Tuesday, September 21, 2021
BerandaGadgetKomparasi realme Buds Air vs Airpods 2, Mana yang Paling OK?

Komparasi realme Buds Air vs Airpods 2, Mana yang Paling OK?

Techdaily.ID Produk earphone TWS (True Wireless Stereo) tengah menjadi kegemaran baru bagi hampir setiap orang untuk mendengarkan musik. Desain yang ringkas dan praktis serta tanpa kabel menjadi daya tarik tersendiri earphone wireless ini.

Produk TWS ini pertama kali dipopulerkan oleh Apple dengan merilis AirPods 2 pada tahun 2017 lalu. Selanjutnya Apple kembali merilis penerus AirPods 1 yakni AirPods 2 yang diluncurkan pada Maret 2019 lalu dengan harga sekitar Rp 2,7 jutaan.

BACA JUGA
Review realme Buds Air, Kualitas Memukau Dengan Harga Terjangkau

Tak hanya AirPods, saat ini hadir beragam produk TWS di pasaran dengan harga terjangkau. Misalnya realme Buds Air yang baru saja diluncurkan realme.

Meski harganya relatif terjangkau, kualitas yang ditawarkan realme Buds Air tidak kalah jauh dengan AirPods 2. realme Buds Air ini juga akan menjadi produk AIoT pertama dan pelopor era AIoT realme di Indonesia pada tahun 2020 ini.

realme Buds Air sudah tersedia di Shopee dan situs official realme dengan harga spesial Rp 599.000. realme Buds Air mengusung sejumlah fitur andalan seperti Super Low Latency dengan cip R1, Open-up Auto Connection, Google Fast Pair, Wear Detection, Auto Play/Pause, Wireless Charging, daya tahan hingga 17 jam, Dynamic Bass Boost Driver, Advanced Audio Coding Dual Mic for Calling serta Environment Noise Cancellation. realme Buds Air ini tersedia dalam varian warna kuning, hitam dan putih.

Dari segi desain dan spesifikasi, banyak kesamaan antara realme Buds Air dengan AirPods 2. Apalagi varian warna putih yang sama-sama diusung realme Buds Air dan AirPods 2 membuat dua TWS ini terlihat sangat mirip.

Kali ini Redaksi Techdaily.ID melakukan komparasi antara realme Buds Air dengan AirPods 2. Kami melakukan komparasi ini karena keduanya memiliki kesamaan dari segi desain dan fitur.

Varian warna yang kami bandingkan sama-sama putih. Yuk simak ulasannya.

Desain

 

Dari segi desain, memang terlihat sangat mirip antara realme Buds Air dengan AirPods 2. Apalagi warna yang kami dapatkan sama-sama putih.

Tiga varian warna yang diusung realme Buds Air yakni kuning, hitam dan putih yang diusung realme Buds Air menjadi salah satu perbedaan yang mencolok. Dibandingkan dengan AirPods 2 yang hanya memiliki satu warna yakni putih.

BACA JUGA
Bebas Repot Mendengarkan Musik Bersama realme Buds Air True Wireless Stereo

Dibandingkan pendahulunya yakni AirPods 1, AirPods 2 sudah mengalami peningkatan dari segi desain, spesifikasi dan fitur. Sama seperti AirPods 2, realme Buds Air juga memiliki charging case yang mampu mengisi daya perangkat buds ini.

Ukuran case ini juga cukup mungil dan mudah dimasukkan ke saku. Case nya sendiri memiliki ukuran tinggi hanya sekitar 51 mm, lebar 45,3 mm, tebal 25,3 mm dan berat hanya 42,3 gram saja. Sementara berat earbuds nya sendiri hanya sekitar 4 gram saja.

Sedangkan case AirPods 2 memiliki dimensi yang lebih luas dibandingkan realme Buds Air. Case AirPods 2 ini memiliki tinggi 53,5 mm, lebar: 44,3 mm, tebal 21,3 mm serta bobot 40 g. Sementara bobot earbuds nya sendiri sama dengan realme Buds Air yakni 4 gram.

Di bagian depan case realme Buds Air terdapat tombol reset sekaligus pairing. Sedangkan di bagian depan AirPods 2 terpampang sebuah LED indikator.

Baik realme Buds Air maupun AirPods 2 memiliki desain yang unik masing-masing untuk earbuds nya sendiri ataupun case nya. Misalnya, case realme Buds Air ini mengadopsi desain kurva yang sempurna dan masing-masing R Angle dibuat dengan lebih dari 20 busur.

Desain tersebut membuat realme Buds Air terlihat lebih bundar secara fisik serta memberikan rasa nyaman ketika digenggam. Sementara AirPods 2 dilengkapi cover silikon.

Buds realme Buds Air cukup nyaman dan menyesuaikan kelopak telinga manusia pada umumnya sehingga membuat kami cukup nyaman ketika mengenakannya. Desain dari realme Buds Air membawa keindahan, kenyamanan saat menggunakan serta berat yang ringan. Penggunaan sejumlah besar desain kurva dan desain kelopak telinga yang sangat pas bahkan dapat membuat pengguna tidak merasakan keberadaan Buds saat dipakai di telinga.

Pihak realme juga mengklaim jikalau mereka telah melakukan lebih dari ratusan tes saat perangkat ini digunakan pada telinga, realme telah menyesuaikan radian dari Buds yang masuk di lubang telinga, dan sudut antara batang dan Buds, membuat desain yang sangat kompatibel serta ergonomis dengan saluran pendengaran.

Sementara AirPods 2 memiliki bentuk fisik mirip seperti EarPods minus kabel. Ketika kami mengguanakan AirPods 2, desain buds nya pun nyaman di telinga.

Performa dan penggunaan

Penggunaan realme Buds Air

realme Buds Air diperkuat chip R1 yang dikombinasikan dengan bluetooth 5.0 yang menjadikan perangkat ini memiliki koneksi yang stabil dan mempercepat proses pairing. Proses pairing nya hanya membutuhkan waktu kurang dari lima detik. Kecepatan pairing ini juga didukung fitur Google Fast Pair.

realme Buds Air dapat terkoneksi dengan semua perangkat termasuk perangkat mobile berbasis Android dan iOS. Begitupun dengan AirPods generasi kedua yang bisa terhubung dengan semua perangkat termasuk smartphone berbasis Android dan iOS.

Transmisi dual-channel pada realme Buds Air ini juga sangat berkontribusi dalam meminimalisir tingkat delay ketika digunakan. Bahkan ketika bermain game sekalipun, pantas jika realme Buds Air memiliki predikat super low latency. Mode Gaming pada realme Buds Air ini bisa mengurangi latensi suara sebesar 51% dan memastikan sinkronisasi sempurna antara visual dan suara saat menonton video dan bermain game.

Namun, ketika kami pasangkan realme Buds Air dengan produk Apple, kami merasakan adanya delay. Tapi jika dipasangkan pada perangkat android, delay tersebut tidak terasa sama sekali.

Sedangkan AirPods 2 disokong chip headphone H1. Chip H1 ini memiliki performa yag lebih baik dibandingkan pendahulunya yakni chip W1 yang disematkan pada AirPods 2. Dengan chip ini, AirPods 2 menyuguhkan koneksi lebih baik dan audio delay lebih kecil hingga 30% dibandingkan AirPods 2. Sehingga AirPods 2 cocok digunakan untuk mendengarkan musik dan game ringan.

Sebaliknya ketika AirPods 2 disandingkan dengan perangkat Android, delay yang terjadi cukup lama. Sementara jika dihubungkan dengan perangkat iOS, hampir tidak terasa sama sekali. Ini juga didukung koneksi Bluetooh 5.0. Karena sejatinya, AirPods 2 ditujukan khusus untuk perangkat iOS.

Fitur noise cancellation pada realme Buds Air, memberi kami pengalaman lebih ketika mendengarkan musik saat berkedara maupun menggunakan kendaraan umum seperti di KRL maupun Trans Jakarta. Saat mendengarkan musik melalui realme Buds Air, dentuman bass cukup kuat. Apalagi untuk genre lagu tertentu seperti Metal, Rock, Jazz, Blues, Pop, Dance Elektronik, EDM dan lagu yang lebih nge-beat lainnya.

Dengan harga yang cukup mahal dibandingkan realme Buds Air, AirPods 2 ini menyuguhkan kualitas suara yang sudah tidak diragukan lagi. Dentuman bass juga lebih terasa ketika mendengarkan lagu nge-beat.

Fitur Andalan

realme Buds Air mengusung beberapa fitur andalan seperti wear detection, wireless charging, noise cancellation hingga fitur touch control. Fitur ini memudahkan kami untuk dapat menjawab atau mengakhiri panggilan, mengganti musik, dan mengaktifkan gaming mode.

Cara menggunakan touch control pada realme Buds Air cukup mudah. Kamu hanya tinggal menyentuh sekali pada salah satu bagian batang (housing) dari buds realme Buds Air ini untuk menjawab panggilan telepon serta play/pause musik.

Sementara untuk memainkan lagu selanjutnya kamu hanya tinggal mengetuk buds tadi sebanyak tiga kali. Jika kamu ingin melakukan panggilan telepon atau mengaktifkan asisten suara, kamu hanya tinggal menekan dan menahan salah satu buds. Saat kedua buds realme Buds Air ditahan maka kamu akan masuk ke gaming mode dari perangkat ini.

realme Buds Air juga didukung sensor Smart In-ear Detection yang ketika TWS ini dilepas, maka musik akan pause dengan sendirinya. Sebaliknya jika realme Buds Air dipasang kembali, maka musik akan kembali berputar secara otomatis.

Menariknya, kamu juga dapat mengaktifkan aisten virtual Google Assistant. Caranya, cukup tekan realme Buds Air selama beberapa detik untuk mengaktifkan Google Assistant. Melauli Google Assistant, kamu bisa mengatur musik yang kamu dengarkan, menerima panggilan telepon, melakukan panggilan telepon, menyesuaikan volume, bahkan layanan informasi seperti cuaca.

Fitur serupa touch control dan Smart In-ear Detection pada realme Buds Air, juga hadir di AirPods 2. Dengan fitur Automatic In Ear Detection, AirPods 2 bisa langsung tersambung dengan iPhone atau iPad ketika dipasang di telinga. Sebaliknya ketika AirPods 2 dilepas, musik akan secara otomatis pause sama seperti realme Buds Air.

AirPods 2 memiliki sensor tap, kamu bisa tap dua kali pada housingnya untuk play/pause atau next/previous track. Kamu juga bisa mengaktifkan SIRI dengan mengetuk dua kali pada AirPods 2. Sensor ini bisa dikonfigurasi pada halaman settingan bluetooth Airpods 2 kamu.

Asisten virtual besutan Apple yakni SIRI sudah pasti hadir di AirPods 2. Sama seperti Google Assistant, SIRI juga dapat mengatur musik yang kamu dengar dan panggilan telepon.

Daya Tahan Baterai

Soal daya tahan baterai, kami menguji kedua TWS ini dengan mendengerkan musik seharian. Untuk case nya, realme Buds Air memiliki baterai yang mampu bertahan hingga 17 jam. Sedangkan untuk buds nya sendiri mampu bertahan kurang lebih 2-3 jam nonstop. Jadi kita bisa ngecharge buds realme Buds Air ini hingga lima kali pada case nya.

Saat kami melakukan review realme Buds Air, kami juga menjajal produk ini pada perangkat wireless charging milik realme. Proses pengisian ulang daya case realme Buds Air juga cukup cepat sehingga membuat kami tidak perlu menunggu lama.

Sementara buds AirPods 2 bisa bertahan hingga 5 jam untuk mendengarkan musik dalam sekali charge. Dalam sekali charge, buds AirPods 2 bisa bertahan hingga 3 jam untuk menerima atau menjawab panggilan telepon.

Sementara untuk case AirPods 2, bisa bertahan selama 24 jam ketika mendengarkan musik. Ketika menerima atau menjawab panggilan telepon, case AirPods 2 bisa bertahan hingga lebih dari 18 jam.

Dengan case wireless charging baru, pengisian daya dapat dilakukan dengan mudah. Cukup meletakkan AirPods 2 di dalam casing dan meletakkannya di atas alas pengisi daya yang kompatibel dengan Apple Wireless Charging Pad (Qi). Saat proses charging, indikator LED di casing depan memberi tahu kamu hingga baterai terisi penuh.

Soal daya tahan, AirPods 2 memang lebih irit daripada realme Buds Air. Namun, untuk proses charging, realme Buds Air jauh lebih cepat ketimbang AirPods 2.

Kesimpulan

Dari segi desain, realme Buds Air dan AirPods 2 terlihat sangat mirip baik buds maupun case nya. Case realme Buds Air lebih ringan dan ringkas ketika digenggam. Ketika digunakan, realme Buds Air lebih nyaman dipasang di telinga berkat desain earbudsnya yang ramah di telinga, dibandingkan dengan AirPods 2.

Terpaut harga yang cukup jauh, dengan harga hanya Rp 599.000. realme Buds Air memiliki kualitas suara setara AirPods 2. Dengan harga yang cukup tinggi, mencapai Rp 2,5 jutaan, kualitas suara AirPods 2 pastinya tidak perlu diragukan lagi.

Dengan harga sangat terjangkau, realme Buds juga mengusung sejumlah fitur canggih yang tak kalah dengan AirPods 2. Misalnya sensor tap, sensor telinga dan asisten virtual.

realme Buds Air sudah mendukung kemampuan Google Assistant yang dapat mengatur musik dan panggilan telepon. Sama halnya dengan AirPods 2 yang juga didukung asisten virtual SIRI untuk mengatur musik dan panggilan telepon.

Urusan daya tahan, AirPods 2 lebih irit daripada realme Buds Air. Meski begitu, proses charging realme Buds Air lebih cepat dibandingkan AirPods 2.

Dari segi desain, fitur, performa dan daya tahan, realme Buds Air tidak jauh berbeda dengan AirPods 2. Dengan harga yang lebih terjangkau yakni Rp. 599.000, realme Buds Air cocok buat kamu yang memiliki budget terbatas, namun menginginkan produk TWS berkualitas setara AirPods 2.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi