RekomendasiTelco

Manfaat 5G Untuk End User, Bukan Cuma Untuk Robot!

Techdaily.idSetidaknya sejak akhir tahun 2020 lalu negara kita sudah ramai memperbincangkan tentang jaringan internet 5G. Akan tetapi, mungkin tidak banyak dari kita yang mengetahui manfaat 5G untuk end user atau konsumen akhir. 

BACA JUGA
Smartphone 3 Jutaan Terbaik 2019

Hal tersebut cukup wajar, mengingat ketika jaringan internet mobile generasi kelima ini diperkenalkan banyak pihak yang menganggap kalau layanan ini diperuntukan bagi keperluan industri maupun Machine to Machine (M2M). Bahkan, banyak pengamat yang mengatakan bahwa pengimplementasian jaringan ini akan sangat membantu proses kerja industri dengan menganut sistem otomatisasi. 

Akan tetapi, bukan layanan internet mobile namanya jika tidak diperuntukkan bagi konsumen. Sama halnya dengan 4G, jaringan 5G juga punya banyak manfaat untuk end user. Nah jika kamu penasaran apa saja manfaat 5G untuk end user, maka artikel ini sangat cocok untuk kamu.

Tujuan Hadirnya Jaringan 5G

Manfaat 5G untuk End User

Sebelum kita membahas mengenai manfaat jaringan ini untuk pengguna akhir, ada baiknya kita mengetahui tujuan dari penerapan layanan internet mobile generasi kelima ini. Layanan 5G sendiri merupakan sebuah lompatan besar dalam kemajuan teknologi. Jaringan ini menjanjikan kecepatan internet yang tinggi dan dibarengi dengan tingkat latency yang juga rendah. 

Dengan tingkat latency yang rendah serta kecepatan downlink dan uplink yang tingi, maka bisa dipastikan pengalaman pelanggan dalam menggunakan internet pun menjadi lebih baik. 5G sendiri memberikan kecepatan data sebesar 10 hingga 100 kali lebih cepat dari jaringan 4G yang ada saat ini.

Menurut Harish Krishnaswamy, seorang profesor teknik elektro di Universitas Columbia di New York seperti dilansir dari live science mengungkapkan, kecepatan internet 5G sendiri dapat menciptakan sebuah inovasi baru di masyarakat.”Sebagai contoh, dengan kecepatan data gigabit per detik, pengguna berpotensi mengunduh film ke ponsel atau tablet dalam hitungan detik. Jenis kecepatan data itu dapat memungkinkan aplikasi virtual reality atau mobil mengemudi otonom,” ujarnya.

Jadi sangat wajar apabila banyak orang yang sangat mengidam-idamkan layanan internet generasi kelima ini. 

Manfaat 5G untuk End User

Manfaat 5G untuk End User

Setelah mengetahui sedikit informasi tentang tujuan diimplementasikannya layanan ini, sekarang saatnya untuk membahas mengenai manfaat jaringan 5G untuk konsumen akhir. Manfaat yang paling terasa tentu saja adalah kecepatan internet yang jauh lebih tinggi ketimbang layanan 4G. Dengan internet yang cepat tadi, maka konsumsi konten pun akan mengalami peningkatan dan perkembangan pula. Seperti saat ini, di mana banyak konten video yang dilihat, maka bukan tidak mungkin kalau konten tersebut akan lebih banyak lagi diproduksi dan dikonsumsi. 

Selain dari kuantitas konten, hadirnya layanan ini juga mendorong para kreator untuk menciptakan jenis konten baru berbasis virtual reality maupun augmented reality. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pengalaman berbelanja yang lebih mengagumkan.Sebagai contoh adalah Walmart dan Verizon tengah berupaya untuk mengubah toko Walmart menjadi pusat perawatan kesehatan, menggunakan jaringan mobile ini tentunya. Dengan latency yang rendah dari Jaringan 5G ini akan mempermudah dokter dan petugas kesehatan untuk berinteraksi dengan pembeli, lebih tepatnya pasien, melalui obrolan video.

Manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan adalah pengalaman bermain game yang lebih baik.. Dengan tingkat latency yang rendah, kamu dipastikan tidak akan mengalami lag sedikitpun, meski server dari game tersebut berada di belahan bumi yang lain. 

BACA JUGA
Serba-Serbi Always-On Display di ColorOS 11, Cara Mengaktifkan Hingga Ubah Tampilan!

Nah, itu dia sedikit dari manfaat jaringan 5G untuk para konsumen akhir. Akan tetapi, untuk dapat menikmati layanan ini setidaknya kamu memerlukan perangkat yang mendukung jaringan 5G. Sebagai contoh, OPPO Reno5 5G yang belum lama ini diluncurkan oleh OPPO di Indonesia. 

Smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 765 yang sudah terpasang modem 5G. Hal tersebut tentu membuat smartphone ini cocok sekali digunakan untuk menyambut layanan 5G di Indonesia. Apalagi, smartphone ini memiliki banyak fitur video unggulan yang mampu menghasilkan banyak konten video berkualitas. 

Jika kamu tertarik, OPPO Reno5 5G sendiri bisa kamu miliki secara preorder hingga 4 Februari 2021.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close