Techlife

Kartu Prakerja Gelombang 13 Dibuka, Ikuti Proses Seleksinya

Techdaily.id – Pendaftaran kartu prakerja gelombang 13 resmi dibuka pada Kamis 4 Maret 2021  dan dengan kuota 600.000 orang. Bagi kamu yang belum kebagian kuota prakerja ini sejak gelombang pertama, ini saatnya kamu mengikuti seleksinya.

BACA JUGA
Kampanye Prabowo Rajai Trending Topic Twitter Indonesia.

Head of Communications Managemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan bahwa proses pendaftaran kartu prakerja gelombang ke 13 ini akan berlangsung selama beberapa hari kedepan. Namun belum ditentukan kapan pendaftaran gelombang ke 13 ini akan ditutup.

“Dari pengalaman selama ini, kami buka antara 4-5 hari tergantung animo masyarakat. Kami akan umumkan jadwal penutupannya”, kata Louisa.

Louisa meminta agar masyarakat tidak tergesa-gesa untuk mendaftar di hari pertama karena proses pendaftaran akan dilangsungkan selama beberapa hari. Ia juga menjelaskan akan ada tiga tahap penyaringan dalam menentukan peserta yang lolos untuk mendapatkan kartu prakerja ini. Adalah tahapan penyaringan yang semuanya dilakukan oleh sistem tanpa ada intervensi manusia.

Ketiga tahapan penyaringan tersebut adalah pertama menyangkut Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga, yang akan dilakukan dengan mencocokkan data dari Dukcapil. Penyaringan kedua adalah menyangkut daftar terlarang (blacklist) dimana daftar terlarang penerima kartu prakerja ini sesuai dengan yang sudah diatur dalam Permenko Nomor 11 Tahun 2020 tentang kategori pekerjaan yang masuk daftar terlarang atau tidak bisa mendaftar kartu prakerja.

Mereka adalah pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota Polri, Kepala dan perangkat desa, direksi, komisaris dan Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau badan usaha milik daerah.

Selain itu, peserta kartu prakerja yang sebelumnya sudah mendapat kesempatan membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari juga masuk dalam daftar terlarang dalam penyaringan ini. Adapun jangka waktu pemilihan pelatihan pertama itu dilakukan sejak peserta mendapat pemberitahuan penetapan penerima kartu prakerja dan melengkapi data secara daring melalui laman kartu prakerja. Louisa mengatakan bahwa jumlah peserta yang lolos dalam kedua tahap penyaringan ini biasanya masih lebih banyak dibandingkan dengan kuota setiap gelombang.

BACA JUGA
4 Situs E-commerce yang Banjir Diskon di Bulan Ini

Sedangkan untuk penyaringan ketiga dilakukan oleh sistem dengan proses randomisasi sehingga keluar sebanya 600.000 penerima kartu prakerja gelombang 13. (ira)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close