Telco

Jaringan 5G Telkomsel Sudah Beroperasi, Ini Wilayah Cakupannya!

Techdaily.id – Telkomsel akhirnya benar-benar menjadi operator 5G pertama di Indonesia setelah pada Kamis (27/4), meresmikan secara komersial layanan internet mobile generasi kelima tersebut. Jaringan 5G Telkomsel sendiri baru bisa digunakan dengan optimal apabila kamu memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu.

BACA JUGA
Telkomsel Jadi Operator 5G Pertama di Indonesia

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengungkapkan, pihaknya selalu berusaha menjadi yang terdepan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama untuk layanan 5G.

“Hari ini Telkomsel akan memulai suatu babak baru, yaitu kami akan menghadirkan layanan yang terbaik bagi pelanggan kami yaitu penyelenggaraan layanan 5G. Kami berharap dapat menjadi operator yang selalu terdepan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Setyantoro pada peresmian jaringan 5G Telkomsel di Jakarta (27/5).

jaringan 5G Telkomseljaringan 5G Telkomsel

Untuk benar-benar bisa menggunakan layanan ini, setidaknya kamu harus melakukan beberapa hal terlebih dahulu. Seperti, memiliki perangkat smartphone yang mendukung jaringan 5G dan tidak perlu mengganti kartu lama kamu karena untuk saat ini SIM Card 4G pun masih bisa mengakses jaringan 5G.

“Untuk saat ini, jaringan 5G tidak perlu mengganti (kartu), asal sudah 4G,” tambah Setyanto.

Satu hal yang pasti, saat ini jaringan 5G Telkomsel berjalan pada frekuensi 2300 Mhz sehingga perlu dipastikan pula kalau smartphone kamu mendukung pita frekuensi ini. Jika tidak, maka sangat disayangkan untuk saat ini kamu belum bisa menikmati pengalaman tersebut.

Sampai dengan saat ini, Telkomsel memastikan baru ada beberapa ponsel 5G yang mendukung jaringan mereka di antaranya yaitu OPPO Reno 5, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro. Telkomsel akan terus memperluas kerja sama dengan berbagai mitra device untuk menghadirkan pilihan yang bervariasi bagi seluruh pelanggan Telkomsel, termasuk dengan Apple dan Samsung. Pada tahap awal ini, pelanggan perlu melakukan proses penyesuaian di perangkat lunak/software smartphone agar smartphone tersebut dapat terhubung dengan layanan Telkomsel 5G, yang mana prosedurnya akan disediakan oleh masing-masing produsen smartphone.

BACA JUGA
Rekomendasi HP 5G yang Cocok di Indonesia, Ini Daftarnya!

Tidak sampai disitu, pada tahap awal ini tidak semua wilayah tercover layanan 5G Telkomsel. Pasalnya, hanya beberapa wilayah di Indonesia saja yang baru tersedia untuk layanan terbaru dari Telkomsel. Beberapa wilayah tersebut seperti elapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

“Ekosistem maupun capital expenditure yang kami harus gelar cukup masif sehingga tentu saja kami tidak bisa menggelar langsung ke semua tempat di Indonesia. Karena, toh kalau kami gelar (5G di semua tempat), mungkin kemanfaatannya buat masyarakat masih belum banyak sehingga aspek keekonomiannya belum dapat,” tukas Setyanto.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close