Wednesday, September 22, 2021
BerandaGadgetTipsPanduan Membeli Monitor PC Terbaik Sesuai Kebutuhan

Panduan Membeli Monitor PC Terbaik Sesuai Kebutuhan

Techdaily.id – Monitor merupakan komponen penting bagi pemain game atau seorang desain grafis. Monitor ini memiliki spesifikasi khusus hingga bisa mendukung tampilan grafis yang sempurna. Visual yang disuguhkan dari monitor PC akan memberikan kenyamanan saat bermain dan tidak mengganggu aktivitasmu. Sebelum kamu membelinya, simak panduan membeli monitor PC terbaik berikut ini:

BACA JUGA
Cara Mengirim Whatsapp Tanpa Mengetik. Penasaran?

  1. Teknologi Panel

Di pasaran, monitor Pc yang ditawarkan biasanya terdiri In-Plane Switching (IPS) dan Twisted Nematic (TN). Untuk keperluan gaming, kamu bisa memilih teknologi Twisted Nematic (TN). Meskipun panel tersebut memiliki viewing angle yang relatif rendah, namun ia memiliki keunggulan pada response time tinggi, serta harga terjangkau.

  1. Ukuran Layar

Ukuran layar yang ideal untuk gaming dan grafis yaitu berukuran 17 inci hingga 30 inci. Dan untuk resolusi suatu monitor PC, semakin tinggi semaikin bagus juga tampilan yang disuguhkan.

  1. Aspect Ratio

Rasio yang dipasarkan umumnya berukuran 16:10 dan 16:9. Tenang saja, kamu tidak perlu bingung, karena kedua rasio tersebut tidak memiliki perbedaan yang menonjol disegi tampilan.

  1. Kualitas Tampilan

Kamu harus memperhatikan fitur contrast dan brightness yang ada di pengaturan monitor. Khususnya untuk fitur brightness, jika monitor PC untuk kegiatan sehari-hari cukup dengan tingkat 300cd/m2, dan untuk bermain game usahakan ditingkat 400 cd/m2.

  1. Refresh Rate

Kamu harus memperhatikan refresh rate pada monitor, karena kemampuan refresh rate yang tinggi akan mendukung performa monitor PC. Jika, kamu terpaksa menggunakan monitor PC dengan refresh rate yang rendah, kamu harus mengaktifkan V-sync.

BACA JUGA
3 Pilihan HP OPPO Sejutaan Terbaik 2020

  1. LCD atau LED ?

Monitor PC memiliki 2 jenis, yaitu LCD dan LED. Kedua jenis tersebut memberikan gambar yang sama, perbedaannya terletak di metode penerangan panel. LCD menggunakan Cold Cathode Fluorescent Lamps (CCFLs) memiliki cara kerja yang hampir sama dengan lampu neon. LED menggunakan Light Emitting DiodeĀ  dalam jumlah banyak sebagai sumber peneragan. LED juga mempunyai response time yang tinggi yang bisa memproduksi warna lebih baik, sayangnya LED dijual dengan harga yang lebih mahal.

  1. Konektivitas

Sebelum membeli, kamu harus memeriksa fitur konektivitasnya. Lalu pilihlah monitor PC yang dilengkapi dengan HDMI agar bisa digunakan untuk bermain game definisi tinggi.

  1. Dead Pixel

Pilihlah monitor PC yang tidak ada dead pixelnya dan juga toko yang memberikan garanis pengembalian. Kamu bisa memeriksanya dengan menampilkan gamabr putih polos, dan jika terlihat titik hitam di layar maka monitor memiliki dead pixel.

  1. Harga

Membandingkan harga monitor PC saat membeli memrupakan langkah yang harus kamu lakukan. Dengan membandingkan, kamu bisa menyesuaikan PC sesuai dengan kebutuhanmu, dan juga bisa mendapat penawaran harga terbaik.

Nah, itu merupakan panduan membeli monitor PC terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu. Semoga informasi pada artikel ini bisa membantu kamu mencari monitor PC terbaik ya. (ran)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi