Monday, August 8, 2022
BerandaGadgetRekomendasirealme 8i Gunakan Teknologi Layar 120Hz, Harga nya Murah!

realme 8i Gunakan Teknologi Layar 120Hz, Harga nya Murah!

Techdaily.idrealme 8i dipastikan menggunakan teknologi layar 120Hz yang biasanya hadir pada smartphone kelas flagship. Teknologi ini tentunya bisa meningkatkan pengalaman visual yang jauh lebih bagus ketimbang refresh rate 60Hz pada ponsel umum.

BACA JUGA
Cara Mengunci Aplikasi di HP realme

Akan tetapi, apakah kamu tahu mengenai teknologi ini? Nah untuk mengetahui lebih dalam tentang teknologi ini, ada baiknya kamu siapkan beberapa cemilan karena kami akan mengupasnya secara lebih lengkap.

Kenalan Dulu Dengan Refresh Rate

Ketika kita membahas tentang teknologi layar, tentu erat kaitannya dengan refresh rate pada layar tersebut. Nah, refresh rate sendiri tidak hanya terdapat pada layar smartphone kamu loh, melainkan pada layar monitor di PC maupun laptop.

BACA JUGA
realme 8i Siap Meluncur, Bawa Layar 120Hz dan Chipset Unggulan!

Refresh rate sendiri merupakan kinerja teknis pada layar yang berfungsi menyajikan gambar dengan cara menampilkan potongan frame atau gambar secara terus menerus. Hal ini akan ditangkap mata manusia sebagai sebuah gambar bergerak atau video. Kecepatan frame tampil dikenali lewat satuan frame per detik atau fps (frame per second).

Nah kemampuan refresh rate layar ini bisa dikenali dengan berapa Hz kecepatan nya. Ada yang memiliki 60, 90 bahkan mencapai 120Hz seperti pada realme 8i yang akan segera meluncur di Indonesia.

Apa Pentingnya Teknologi Layar 120Hz

Setelah kamu sudah mengetahui makna dari teknologi layar ini, setidaknya kamu sudah memperoleh gambaran tentang fungsi dan kecanggihan dari teknologi tersebut kan.

Untuk mata penggunanya, semakin tinggi refresh rate yang disajikan suatu layar maka pergerakan gambar grafis maupun video akan semakin halus. Hal ini tentu akan memanjakan mata kamu loh guys.

Mata kamu juga akan menerima sajian grafis yang lebih tajam, detail dan minim sekali efek blur ketika objek di layar sedang bergerak. Gak percaya, kamu bisa coba sendiri loh dengan menyaksikan sebuah video pada layar 60Hz dan membandingkan nya dengan refresh rate layar 120Hz pada realme 8i nanti ketika sudah meluncur di Indonesia, pasti jelas deh bedanya.

Tidak sampai disitu, pentingnya teknologi layar 120Hz akan sangat terasa ketika kamu sedang bermain game. Pengalaman kami ketika bermain game menggunakan layar yang punya kecepatan 120Hz adalah pergerakan yang halus serta responsif loh.

teknologi layar 120Hz

Sebuah studi menjelaskan, panel layar dengan refresh rate 60Hz tidak bisa memiliki touch delay dibawah 16,63ms, sementara untuk layar 120Hz memiliki batas minimum touch delay sebesar 8,33ms. Hal ini tentu akan berpengaruh pada tingkat sentuhan jemari kita ke layar ponsel realme 8i.

Cukup Berkaitan Dengan Chipset Smartphone

Teknologi layar 120Hz sendiri sedikit banyak berkaitan dengan chipset dan prosesor yang digunakan oleh sebuah smartphone, pasalnya teknologi ini tidak bisa berjalan secara optimal jika tidak didukung dengan kemampuan chipset yang mumpuni.

Pada realme 8i, diketahui ponsel ini menggunakan chipset MediaTek Helio G96. Chipset ini mengusung proses fabrikasi 12nm dengan kecepatan hingga 2.05 Ghz. Chipset terbaru dari MediaTek ini sudah mendukung maksimal refresh rate hingga 120Hz, sesuai yang kami dapatkan dari laman resmi MediaTek. 

Dengan dukungan teknologi yang menunjang performa seperti ini, tentunya banyak yang berasumsi kalau realme 8i akan hadir dengan harga yang cukup mahal. Akan tetapi jika berkaca dari keterangan pers yang diterima tim Techdaily beberapa waktu lalu, realme menegaskan kalau smartphone ini dibanderol dengan harga kurang dari Rp 3 juta. 

Apalagi, realme selalu berkomitmen untuk menghadirkan smartphone yang mengusung spesifikasi unggulan dengan harga yang relatif terjangkau agar realme Fans di Indonesia dapat mengakses teknologi terkini.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi