Tuesday, November 29, 2022
BerandaGadgetKenali 3 Tanda Hard Drive Kamu Rusak

Kenali 3 Tanda Hard Drive Kamu Rusak

TechDaily.id – Rata-rata tingkat kegagalan hard drive dan SSD meningkat secara dramatis setelah 3 tahun. Oleh karena itu kamu perlu mengenali 3 tanda hard drive kamu rusak.

Kerusakan hard drive bisa terjadi lebih cepat saat terkena perubahan suhu, kelembaban, atau guncangan eksternal. Jika Anda melihat tanda-tanda awal kegagalan hard drive setelah tiga hingga 5 tahun, kamu perlu mencari solusinya.

Dalam sejumlah kasus, hard drive gagal secara bertahap, memberi kamu cukup waktu mengambil salinan data Anda dan menggantinya sebelum menghadapi kegagalan fatal. Tapi bagaimana tepatnya Anda akan tahu apakah hard drive Anda rusak? Berikut adalah beberapa petunjuk.

Tanda Hard Drive Kamu Rusak

  1. Komputer Lambat, Sering Freeze, atau Blue Screen
    Masalah kerusakan PC ini dapat memiliki sejuta penyebab yang berbeda, dan hard drive yang rusak adalah salah satunya. Jika masalah ini terjadi setelah instalasi baru atau dalam Mode Aman Windows, akar kejahatan hampir pasti adalah perangkat keras yang buruk, mungkin hard drive yang rusak.

Untuk mengecualikan masalah dengan hard drive, kamu dapat menjalankan sejumlah alat diagnostik, tetapi harus mulai dengan melihat ke S.M.A.R.T. (Self-Monitoring, Analisis, dan Teknologi Pelaporan). Sementara Windows secara otomatis mengumpulkan informasi ini di latar belakang, itu terkenal tidak dapat diandalkan dalam memprediksi kegagalan hard drive. Anda mungkin mengalami malfungsi kritis sebelum S.M.A.R.T. peringatan masuk.

  1. Data Rusak dan Akumulasi Bad Sector
    Data yang rusak dapat muncul dalam berbagai cara yang tidak terhitung jumlahnya. Jika Anda berulang kali melihat salah satu gejala ini, kemungkinan hard drive secara bertahap gagal.
BACA JUGA
Tiru Kesuksesan realme X, realme XT Siap Berikan Kejutan

Kerusakan data terjadi pada titik pembuatan atau penyimpanan data. Bisa jadi virus mengganggu file, tetapi bisa juga karena bad sector pada hard drive, sebagaimana dikutip dari Make use of.

Bad sector adalah area hard drive yang tidak menjaga integritas data. Windows secara otomatis menutupi bad sector, sehingga kamu tidak akan melihatnya kecuali jika mengalami masalah dengan data yang rusak. Namun, bad sector dapat terakumulasi dengan cepat pada hard drive yang rusak, yang berarti kamu akan lebih sering melihat masalah ini.

  1. Suara Aneh
    Ketika mendengar suara-suara aneh yang datang dari hard drive, kamu berada dalam masalah. Suara berulang yang dikenal sebagai klik kematian disebabkan oleh head yang mencoba menulis data, gagal, kembali ke posisi semula, dan berulang kali mencoba lagi. Suara decitan menunjukkan bagian perangkat keras, seperti bantalan atau motor spindel, rusak.
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi