertanyaan dan melakukan tugas tertentu di berbagai aplikasi, dari mengoreksi hingga meringkas teks. Kamu juga bisa membuat emoji dan gambar sesuai keinginan.

Personalisasi Tata Letak Aplikasi

Fitur Terbaru iPadOS 18 3

Kamu bisa mengatur ulang tata letak ikon di layar sesuai keinginan. Pindahkan ikon aplikasi dan widget ke bagian yang mudah dijangkau atau sesuai dengan wallpaper favoritmu. Selain itu, kamu bisa mewarnai ikon aplikasi agar sesuai dengan tema keseluruhan layar.

Fitur Baru di iMessage

Pembaruan iPadOS 18 juga memperkenalkan fitur baru di iMessage, seperti kemampuan untuk menjadwalkan pesan dan menggunakan reaksi Tapback dengan emoji apapun. Fitur ini akan memudahkan kamu dalam berkomunikasi dan mengekspresikan diri dengan lebih baik.

Smart Script di Aplikasi Notes

Fitur Terbaru iPadOS 18 4

Fitur Smart Script di aplikasi Notes menggunakan model pembelajaran mesin untuk menyempurnakan gaya tulisan tanganmu. Kamu bisa menulis catatan dengan cepat, dan Smart Script akan otomatis merapikan tulisan agar lebih mudah dibaca.

BACA JUGA
Cara Cek Garansi iPhone yang Perlu Diketahui

Fitur ini juga memungkinkan kamu untuk mengoreksi ejaan, membuat ruang untuk teks yang terlewat, dan menghapus teks dengan mencoretnya.

Kontrol Privasi dan Navigasi yang Ditingkatkan

iPadOS 18 memperkenalkan kontrol privasi baru yang memungkinkan kamu untuk menyembunyikan aplikasi, mengakses Settings yang didesain ulang, dan menikmati tab mengambang yang dapat disesuaikan sehingga memudahkan navigasi aplikasi.

Ketersediaan dan Kompatibilitas

Saat ini, iPadOS 18 versi beta sudah tersedia untuk pengembang. Versi beta publik akan dirilis pada bulan Juli, sementara versi stabil diharapkan tersedia untuk di-download pada musim gugur mendatang, sekitar bulan September.

Berikut adalah daftar iPad yang kompatibel dengan iPadOS 18:

  • iPad Pro (M4)
  • iPad Pro 12,9-inci (generasi ketiga dan lebih baru)
  • iPad Pro 11-inci (generasi pertama dan lebih baru)
  • iPad Air (M2)
  • iPad Air (generasi ketiga dan lebih baru)
  • iPad (generasi ketujuh dan lebih baru)
  • iPad mini (generasi kelima dan lebih baru)

Dengan berbagai fitur baru yang inovatif, iPadOS 18 siap untuk membawa pengalaman menggunakan iPad ke level berikutnya.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi