Rekomendasi

Mengenal Android Go, Bikin Kerja Smartphone Jadi Efisien

Techdaily.id – Beberapa tahun kebelakang, nama Android Go memang cukup populer, apalagi buat para pengguna smartphone yang memiliki spesifikasi pas-pasan. Sangat wajar memang, pasalnya edisi stock Android yang satu ini memang ditujukan untuk smartphone entry level yang punya spesifikasi yang tidak tergolong wah.

Akan tetapi, tidak semua pengguna mengetahui tentang program Google yang satu ini loh. Berkaca dari hal tersebut, pada artikel kali ini tim Redaksi Techdaily mau mengajak kamu untuk mengenal lebih dalam tentang program Google yang satu ini.

Sebelum menghadirkan program ini, Google sendiri telah lebih dulu menghadirkan sebuah program lain yang memiliki tujuan dan segmentasi yang sama yakni Android One. Awalnya Google sendiri berusaha menyediakan smartphone dengan spesifikasi hardware menarik, namun memiliki harga yang relatif terjangkau di berbagai negara berkembang dengan program Android One. 

BACA JUGA
Review Acer Nitro 5 (AN515-43) AMD Ryzen 5 3350H, Performa Hebat, Harga Bersahabat

Hal tersebut kemudian menjadikan banyak vendor-vendor smartphone lokal berebut untuk diajak bekerja sama dalam menyukseskan program mulia Google ini. Namun seiring berjalannya waktu, Android One pun ternyata berubah tingkat ke kelas menengah dengan harga yang bisa dibilang sedikit lebih mahal dibandingkan program Android One terdahulu. 

Berkaca dari hal tersebutlah, program Android Go hadir dan memungkinkan Google untuk menyediakan sistem operasi update pada smartphone atau perangkat mobile dengan spesifikasi hardware rendah mulai dari ukuran RAM sebesar 512 MB atau 1 GB.

Berbeda dengan program Android One yang menggunakan sistem operasi Android standar dan murni, Android Go sendiri merupakan sistem operasi Android yang telah dimodifikasi oleh Google sedemikian rupa agar mampu berjalan optimal pada smartphone dengan spesifikasi hardware rendah.

mengenal Android Go

Kelebihan Android Go

Dari penjelasan diatas, tentu saja kamu sudah bisa menerka-nerka tentang kelebihan dari program ini kan. Yap, sistem operasi ini memang sangat menekan konsumsi kapasitas penyimpanan internal serta meminimalisir penggunaan RAM pada smartphone. Hal tersebut tentu saja akan meningkatkan pengalaman para pemilik smartphone yang memiliki dukungan RAM hanya 1GB dan penyimpanan internal yang kurang dari 16GB. 

BACA JUGA
Deretan Smartphone OPPO yang Kebagian Update ColorOS 7

Program Android Go sendiri dimulai dari Android Oreo (Go Edition) yang sudah hadir pada smartphone dengan spesifikasi hardware entry-level yang bisa menjadi pilihan banyak orang karena harganya pun akan menjadi sangat murah dengan kisaran mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1,5 juta. Bisa dibilang smartphone dengan Android Go ini cocok bagi penggunanya yang baru beralih dari feature phone, namun menginginkan berbagai fitur menarik hadir di dalam smartphone yang dibeli.

Untuk lebih meningkatkan efisiensi ketika sistem ini berjalan, Google juga telah menciptakan ekosistem melalui hadirnya berbagai aplikasi dengan label “GO” di belakangnya. Aplikasi-aplikasi ini sendiri seperti Files Go, Maps Go, YouTube Go, dan masih banyak lagi yang tentunya sangat hemat dalam mengkonsumsi kapasitas penyimpanan internal maupun RAM dan bisa kamu unduh secara gratis di Play Store.

Android Go

Dengan adanya sederet aplikasi ini, kamu seharusnya tidak perlu khawatir ketika membeli smartphone entry level yang punya harga sekitar 1 jutaan. Terdapat beberapa smartphone di kelas ini yang bisa diandalkan untuk menemani aktivitas harian kamu. Tidak sampai disitu, buat kamu pecinta Samsung kamu bisa memiliki smartphone dari produsen asal Korea Selatan ini dengan beberapa pilihan seperti Samsung Galaxy A11 yang punya spesifikasi seperti Chipset Snapdragon 450, RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB. 

Ada pula Samsung Galaxy A01 dengan chipset Snapdragon 439, RAM 2GB dan penyimpanan internal sebesar 32GB, serta ponsel Samsung Galaxy A01 Core yang didukung oleh chipset Mediatek MT6739, RAM 2GB dan penyimpanan internal sebesar 32GB. Ketiga smartphone ini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp. 1 juta.  

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close