RekomendasiTips

Mengenal Fitur NFC, Buat Apa Aja?

Techdaily.id – OPPO Reno5 merupakan smartphone terbaru dari OPPO yang hadir dengan fitur NFC atau Near Field Communication. Namun, tidak semua pengguna smartphone mengetahui fungsi dari fitur komunikasi yang satu ini. 

BACA JUGA
7 HP Flagship Samsung Termurah, Masih Bagus kok !

Padahal, fitur ini cukup bermanfaat dan sangat dibutuhkan di era cashless seperti saat ini. Sejatinya, fungsi NFC sendiri memungkinkan smartphone dapat terkoneksi dengan mudah dengan perangkat lain yang kompatibel dengan NFC atau dapat melakukan pekerjaan dengan NFC tag.

Sementara itu, NFC tag sendiri merupakan penghubung untuk memulai fitur dengan menggunakan NFC. NFC tag yang telah diprogram memungkinkan pengguna untuk mengendalikan berbagai fungsi pada ponsel mereka secara otomatis, hanya dengan satu kali tap.

Dengan menggunakan NFC tag, pengguna dapat melakukan beberapa kegiatan, seperti menyesuaikan alarm pada smartphone, masuk ke dalam model aplikasi tertentu, mengaktifkan bluetooth atau WiFi, menyesuaikan volume ringtone, serta pengaturan kecerahan layar, tanpa perlu menyalakan ponsel atau menyentuh tampilan menu.

Nah, di era cashless seperti saat ini NFC juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran secara non tunai langsung dari smartphone kamu. Hal ini tentu saja sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu di berbagai merchant pada pusat perbelanjaan besar. Namun, kebiasaan ini sekarang sudah meluas hingga ke toko-toko tradisional di kawasan pemukiman.

Bahkan, dengan masuknya era 5G dan semakin maraknya tren Internet Of Things, menjadikan penggunaan fitur NFC semakin menjamur saja. Bahkan, kini membuka pintu sudah biasa dilakukan menggunakan NFC Card.

Sadar akan tren ini, OPPO Reno5 kini dipersenjatai dengan teknologi NFC yang tentu saja akan menunjang aktivitas pengguna smartphone ini. Dengan hadirnya fitur ini, kamu bisa dengan mudah mentransfer file hanya dengan sekali sentuhan dengan memanfaatkan aplikasi Android Beam.

Kamu hanya tinggal mengaktifkan NFC di smartphone ini, kemudian masuk ke galeri foto yang akan ditransfer. Setelah itu, kamu hanya tinggal menempelkan smartphone OPPO Reno5 dengan smartphone lainnya yang tentu saja memiliki fitur NFC juga. Setelah itu, Android Beam langsung bekerja dan dengan singkat foto yang dipilih akan langsung ditransfer ke smartphone lainnya. 

Fitur NFC OPPO Reno5

Selain itu, fitur NFC juga akan mempermudah proses pembayaran kamu serta tak perlu lagi ke minimarket untuk mengisi ulang uang saldo uang elektronik. Kamu hanya tinggal membuka aplikasi e-commerce untuk mengisi ulang uang elektronik dan kemudian menempelkan kartu e-money tadi di bagian belakang OPPO Reno5 dan kemudian saldo uang elektronikmu otomatis terisi.

Cara Mengaktifkan NFC OPPO Reno5

Mengaktifkan fitur ini sejatinya cukup mudah. Pada OPPO Reno5 misalnya, fitur NFC bisa kamu temukan pada menu setting. Untuk mengaktifkannya di smartphone ini, kamu hanya memerlukan beberapa langkah sederhana, berikut tim Techdaily hadirkan beberapa caranya.

Fitur NFC

Melalui Menu Setting

Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan masuk ke menu setting kemudian masuk ke Connection & sharing setelah itu tinggal menekan toggle on pada bagian NFC. 

BACA JUGA
Redmi Note 7 Pro Bawa Sejumlah Keunggulan, Apa Saja?

Pada bagian Connection & sharing kamu juga akan menemukan beberapa pilihan lainnya seperti aplikasi pembayaran yang bisa langsung terkoneksi dengan smartphone OPPO Reno5. 

Melalui Quick Menu

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menarik Quick menu yang tersembunyi di layar bagian atas. Kemudian kamu hanya tinggal melakukan swipe kiri untuk menemukan logo NFC. Setelah itu, kamu hanya tinggal mengetuk logo tersebut untuk kemudian mengaktifkannya. 

OPPO Reno5 sendiri merupakan smartphone Reno Series terbaru yang diluncurkan OPPO pada 12 Januari lalu. Smartphone ini mengandalkan kemampuan video sebagai ‘senjata utama’ mereka. Akan tetapi, terdapat segudang fitur lain yang salah satunya adalah NFC. Jika kamu berminat, smartphone yang dibanderol dengan harga Rp. 4.999.000,- ini bisa kamu dapatkan secara preorder sejak tanggal 12 Januari lalu di situs resmi OPPO Indonesia. Sementara penjualan perdananya akan digelar pada tanggal 22 Januari mendatang. 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close