Telco

Kecepatan Internet 5G Telkomsel Tembus 600Mbps !

Techdaily.id – Tim redaksi Techdaily berksempatan untuk melakukan uji jaringan 5G Telkomsel di beberapa titik di Jakarta untuk mengetahui kecepatan internet 5G Telkomsel. Pada pengujian tersebut, kami juga mendapatkan informasi penting terkait cara melakukan pengujian jaringan 5G.

BACA JUGA
Telkomsel Jadi Operator 5G Pertama di Indonesia

Seperti diketahui, beberapa waktu yang lalu layanan internet 5G milik Telkomsel resmi bisa digunakan di Indonesia. Hal tersebut langsung menjadikan banyak masyarakat yang ingin menikmati pengalaman menggunakan layanan internet mobile generasi kelima tersebut. Berbekal ponsel ‘5G Ready’ yang mereka miliki, tidak sedikit masyarakat yang langsung berburu jaringan internet 5G di beberapa titik di Jakarta.

Hasilnya, tidak sedikit dari mereka yang kecewa lantaran kualitas dari kecepatan internet 5G Telkomsel khususnya dari hal kecepatan download dan upload tidak sesuai dengan ekspektasi mereka. Sangat wajar memang, namun apa yang dilakukan ini tidak sepenuhnya benar karena banyak pula yang tidak mengikuti cara mengaktifkan jaringan 5G yang sesuai.

Untuk itu, pihak Telkomsel memberikan tata cara atau setidaknya syarat yang perlu dipenuhi agar pengguna bisa menikmati layanan 5G dengan baik dan mendapatkan pengalaman yang sempurna. Terkait cara mengetahui jaringan 5G yang benar, akan kami bahas pada artikel lainnya.

Lanjut ke proses pengujian, pada kesempatan kali ini kami melakukan pengujian di beberapa titik seperti di kantor pusat Telkomsel yang terletak di Graha Merah Putih dan juga terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Pada pengujian tersebut, kami menggunakan OPPO Reno5 5G sebagai smartphone yang sudah mendukung layanan ini. Kemudian, kami juga menggunakan aplikasi Speedtest by Ookla sebagai alat ujinya.

kecepatan internet 5G Telkomsel

Pada pengujian di lokasi pertama, kami mendapati kecepatan 5G Telkomsel yang sangat bagus, meski kondisi diluar sedang hujan lebat. Pada pengujian tersebut, kami berhasil mendapatkan kecepatan download sebesar 543Mbps dan upload sebesar 75.7Mbps dengan tingkat ping mencapai 68ms dan Jitter sebesar 3ms.

BACA JUGA
Daftar HP 5G OPPO, Ada yang Rp. 3 Jutaan!

Sementara pada pengujian kedua yang berlokasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, kualitas layanan 5G milik Telkomsel berhasil memperoleh skor yang sangat tinggi.

jaringan 5G Telkomsel

Seperti pada foto di atas, bisa dilihat bagaimana kecepatan downloadnya mencapai 643Mbps dan 84.5Mbps untuk uploadnya. Sementara ping yang dihasilkan sendiri mencapai 62ms dengan jitter mencapai 1ms saja.

Well, itu tadi merupakan kecepatan internet 5G Telkomsel di beberapa titik yang ada di Jakarta. Dengan begitu, perlu diperhatikan pula jika kamu sudah siap menggunakan layanan 5G, maka kamu juga harus siap dengan konsumsi kuota data yang juga besar.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close