Sunday, August 14, 2022
BerandaGadgetTipsPertolongan Pertama saat HP Tercebur ke Air

Pertolongan Pertama saat HP Tercebur ke Air

Techdaily.id – Pertolongan pertama saat HP tercebur ke Air perlu diketahui. Karena, dalam kondisi tersebut, tips berikut ini bisa berguna supaya ponsel pintar kamu bisa kembali berfungsi dengan baik lagi. 

BACA JUGA
Cara Scan Kode QR di HP Samsung

Apalagi, saat ini beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta kerap mengalami cuaca ekstrem dan tidak bisa diprediksi. Belum lagi, ancaman dari banjir tahunan yang juga sering melanda beberapa titik di kota-kota besar dan tentunya meningkatkan potensi kerusakan perangkat elektronik khususnya smartphone.

Selain itu, terdapat banyak kasus yang bisa membuat HP tercebur ke Air. Misalnya, tidak sengaja saat bermain smartphone dekat kolam renang. Atau jatuh ke kubangan saat memainkan smartphone di hari yang sedang hujan. 

Pertolongan Pertama saat HP Tercebur ke Air

Jika mengalami hal itu, sebagian pengguna smartphone biasanya memilih untuk mematikan smartphone mereka. Kemudian, memasukkan smartphone yang tercebur ke air dalam beras hingga semua air terserap. 

Cara memasukkan smartphone di dalam beras memang berhasil bagi sebagian orang. Namun, metode tersebut bukan yang terbaik untuk mengatasi smartphone saat tercebur ke dalam air. 

Menurut OPPO Service Center, ada beberapa langkah untuk mengatasi HP kemasukan air. Penasaran seperti apa cara terbaik yang bisa kamu lakukan saat smartphone tercebur ke dalam air?

Pertolongan Pertama saat HP Kemasukan Air Versi OPPO Service Center

BACA JUGA
Pertama di Indonesia, OPPO Reno7 5G Usung Teknologi Laser Direct Imaging (LDI)
  1. Matikan Smartphone

Seperti diketahui, untuk menyelamatkan smartphone saat tercebur ke dalam air, kamu harus mematikannya. Hal ini untuk meminimalisir kerusakan komponen di dalamnya akibat terkena air. 

  1. Cabut Slot SIM Card

Langkah kedua, kamu perlu mencabut slot SIM Card. Hal ini untuk bener-benar membuat bagian smartphone kering. 

  1. Keringkan dan Bersihkan Menggunakan Alkohol

Kamu juga bisa membantu untuk mengeringkan smartphone yang tercebur ke dalam air dengan bantuan hair dryer. Bersihkan juga menggunakan alkohol.

  1. Bawa ke Service Center Terdekat

Untuk langkah lebih aman, kamu bisa membawa HP ke service center terdekat untuk memastikan semuanya baik. Jika smartphone tidak bisa menyala, langkah ini juga bisa kamu ambil. 

Sertifikasi Teknisi

Bagi pengguna smartphone OPPO, tidak usah khawatir. Service Center OPPO sudah tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi untuk menemukan service center di kota kamu. 

Selain itu, biaya untuk bongkar HP di Service Center OPPO juga gratis. Kamu akan dikenakan biaya penggantian jika ada sparepart yang rusak. Konsumen tidak perlu takut dengan biaya yang akan dibayar pada saat service center selesai. 

Karena, OPPO Service Center akan menginformasikan terlebih dulu kepada konsumen jika ada biaya-biaya yang harus dibayar. Sehingga konsumen tidak akan ‘ditembak’ harga di akhir pelayanan.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi