News Enterprise

RaihIkhlas dan Bijak Mengelola Keuangan Saat Ramadhan

Techdaily.id – Tanggal 13 April 2021 OVO menggaungkan kampanye dan inspirasi “RaihIkhlas”  untuk membantu para penggunanya menjadi lebih bijak mengelola keuangan di bulan Ramadhan melalui fitur-fitur layanannya seperti pembayaran digital termasuk di dalamnya terdapat fitur investasi, donasi,OVO proteksi dan OVO invest.

Momen Ramadhan kali ini sama dengan tahun lalu yaitu dijalankan di rumah saja lantaran kondisi pandemi dimana kesabaran dan keikhlasan menjadi kata kunci dalam menghadapi tantangan ini. Karena itu OVO menggaungkan kampanye “RaihIklhas” yang menghadirkan 3 narasumber yakni Harumi Supit selaku Head of Corporate Communication OVO,Irma Gustiana seorang Physcholog dan Lolita Setyawati seorang Financial Planner.

“Bulan Ramadhan bulan penuh kebaikan dan keberkahan adalah bulan yang selalu ditunggu umat Muslim. Ramadhan bisa menjadi momen introspeksi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik, salah satunya menjadi pribadi ikhlas, terlebih lagi dalam kaitannya kita harus kembali menjalani Ramadhan di masa pandemi dimana banyak sekali tantangan dan cobaan yang harus kita hadapi dengan hati yang ikhlas. Salah satu tantangan itu adalah mengenai mengatur keuangan di masa Ramadhan. OVO melalui semangat keikhlasan menggaungkan kampanye #RaihIkhlas dalam menerima dan melepaskan kekhawatiran untuk mencapai Hari Kemenangan. Untuk itu OVO berupaya untuk mendukung masyarakat pada saat ini melalui kemudahan solusi pembayaran, investasi dan asuransi digital termasuk juga kemampuan untuk menyalurkan sedekah secara online”, papar Harumi Supit, Head of Corporate Communication OVO.

BACA JUGA
OVO Galang Dana untuk Bantu Korban Banjir Jabodetabek

Narasumber kedua yaitu Irma Gustiana menyampaikan pandangan psikologi dalam menghadapi masa pandemi dan Ramadhan kali ini. Ia menjelaskan banyak persoalan muncul selama pandemi ini. Bukan hanya masalah kesehatan, bahkan psikologis seseorang. Berdasarkan data Lembaga Penelitian SurveyMeter, pada akhir Mei 2020 tingkat kecemasan dan depresi penduduk Indonesia pada masa pandemi meningkat 55%, mengalami gangguan kecemasan dan depresi sebesar 58%. “Oleh karena itu berupayalah untuk ikhlas, sabar dan senantiasa bersyukur”, ujarnya.

Irma juga memberikan beberapa tips beribadah maksimal dengan fisik dan mental yang sehat sebagi berikut:

  • I= isi waktu dengan mencari kesibukan atau kegemaran baru
  • K= kajian, tadarus, buka puasa, sahur online bersama keluarga dan teman-tema
  • H= hayati dan menerima segala bentuk cobaan yang diberikan Tuhan adalah bagian dari proses petumbuhan dan perkembangan sebagai individu
  • L= luangkan waktu untuk menjaga kebugaran dan merawat diri
  • A= abaikan informasi atau berita yang memberikan dampak negatif pada kesehatan mental
  • S= saling mendukung, saling mengingatkan dan memberdayakan sehingga  daya tahan keluarga meningkat dan lebih bahagia
BACA JUGA
OVO Hadirkan Fitur Layanan Pinjaman OVO PayLater

Dalam kesempatan yang sama OVO melakukan survey terhadap perilaku masyarakat Indonesia terkait dengan pengelolaan keuangan di Bulan Ramadhan dan masa pandemi dengan tujuan untuk mengetahui perilaku masyarakat Indonesia dalam mengelola keuangan khususnya di bulan Ramadhan sehingga OVO sebagai layanan keuangan dapat membantu masyarakat memberikan solusi dan inspirasi mengatur keuangan yang lebih baik.

Dari hasil survey tersebut diperoleh sebanyak 10 orang mengaku sulit mengatur keuangan di bulan Ramadhan, 52% menggunakan dana darurat guna memenugi kebutuhan Ramadhan, 4 dari 10 orang melenceng jauh dari rencana awal terkait perencanaan keuangan saat Ramadhan, 43% menggunakan seluruh THR nya untuk kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri dan hanya 4 dari 10 orang yang menyimpan THR nya untuk tabungan jangka panjang.

Maka OVO menghadirkan Lolita Setyawati seorang Financial Planner dalam kampanye kali ini untuk memberikan tips mengatur keuangan. Lolita menyebutkan survei menunjukkan mayoritas masyarakat kesulitan dengan mengatur pengelolaan keuangan. Kesalahan yang sering kali dilakukan saat Ramadhan antara lain tidak membuat perencanaan/anggaran dan tidak mencatat pengeluaran, mudah tergoda “keinginan” menggunakan sumber dana yang tidak sesuai kebutuhan, berhutang demi gaya hidup Ramadhan dan tidak membuat skala prioritas”, ujarnya.

BACA JUGA
Apa yang dilakukan Amazon Web Services (AWS) dengan Adanya Sertifikasi Keamanan untuk Sektor Pemerintahan

Lolita memberikan tips untuk mengatur keuangan saat Ramadhan yaitu :

  • Buatlah daftar prioritas sesuai kebutuhan
  • Siapkan dana ekstra untuk kebutuhan tambahan
  • Belanja di awal atau dicicil sebelum bulan Ramadhan
  • Buatlah menu sahur dan buka puasa untuk menghindari pembelanjaan makanan yang impulsif

“Kami memahami tantangan yang begitu besar di bulan Ramadhan dan masa pandemi. OVO berharap dengan adanya kampanye RaihIkhlas dan hasil survei pengelolaan keuangan ini dapat membantu masyarakat Indonesia untuk lebih bijak mengelola keuangan  dan kita bersama dapat meraih ikhlas menerima kondisi ini dan terus bersemangat menjalani Ramadhan yang khidmat”,tutup Harumi.

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close