Tips

Private System di ColorOS 11, Bikin HP Kamu Makin Aman!

Techdaily.id – Pernahkah kamu mengalami situasi di mana smartphone kamu dipinjam untuk berfoto maupun untuk hal lain oleh teman atau saudara? Tentu ada sedikit rasa risih ketika hal tersebut terjadi. Akan tetapi perasaan tersebut akan hilang jika kamu pengguna smartphone OPPO yang sudah berjalan di ColorOS 11. Pasalnya terdapat fitur Private System di ColorOS 11 yang akan membuat smartphone kamu tetap aman, meski dipegang oleh orang asing sekalipun.

BACA JUGA
Samsung Siap Produksi Chipset Exynos 5nm

Bebicara mengenai privasi, memang hal ini menjadi salah satu persoalan tersendiri bagi sebagian orang. Bahkan tidak jarang juga seseorng memiliki dua smartphone sekaligus untuk memberikan pembeda, di mana satu smartphone untuk pekerjaan dan yang lainnya untuk pribadi.

BACA JUGA
Tips Membeli Smartphone Bekas, Biar Gak Rugi!

Nah, jika kamu menggunakan smartphone OPPO yang sudah berjalan di ColorOS 11, segala permasalahan tentang privasi bisa sedikit teratasi. Pasalnya, ColorOS 11 memang menghadirkan sederet fitur privasi dan meningkatkan pengalaman kamu sebagai pengguna smartphone.

Private System

Private System di ColorOS

Seperti yang sempat disinggung di awal, Private System di ColorOS 11 sendiri merupakan sebuah fitur keamanan yang akan menyediakan ruang khusus pengguna Disini, kamu bisa menciptakan sistem baru yang disalin dari sistem utama di smartphone kamu, mulai dari aplikasi hingga data-data pribadi kamu. 

 

Sistem ini hanya akan bisa dibuka oleh sidik jari ataupun kata sandi yang tentu saja berbeda dari dengan kata sandi untuk membuka kunci layar smartphone kamu, jadi kamu bisa tenang deh kalau ada orang yang mau meminjam smartphone kamu untuk foto-foto.

Tidak seperti fitur guest mode pada ponsel lain, di ColorOS 11 kamu bisa mendapati smartphone ini memiliki tampilan hingga aplikasi yang sama ketika beralih ke sistem privasi ini. 

Mengapa bisa demikian? Hal tersebut tidak lepas dari hadirnya satu fitur keamanan lain di OS ini. Adalah fitur System Cloner yang bekerja untuk itu. 

Private System di ColorOS

Dengan hadirnya fitur ini, smartphone kamu akan terlihat sama dengan mode utama, sehingga tidak akan membuat orang lain curiga ketika meminjam nya. 

Cara mengaktifkannya  juga cukup mudah, setelah kamu mengaktifkan Privacy System, kamu hanya perlu mengaktifkan System Cloner dengan mengakses menu Setting > Privacy > System Cloner dan kemudian tekan Get Started. 

Nantinya, kamu akan diminta untuk membuat password baru yang berbeda dari password utama kamu. Setelah itu, kamu akan disuguhkan oleh beberapa menu untuk mengimpor data seperti foto, video dan lainnya. Kamu juga bisa mengkloning aplikasi yang dirasa perlu masuk ke sistem ini. 

Private System di ColorOS 11

Setelahnya, kamu tinggal menunggu proses kloning dan sistem baru ini bisa segera digunakan di smartphone kamu. 

Dengan begitu, kamu serasa memiliki dua sistem dalam satu ponsel, sehingga bisa memilih mana sistem untuk pekerjaan dan untuk pribadi. 

Untuk berpindah sistem, kamu juga bisa melakukannya dengan sangat mudah. Kamu hanya tinggal memasukan password yang berbeda untuk salah satu sistem saat membuka kunci layar. Semisal, kamu ingin menggunakan sistem utama yang berisi data-data biasa, kamu hanya tinggal memasukan password sistem utama saat membuka kunci layar. Sedangkan jika kamu ingin menggunakan sistem kloningan yang berisi data-data sensitif, kamu hanya tinggal memasukan password System Cloner kamu saat membuka kunci layar. 

Berpindah dari satu sistem ke sistem lainnya ini sungguh mudah dan cepat. Terlebih lagi, interface yang ditampilkan pun tidak ada yang berubah sehingga pengalaman menggunakan keduanya tetap sama. Bahkan, dengan adanya sistem lain di ponsel kamu, kamu bisa lebih mengeksplorasi tema serta personalisasi yang berbeda pula. 

BACA JUGA
Cara Setting APN Indosat Tercepat 2021

Dengan aplikasi ini, kamu juga dimungkinkan untuk memiliki dua akun Whatsapp yang berbeda di satu smartphone tanpa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga. 

Private System di ColorOS 11

Bagaimana? Berminat mencoba nya? Fitur ini hanya tersedia pada ColorOS 11 keatas dengan update firmware terakhir di bulan November 2020. Jika kamu sudah menginstalnya, maka fitur ini bisa langsung kamu aktifkan. 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close