Wednesday, September 22, 2021
BerandaEnterprisePalapa Ring, Infrastruktur Langit Versi Ma'ruf Amin

Palapa Ring, Infrastruktur Langit Versi Ma’ruf Amin

TechDaily.id – Palapa Ring atau Infrastruktur langit versinya Ma’ruf Amin saat ini tengah menjadi ropik pembicaraan yang hangat. Apalagi setelah nama tersebut beberapa kali diucapkan pada debat capres-cawapres 2019.

Sejatinya, proyek Palapa Ring merupakan sebuah proyek pembangunan infrastruktur serat optik yang awal mulanya digelar beberapa tahun lalu. Proyek ini sendiri bertujuan untuk membangun jaringan serat optik yang mengitari tujuh pulau di Indonesia yakni Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa tenggara, Sulawei, Maluku, dan Papua. Cikal bakalnya adalah Nusantara 21, yang merupakan proyek awal pemerintah pada 1998, yang kemudian mandek karena krisis ekonomi.

Pada tahun 2015 silam, barulah proyek ini benar-benar terealisasi melalui tiga paket pembangunan yakni paket Barat, Tengah dan Timur.

Paket barat mencakup Riau dan Kepulauan Riau dengan panjang kabel sekitar 2.000 km. Sementara paket tengah menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawei, dan Maluku utara dengan panjang kabel sekitar 2.700 km.

Sedangkan paket timur merupakan yang terberat dari ketiganya lantaran panjang kabel serat optik yang mencapai 8.500 km serta medan yang harus dilalui terbilang sulit. Paket timur sendiri akan mencakup wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, Papua.

Paket barat dan tengah saat ini sudah rampung digarap. Sementara paket timur dijadwalkan akan selesai pada pertengahan 2019. Jika semua telah rampung, diharapkan seluruh wilayah di Indonesia tak terkecuali akan mendapatkan akses internet agar seluruh masyarakat dapat bersaing di era digital.

Proyek Palapa Ring sendiri dilaksanakan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) yang memanfaatkan dana dari Universal Service Obligation (USO), yakni 1,25% dari pendapatan kotor operator telekomunikasi di Indonesia.

BACA JUGA
Teknologi Kembali Berkumandang di Debat Pilpres 2019
BACA JUGA
Federal Cabut Subsidi Operator yang Membeli Peralatan Huawei dan ZTE

 

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi