Gadget

Kelebihan dan Kekurangan Poco F3, Apa Saja?

Techdaily.id – Ponsel flaghip Poco F3 akhirnya hadir di Indonesia pada 20 April 2021 lalu. Ponsel yang memiliki spesifikasi tinggi ini hanya dibanderol seharga Rp 5 jutaan saja. Lalu, apa saja ya kelebihan dan kekurangan Poco F3? Yuk simak terlebih dahulu artikel berikut ini.

BACA JUGA
Spesifikasi realme Narzo 20 Pro, Masih Bagus!

Jika biasanya ponsel flagship dibanderol seharga lebih dari Rp 10 juta, berbeda dengan Poco F3 ini yang memiliki harga terjangkau. Menariknya, Poco F3 dipersenjatai berbagai macam teknologi mutakhir yang pada akhirnya menjadi satu set kelebihan dari handphone ini sendiri.

Selain memiliki kelebihan, tentunya terdapat beberapa kekurangan Poco F3 yang tidak kalah penting untuk disimak. Jadi, buat kamu yang ingin membeli ponsel ini, simak kelebihan dan kekurangan Poco F3 berikut.

Kelebihan Poco F3

  1. Desain Premium

Poco F3 memiliki tampilan yang sangat keren dan premium. Hal tersebut terlihat dari material bodi belakang yang digunakan adalah kaca sehingga tampak glossy. Terutama untuk varian warna Night Black yang punya efek reflektif layaknya keramik. Lalu, varian warna Deep Ocean Blue tampak lebih trendi dengan kontur garis-garis dan kontras warna.

Kemudian, desain bagian depan juga terkesan modern, terlihat dari kamera depannya yang disematkan di punch-hole pada bagian tengah atas layar. Ponsel ini memiliki ketebalan bodi hanya 7,8 mm, sehingga sangat mudah dan nyaman digenggam.

Lalu, beralih di sisi bawah terdapat grill speaker, port USB C, slot dua nano-SIM, dan lubang mikrofon. Di sisi atas, kamu akan menemukan IR Blaster dan earpice yang menyatu dengan speaker kedua.

BACA JUGA
Harga OPPO A92 Terbaru (Desember 2020)
  1. Layar Amoled

Poco F3 sudah menggunakan layar berpanel AMOLED berukuran 6,67 inci. Layar itu pun juga sudah Full HD dan memiliki opsi refresh rate 120 Hz.

Layar AMOLED punya beberapa kelebihan, di antaranya adalah bisa menampilkan gambar dengan saturasi warna lebih tinggi, lebih irit daya, hingga mampu menyajikan sudut pandang yang lebih baik.

Lalu, layar dengan refresh rate 120 Hz juga memiliki gerakan yang lebih mulus saat dioperasikan. Jadi, berbagai kebutuhan seperti bermain game atau menonton Video jelas akan semakin membuat terasa nyaman.

  1. Chipset Kelas Flagship

Poco F3 menggunakan chipset kelas tinggi yang dirilis oleh Qualcomm pada 2021 ini, yaitu Snapdragon 870. Secara perfoma jelas bisa di katakan ponsel ini memang sangat baik dengan mampu menjalankan kinerja berat serta game berat sekalipun.

Dukungan CPU Octa Core dan juga Adreno 650 juga bakalan membuat perfomannya menjadi sangat baik. Adreno 650 tidak bekerja sendirian, ia juga dibantu dengan kegegasan RAM LPDDR5 dan memori internal UFS 3.1 dalam menjamin pengalaman gaming terbaik.

Nah, untuk menjaga kestabilan performa dan kenyamanan saat digunakan bermain game, Poco F3 juga menyertakan LiquidCool Technology 1.0 Plus. Di samping itu, ada pula aplikasi game booster yang sama-sama berfungsi untuk menjamin kenyamanan pengguna.

  1. Kapasitas Baterai Besar

Kapasitas baterai yang besar jelas akan membuat ponsel memiliki screen on time yang lama. Bagitu pula pada Poco F3 yang mana memiliki baterai 4.500 mAh.

Selain baterainya besar ponsel ini juga akan memiliki fitur pengisian cepat 33W. Dengan fitur pengisian cepat tersebut kamu bisa mengisi daya dari 0-100% hanya memakan waktu 52 menit saja dalam penggunaan normal.

  1. Kamera Mumpuni

Poco F3 memiliki 3 kamera yang terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera makro 5 MP. Kamera utama POCO F3 ditenagai oleh sensor Sony IMX 582 yang punya ukuran 1/2 inci dan bisa menghasilkan piksel sebesar 0.8┬Ám. Bukaan kamera ini adalah f/1.8.

Sedangkan kamera ultrawide-nya punya sensor Sony IMX 355 yang berukuran 1/4 inci. Kamera fixed focus dengan bukaan f/2.4 ini bisa menjepret foto dalam mode malam seperti kamera utama.

Selanjutnya, ada kamera makro dengan diafragma f/2.2 dan punya sensor Samsung S5K5E8. Kamera ini juga punya lensa dengan focal length 49 mm yang memungkinkan untuk melakukan autofocus pada jarak 3-7 cm dari objek.

Menariknya lagi yang gak kalah keren, di sisi depan ada kamera swafoto 20 MP, f/2.2 yang didukung sensor Samsung S5K3T2 ISOCELL Plus berukuran 1/3,4 inci.

 

  1. Speaker, Konektivitas, dan Harga Bersaing

Poco F3 dibekali speaker ganda stereo yang kelantangan suaranya menurut pengujian GSM Arena masuk kategori sangat bagus, yakni -24,5 LUFS.

Elemen bass pun terdengar baik di level volume menengah maupun atas. Apabila suara keluaran speaker masih dirasa kurang mantap, kamu bisa memanfaatkan koneksi Bluetooth 5.1 untuk menyambungkan headset nirkabel dengan ponsel.

Ponsel ini juga sudah mendukung jaringan 5G. Sehingga ponsel ini bisa menangkap sinyal Wi-FI generasi 6 yang lebih kencang dan stabil buat area padat penduduk.

Lalu, berapa harganya? Poco F3 dibanderol Rp 5 juta untuk varian RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Sementara itu, untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 256 GB dibanderol Rp 5,5 jutaan.

Kekurangan Poco F3

  1. Tidak Memiliki IP Rating

POCO F3 sepertinya sudah terbukti memiliki performa yang ganas. Namun sangat disayangkan, tak ada proteksi apa pun yang tersemat di bodinya. Artinya, ponsel ini tak memiliki sertifikasi semacam IP53 atau IP67. Alhasil, tak ada jaminan ponsel ini bisa bekerja dengan normal setelah diajak hujan-hujanan atau kegiatan outdoor lainnya.

  1. Tidak Ada Jack Audio & Slot MicroSD

Selain lewat speaker, cara lain untuk mendengarkan keluaran suara POCO F3 adalah melalui headset. Sayang sekali, ponsel ini tak memiliki jack audio 3,5 mm. Selain itu, absennya slot microSD pada Poco F3 ini disebut-sebut untuk menjaga performa ponsel.

  1. Tidak Ada Lensa Telephoto

Untuk keperluan memotret, Poco F3 memiliki konfigurasi tiga kamera belakang. Namun sayangnya, tak ada lensa telephoto di konfigurasi kamera tersebut.

Jadi, fitur zoom di Poco F3 terkesan tak terlalu istimewa. Perlu diketahui, lensa telephoto atau lensa tele memungkinkan pengguna bisa mengambil foto atau video dari jarak jauh tetapi hasilnya tetap cemerlang.

  1. Pemindai Sidik Jari Bukan di Layar

Meski sudah menggunakan layar berpanel AMOLED, anehnya Poco tak menyematkan pemindak sidik jari di layar pada ponsel ini. Pemindai sidik jari Poco F3 justru ada di bingkai perangkat atau side fingerprint.

BACA JUGA
Bocoran Spesifikasi OPPO A92s, Bawa Teknologi Layar Terbaru!

Nah, demikianlah kelebihan dan kekurangan Poco F3. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat buat kamu yang ingin membeli Poco F3 ini ya. (ran)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close