Thursday, April 25, 2024
BerandaEnterpriseNews EnterpriseLebaran Tahun 2021 : Jaringan XL Siap Layani Pelanggan!

Lebaran Tahun 2021 : Jaringan XL Siap Layani Pelanggan!

Techdaily.id – Salah satu operator seluler terbesar di Indonesia yakni XL Axiata memproyeksikan pertumbuhan pelanggan mereka akan meningkat pada momen lebaran tahun 2021. Peningkatan ini diperkirakan akan menyentuh angka 20% dari jumlah subscriber mereka sebelumnya. Selain itu, mereka juga mengklaim telah menyiapkan strategi untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan.

BACA JUGA
Jajal Update ColorOS7 di OPPO Reno2, Gimana Rasanya?

Seperti diketahui, Pemerintah menerapkan larangan mudik ke kampung halaman kepada masyarakat di lebaran tahun 2021 ini. Hal tersebut bertujuan untuk mengendalikan penyebaran virus Covid-19 yang masih melanda Indonesia. Hal ini tentu akan membuat titik-titik peak jaringan akan berada di kawasan residensial area.

Dalam masa liburan sekira satu pekan tersebut, XL Axiata telah melakukan persiapan jaringan meliputi antara lain meningkatkan kapasitas hingga 2x dari kondisi hari normal, optimisasi di area pemukiman serta lokasi tujuan wisata. Peningkatan kualitas jaringan juga dilakukan di sepanjang jalur transprortasi darat di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi. Selain itu, skenario rekayasa jaringan juga telah disiapkan jika terjadi kepadatan trafik di suatu lokasi. Termasuk dalam persiapan ini adalah pengerahan sekitar 40 unit Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik,

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, pihaknya telah menyiapkan jaringan telekomunikas mereka untuk kebutuhan lebaran tahun 2021 ini dan memperkirakan bakal terjadi kenaikan layanan data sebesar 20%.

“Jauh-jauh hari kami sudah menyiapkan secara cermat jaringan telekomunikasi dan data untuk kebutuhan Lebaran ini. Meskipun ada larangan mudik, namun trafik kemungkinan tetap akan naik secara signifikan seperti Lebaran tahun lalu. Kami memperkirakan trafik akan meningkat sekitar 20% di layanan data. Layanan streaming video/musik, instant messenger, gim, dan media sosial akan mendominasi. Selain itu, layanan video conference dan video call akan naik sebagai saranan bersilaturahmi karena banyak pelanggan yang tidak bisa mudik dan berkunjung ke sanak famili,” ujarnya pada keterangan pers yang diterima tim Techdaily (6/10).

Gede menambahkan, persiapan jaringan lainnya adalah berupa pengaturan trafik internet ke arah upstream arah Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia. Selanjutnya, tim XL Axiata juga telah mengidentifikasi sekitar 800 titik lokasi yang menjadi pusat mobilitas masyarakat antara lain pusat perbelanjaan dan lokasi wisata serta tempat ibadah. Meski ada larangan mudik, optimisasi jaringan juga tetap dilakukan di sepanjang jalur tol Jawa dan Sumatera, bandar udara, terminal bus antarkota, pelabuhan penyeberangan, stasiun kereta.

BACA JUGA
Cara Membuat Google Form Di PC dan HP

Selain itu, XL Axiata tetap memastikan kualitas jaringan di semua wilayah layanan, termasuk di berbagai kota dan area yang selama ini dikenal sebagai tujuan utama mudik. Meskipun kemungkinan tidak akan seramai saat lebaran sebelum pandemi, namun XL Axiata tetap melakukan antisipasi agar setiap kebutuhan pelanggan atas layanan telekomunikasi dan data tetap terpenuhi secara maksimal. Bahkan rekayasa pengalihan atau pemecahan trafik tetap disiapkan manakala terjadi kepadatan di suatu area. Dengan demikian, lonjakan trafik di suatu lokasi tidak akan menyebabkan congestion yang bisa menurunkan kualitas layanan kepada pelanggan.

“Kami juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi accident yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, dan sebagainya yang sifatnya bencana alam atau juga karena factor teknis, yang berpotensi menyebabkan terputusnya jaringan. Untuk itu, tim kami di lapangan akan stanby 24 jam selama masa libur ini, selain juga ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata – Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat di Jakarta,” tambah Gede.

Arie
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi