Tuesday, July 27, 2021
BerandaGadgetHead2headReno6 vs Reno5 (Kamera), Bagus Mana?

Reno6 vs Reno5 (Kamera), Bagus Mana?

Techdaily.id – Tim Techdaily.id meyakini bahwa tidak sedikit dari kalian yang penasaran dengan komparasi antara Reno6 vs Reno5. Yap, pasalnya jika dilihat dari spesifikasi di atas kertas sejatinya kedua ponsel ini memiliki spesifikasi yang nyaris sama.

BACA JUGA
Review OPPO Reno6, Kameranya Gokil !

Khusus pada bagian kamera, kedua ponsel ini sama-sama memiliki total 5 lensa kamera yang tersebar bagian belakang dan depan. Konfigurasinya pun juga sama, yakni 4 kamera belakang dengan resolusi masing-masing sebesar 64MP sebagai kamera utama, 8MP, 2MP dan 2MP. Sementara kamera depannya mengusung resolusi 44MP.

Akan tetapi, jika kamu teliti lebih dalam sejatinya terdapat perbedaan dari kedua ponsel ini, khusus pada bagian kameranya. Untuk itu, kami sengaja menghadirkan sebuah ulasan komparasi antara Reno6 vs Reno5 (Kamera) yang bisa menjadi rekomendasi bagi kamu yang hendak membeli perangkat OPPO Reno6.

Satu hal yang perlu kamu pahami adalah OPPO memiliki RnD yang cukup besar diantara brand smartphone lainnya dan cukup mustahil apabila mereka menghadirkan smartphone baru yang punya fitur dan kualitas yang sama dengan ponsel lama mereka. Berikut kami paparkan perbedaan antara kamera OPPO Reno5 dan OPPO Reno6.

Fitur Kamera

Meski memiliki spesifikasi yang sama, namun terdapat perbedaan dari fitur kamera yang dihadirkan oleh keduanya. Beberapa fitur kamera unggulan seperti Dual View Video, AI Mix Portrait tetap hadir di kedua ponsel ini. Untuk fotografi, OPPO Reno5 menghadirkan fitur Neon Portrait. Sedangkan pada OPPO Reno6, memilliki fitur Bokeh Flare Portrait. Jika di komparasi keduanya, Bokeh Flare Portrait tentu jauh lebih unggul dan benar-benar memiliki tingkat bokeh selayaknya kamu menggunakan lensa kamera dengan diafragma besar.

reno6 vs Reno5

Nah, disinilah bukti bahwa OPPO melakukan pengembangan R&D dan menghasilkan fitur ini untuk pertama kalinya yang tentu saja tidak murah loh. Makanya fitur ini belum ada di brand lainnya.

Hasil Foto

Jika keduanya disandingkan, sejatinya terdapat perbedaan yang cukup mencolok dari foto yang dihasilkan oleh ponsel ini. Beberapa foto di bawah ini bisa memperlihatkan perbandingan yang cukup jelas antara hasil kamera dari OPPO Reno6 vs Reno5.

Dari foto di atas, menurut kami kedua ponsel ini sama-sama mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang baik. Hanya saja Reno6 tampak memiliki tone warna yang lebih baik. Pada fitur AI Color Portrait misalnya, terlihat bagaimana OPPO Reno6 memiliki pencahayaan yang lebih terang ketimbang Reno5. Selain itu, AI juga bekerja lebih baik yang bisa ditunjukan dengan garis hijau pada daun yang lebih samar ketimbang seri Reno5. Gak percaya? silahkan kamu zoom in fotonya.

OPPO juga melakukan pengembangan pada kamera Reno6 khususnya dari segi Algoritma. OPPO Reno6 mengusung teknologi terbaru berupa algoritma Artificial Intelligence (AI) yang terintegrasi dengan semua fitur kamera. Kecerdasan buatan ini memungkinkan gambar yang tertangkap kamera menjadi bokeh dinamis, kaya akan warna, namun tetap membuat subjek dalam kondisi terang dan mendetail.

Bokeh Flare Portrait

Ini merupakan sebuah fitur kamera yang bagus yang tidak akan kamu temukan pada OPPO Reno5. Seperti yang tadi disinggung di atas, fitur ini memungkinkan OPPO Reno6 dalam menghasilkan foto dengan tingkat bokeh yang sangat baik, layaknya menggunakan lensa diafragma besar.

Fitur ini sendiri merupakan fitur yang serupa dengan fitur fotografi di seri OPPO Reno4 yakni Night Flare Portrait, hanya saja tentu ada beberapa pembaruan algoritma yang membuatnya lebih sempurna. Night Flare Portrait sendiri merupakan fitur yang didukung oleh algoritma Low Light HDR dan algoritma bokeh yang akan menghasilkan efek lampu yang artistik pada bagian latar belakang subjek foto. Efek ini akan lebih jelas terlihat hasilnya ketika pengambilan foto dilakukan saat kondisi mulai gelap dan pada lokasi yang sarat dengan lampu.

Yang membedakan pada perangkat Reno6, fitur ini ditingkatkan dari yang dahulu diperkenalkan hanya khusus untuk mengambil foto, dengan algortima terbaru fitur ini kini dapat digunakan untuk mengambil perekaman video.

Ketika Reno6 mengambil video pada kondisi latar belakang yang syarat dengan lampu, secara otomatis melalui algoritma kecerdasan buatan perangkat akan menampilkan bokeh yang dinamis yang kaya warna namun tetap membuat subjek pada video dalam kondisi yang terang dan juga jelas. Intinya, dengan fitur ini kamu bisa menciptakan sebuah video sinematik yang mengagumkan. Gak percaya? ini hasil videonya.

Nah, itu tadi adalah perbedaan yang sangat jelas antara kamera OPPO Reno6 dan OPPO Reno5. Bisa dilihat bagaimana perbedaan yang cukup besar sangat terasa ketika kamu menggunakan kedua ponsel ini secara bersamaan. Hadirnya fitur Bokeh Flare Portrait di kamera Reno6 benar-benar menjadi pembeda diantara keduanya. So, tunggu apalagi? kamu bisa langsung mendapatkan ponsel ini dengan harga sekitar Rp 5 Jutaan loh.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi