Thursday, May 19, 2022
BerandaGadgetiPhone SE 2022 vs iPhone 13, Pilih yang Mana?

iPhone SE 2022 vs iPhone 13, Pilih yang Mana?

TechDaily.id – Apple telah mengeluarkan iPhone SE 2022. Smartphone ini diperkuat dengan chipset terbaru yakni Apple A15 Bionic, chip yang sama seperti ditemukan di dalam seri iPhone 13 yang dirilis tahun lalu. Bagaimana iPhone SE 2022 vs iPhone 13?

BACA JUGA
Cara Menghemat Baterai HP Huawei, Gampang Kok!

Mungkin saat iPhone SE 2022 tiba di Indonesia nanti, Fanboys, julukan penggemar Apple, akan merasa kebingungan harus membeli yang mana. Mengingat, keduanya mempunyai chip yang sama.

Sebelum kamu mempertimbangkan untuk membeli, sebaiknya kamu cari tahu dulu apa saja sih perbedaan antara iPhone SE 2022 dan iPhone 13 yang telah dirilis akhir tahun lalu tersebut?

BACA JUGA
Cara Menghapus Akun TikTok, Kamu Perlu Tahu!

iPhone SE 2022 vs iPhone 13

Desain
Perbedaan paling mencolok saat membandingkan kedua ponsel secara berdampingan adalah bahasa desain dan tampilannya. iPhone 13 melanjutkan desain industri yang telah disempurnakan Apple sejak iPhone X, dengan bagian depan, belakang, dan samping yang rata, hanya terganggu oleh notch kamera yang menampung dua lensanya.

Sementara itu, iPhone SE mempertahankan tubuh iPhone 8 dari 2017. Ini adalah desain jadul yang jelas dibandingkan dengan jajaran gen Apple saat ini. Manfaat utama yang ditawarkan oleh desain iPhone SE 2022 adalah pemindai sidik jari Touch ID yang telah lama hilang dari saudara kandungnya yang lebih besar demi Face ID dan layar ujung-ke-ujung.

Performa
iPhone SE 2022 membawa silikon seluler generasi Apple saat ini ke iPhone yang paling hemat anggaran, dengan chip A15 Bionic yang sama seperti iPhone 13. Secara teori, itu berarti iPhone SE 2022 memiliki kinerja yang sama dengan iPhone 13 yang lebih mahal.

Chip A15 adalah mesin penghancur benchmark Tetapi pertimbangkan tampilan iPhone SE 2022 yang lebih kecil dan beresolusi lebih rendah, yang memberi SE 3 lebih sedikit piksel untuk didorong, serta kameranya yang lebih sederhana, dan kinerja seharusnya tidak menjadi kekhawatiran.

Kemampuan Kamera
Salah satu perbedaan utama antara iPhone SE 3 dan iPhone 13 dapat ditemukan di departemen kamera. iPhone 13 menawarkan dua lensa 12 megapiksel, dengan penembak utama lebar f/1.6mm di samping ultrawide 120 derajat f/2.4.

Sedangkan iPhone SE 2022 mempertahankan satu lensa 12 MP. Ini pasti akan menyelesaikan pekerjaan, dan Apple mengklaim penambahan chip A15 Bionic memungkinkan fotografi komputasi yang lebih baik, tetapi jika kamu peduli dengan keserbagunaan fotografi, kamu lebih baik menggunakan iPhone 13, sebagaimana dikutip dari Slash Gears.

Baterai
Baik iPhone 13 dan iPhone SE 2022 memiliki fitur port konektor Lightning untuk pengisian kabel dan standar Qi untuk pengisian nirkabel yang lebih lambat, meskipun iPhone 13 meningkatkan taruhan dengan dimasukkannya MagSafe, yang memungkinkan pengguna untuk memasang pengisi daya dan bank daya yang kompatibel dengan lingkaran magnet sejajar memastikan transfer jus nirkabel yang sempurna.

Kedua model membanggakan kemampuan pengisian kabel cepat dengan adaptor 20-Watt atau lebih tinggi. Tentu saja, kamu tidak akan menemukan pengisi daya apa pun yang disertakan dalam kotak dengan iPhone baru Anda hari ini.

iPhone 13 mengemas sel 3240 mAh dalam bingkai rampingnya. Apple tidak merilis kapasitas baterai iPhone, artinya tidak akan diketahui seberapa besar baterai di iPhone SE 2022 tersebut.

Harga
Soal harga di Indonesia, iPhone 13 dibanderol mulai dari Rp14.999.000. Nah sedangkan iPhone SE 2022 mempunyai harga global mulai 429 dolar AS untuk model dasar 64GB dam 579 dolar AS untuk kapasitas tinggi 256GB.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi