BerandaEnterpriseNASA dan Hewlett Packard Enterprise (HPE) Siap Bangun Superkomputer Masa Depan

NASA dan Hewlett Packard Enterprise (HPE) Siap Bangun Superkomputer Masa Depan

NASA dan Hewlett Packard Enterprise (HPE) Siap Bangun Superkomputer Masa Depan untuk Misi Pendaratan di Bulan dan Mars

NASA dan Hewlett Packard Enterprise (HPE) telah bekerja sama untuk membangun superkomputer baru, yang akan melayani Pusat Penelitian Ames NASA di California dan mengembangkan model dan simulasi proses pendaratan untuk misi Artemis Moon.

Superkomputer baru ini disebut “Aitken,” dinamai setelah astronom Amerika Robert Grant Aitken, menjalankan simulasi hingga 3,69 petaFLOP daya kinerja teoretis. Aitken dirancang khusus oleh HPE dan NASA untuk bekerja dengan pusat data modular Ames, yang merupakan proyek yang dijalankannya mulai tahun 2017 untuk secara masif mengurangi jumlah air dan energi yang digunakan untuk mendinginkan perangkat keras superkomputernya.

Aitken menggunakan prosesor Intel Xeon generasi kedua, Mellanox InfiniBand jaringan berkecepatan tinggi, dan memiliki memori 221 TB untuk penyimpanan. Ini adalah hasil kolaborasi empat tahun antara NASA dan HPE, dan akan memodelkan berbagai metode masuk, turun, dan mendarat untuk wahana antariksa Artemis yang ditakdirkan ke Bulan, menjalankan simulasi untuk menentukan hasil yang mungkin dan membantu menentukan pendekatan terbaik, teraman.

Ini bukan satu-satunya kolaborasi antara HPE dan NASA: Perusahaan pembuat komputer yang dibuat untuk sebuah superkomputer jenis baru yang mampu menahan tekanan tinggi di ruang, dan mengirimkannya ke ISS pada tahun 2017 untuk pengujian persiapan sebelum potensi penggunaan pada misi yang lebih panjang, termasuk Mars. Kedua mitra kemudian membuka superkomputer itu untuk digunakan dalam percobaan pihak ketiga tahun lalu.

HPE juga mengumumkan awal tahun ini bahwa mereka membeli perusahaan superkomputer Cray senilai $ 1,3 miliar. Cray adalah mitra lama lain dari upaya superkomputasi NASA, yang berasal dari pembentukan badan pemodelan komputasi khusus oleh lembaga antariksa dan pendirian Pusat Komputasi Pusat di Ames Research Center.

Dell EMC sendiri kebagian kerjasama dengan NASA untuk mendukung sistem storage mereka. NASA sendiri memberikan dukungan untuk pengatur suhu pada laptop Dell seri XPS 13 dengan menggunakan material silicon aerogel yang biasanya digunakan di wahana antariksa milik NASA seperti Mars Rover dan Stardust Probe. Dengan Silicon aerogel, panas akan didorong keluar dari laptop.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi