News Enterprise

Jaringan Telkomsel Siap Layani Momen Natal & Tahun Baru

Techdaily.id – Jaringan Telkomsel dipastikan siap melayani momen libur panjang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021. Operator seluler terbesar itu telah mempersiapkan jaringan mobile mereka dengan melakukan penambahan cakupan hingga meningkatkn kapasitas layanan internet.

BACA JUGA
Iziklaim, Solusi B2B Baru Bantu Klaim Asuransi Kesehatan

Tidak sampai disitu, Telkomsel juga telah melakukan optimalisasi jaringan di 550 titik POI (Point of Interest) yang berpusat di area residensial, rumah sakit penanganan COVID-19, pusat transportasi publik, serta titik-titik strategis jalur logistik di tiap provinsi.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengungkapkan, pihaknya senantiasa berkomitmen untuk menjamin kenyamanan pelanggan mereka dengan menghadirkan kualitas layanan serta dukungan produk dan berbagai program menarik untuk para pelanggan mereka.

“Secara rutin Telkomsel selalu berkomitmen untuk menjamin kenyamanan pelanggan dalam melewati segala event di masyarakat, termasuk event Natal dan Tahun Baru. Kami akan tetap memastikan ketersediaan produk dan layananan yang didukung oleh jaringan luas di seluruh Indonesia yang tetap bisa dinikmati oleh pelanggan telkomsel,” ujarnya pada press conference secara daring melalui platform CloudX (14/12).

Tidak hanya berfokus pada kualitas jaringan, Setyanto menambahkan pihaknya juga berfokus pada peran penting sebagai Connectivity Enabler yang berusaha menyebar antusiasme masyarakat untuk saling terhubung ditengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. “Selain berfokus pada jaringan, produk serta layanan, pada momen natal dan tahun baru ini kami juga memperkuat posisi sebagai connected enabler, sekaligus digital telco yang berusaha menyebar antusiasime, kebahagiaan kepada seluruh masyarakat Indonesia.”

BACA JUGA
Muncul di Geekbench, Ini Spesifikasi realme X3 SuperZoom

Berbicara mengenai kesiapan jaringan Telkomsel, pada Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 mereka memprediksi trafik layanan data akan mengalami peningkatan sebesar 10,19% dibandingkan dengan hari biasa di tahun ini. Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, Telkomsel memprediksi trafik data akan tumbuh 49,3%. Prediksi tersebut didasari pada tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi sepanjang tahun ini, di mana terjadi pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh 7,32%, layanan communications (seperti instant messaging dan video conference) melonjak 22,52%, layanan streaming video naik 12,47%, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,65%, akses browsing naik 14,21%, serta akses layanan e-commerce yang akan tumbuh sekira 13,17%.

Sedangkan untuk trafik pada layanan SMS, Telkomsel memproyeksi akan terjadi pertumbuhan sebesar 4,89% dibandingkan dengan hari biasa di 2020. Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru 2019, pertumbuhan yang terjadi diprediksi mencapai 0,8%. Untuk layanan Voice, Telkomsel memprediksi trafiknya akan tumbuh 2,76% dari hari biasa di tahun ini. Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, trafik layanan Voice diperkirakan akan turun 12,1%.

Direktur Network Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, upaya penguatan, penambahan, dan pengamanan akses jaringan yang telah dilakukan secara rutin menjadi langkah mereka untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, khususnya akan akses layanan broadband, terutama menjelang momen hari Natal dan Tahun Baru.

“Kami telah melakukan serangkaian program untuk mengamkan jaringan Telkomsel untuk periode natal dan tahun baru. Dalam melakukan upaya tersebut, telkomsel telah menambah kapasitas jaringan Telkomsel 4G baru, menambah Combat dan meningkatkan kapasitas jaringan 4G untuk menjaga kualitas jaringan di periode Natal dan tahun Baru,” ucapnya.

jaringan telkomsel

Dalam melakukan upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan di POI yang telah ditentukan, Telkomsel mengoperasikan tambahan 587 BTS 4G LTE baru, dan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) serta menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.880 Gbps untuk menjamin kelancaran akses layanan data bagi pelanggan di seluruh Indonesia. Hingga November tahun ini, Telkomsel juga telah mengoperasikan teknologi 4G LTE di seluruh BTS USO yang tersebar di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), termasuk perbatasan negara hingga pelosok negeri, sekaligus melengkapi lebih dari 233.000 BTS Telkomsel yang sudah beroperasi melayani lebih dari 95% wilayah populasi di Indonesia.

Selain itu, Telkomsel juga menjalankan drive test atau uji jaringan, dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di setiap wilayah. Total jarak tempuh uji jaringan kali ini mencapai 14.008 km, yang mencakup 26 ruas tol (termasuk yang baru beroperasi) di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua. Telkomsel menggunakan enam parameter dalam menilai kualitas jaringan, yaitu Coverage, Call Setup Success Rate (CSSR), Call Completion Success Rate (CCSR), Call Setup Time (CST), Mean Opinion Score (MOS), dan Data Throughput. Berdasarkan parameter tersebut, drive test yang dilakukan memberikan hasil yang baik, dengan perolehan data Coverage 100%; CSSR 98,73%; CCSR 99,26%; CST 6,61 detik; MOS ≥ 3 90,99%; dan rata-rata Data Throughput mencapai 12,92 Mbps.

BACA JUGA
Review Samsung Galaxy Buds Pro, Earphone TWS Premium

Untuk pengawasan dan pengamanan rutin terhadap performa jaringan, Telkomsel kembali menerapkan virtual operation dan virtual monitoring yang telah sukses dijalankan pada Ramadan dan Idul Fitri 1441H lalu. Upaya ini dilakukan untuk mendukung imbauan pemerintah dalam menerapkan physical distancing saat proses bekerja sekaligus meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan jaringan. Telkomsel turut melengkapi para petugas lapangan dengan alat pelindung diri (APD) untuk menjaga keselamatan dan kesehatan mereka. Virtual operation dan virtual monitoring untuk Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dijalankan dengan menggelar 59 Posko Virtual yang dikawal langsung oleh 1.350 personel dari internal Telkomsel dan didukung 35 tim mitra strategis beranggotakan 767 orang.

Hendri lebih lanjut menjelaskan bahwa Telkomsel juga terus memantapkan peta jalan (roadmap) implementasi 5G di Indonesia dengan memperluas cakupan jaringan VoLTE, yang kini dapat dinikmati pelanggan di 48 kabupaten/kota yang tersebar di wilayah Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Sulawesi. Kehadiran VoLTE Telkomsel dengan cakupan yang lebih luas dan didukung sinergi dengan para penyedia ponsel pintar yang mendukung layanan VoLTE memungkinkan lebih banyak pelanggan untuk mendapatkan pengalaman menelepon yang lebih baik dan jernih berkat jaringan 4G LTE terdepan dan terluas dari Telkomsel. Pelanggan pun bisa bebas berselancar, membuka berbagai aplikasi, streaming video, hingga bermain game saat masih dalam panggilan VoLTE.

“Perluasan cakupan jaringan VoLTE juga cukup penting dalam memantapkan roadmap 5G di Indonesia, saat ini VoLTE kita sudah bisa dinikmati pelanggan di 48 kota di Indonesia,” pungkasnya.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close