Saturday, September 18, 2021
BerandaReviewLaptopReview Asus ZenBook Duo 14, Elegan dengan Dua Layar

Review Asus ZenBook Duo 14, Elegan dengan Dua Layar

TechDaily.id – Review Asus ZenBook Duo 14 mungkin cukup dinantikan banyak orang. Mengingat, Asus ZenBook Duo ini adalah laptop terbaru dari produsen teknologi dari Taiwan. 

BACA JUGA
Spesifikasi Asus Zenbook UX431, Minat?

Ada yang menarik dari Asus ZenBook Duo 14 ini yakni laptop mempunyai dua layar. Dengan kata lain, ada layar ganda screenpad Plus yang terletak di dekat keyboard. 

Beruntung, TechDaily.id mendapat kesempatan untuk menjajal ZenBook Duo 14. Selain mempunyai screenpad Plus tersebut, apa lagi kebolehan ZenBook Duo 14 ini? Yuk ikuti review ZenBook Duo 14. 

Desain

Asus ZenBook Duo 14 (UX482EG) hadir dengan desain mewah dan elegan. Laptop yang punya layar sekunder ini juga terlihat ramping dan tidak memakan banyak tempat. 

ZenBook Duo 14 ini mempunyai lebar 32,4 cm, depth 22,2 cm, dan tinggi 1,69 cm. Meski mempunyai body ramping, Asus ZenBook Duo 14 ini mempunyai bobot yang berat. Karena, perangkat ini mempunyai bobot 1,60 kg.

Laptop Asus ini juga mempunyai konektivitas yang lengkap. Ada 2x Thunderbolt 4 USB-C, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x Audio Combo Jack, dan 1 microSD card reader. 

Asus juga merancang laptop ini dengan dua layar. Layar utama dibekali dengan 14 inci LED-backlit FHD (1920x1080p). Layar Asus juga mempunyai 93 persen screen-to-body ratio.

Layar Asus ZenBook Duo ini juga sudah ditopang anti-glare panel. Secara keseluruhan pengalaman saya menggunakan laptop ZenBook Duo ini sangat nyaman. Selain mempunyai layar tajam, laptop juga luas. 

Asus ZenBook Duo 14 ini mempunyai layar dengan bezell tipis, sehingga pandangan lebih luas. Untuk ScreenPad Plus, dia mempunyai bentang layar 12,6 inci FHD. 

ScreenPad Plus kini hadir dengan desain baru yang lebih ergonomis. ScreenPad Plus di Asus ZenBook Duo 14 (UX482EG) akan otomatis terangkat saat layar laptop dibuka. Jadi lebih nyaman saat digunakan. 

Di samping itu, saat screenpad Plus terangkat, akan terlihat rongga yang didesain sebagai Active Aerodynamic System. Teknologi ini berfungsi untuk mendukung kinerja sistem pendingin. 

 

Baik layar utama maupun screenpad Plus, keduanya bisa dikontrol dengan sentuhan. Sentuhan layar di Asus ZenBook Duo 14 ini juga cukup responsif dalam menanggapi perintah. 

Di sisi lain, Asus ZenBook Duo 14 juga dilengkapi dengan stylus di paket penjualannya. Jadi semakin mendukung produktibitas penggunaan dua layar sekaligus terutama bagi mereka yang memiliki kegiatan desain.

Asus memposisikan keyboard di ZenBook Duo 14 agak berbeda dengan laptop kebanyakan. Screentouch diletakkan di sebalah kanan dan keyboardnya berada di kanan. Saat penggunaan pertama kali, posisinya membuat kagok dan tidak nyaman. Namun, jika sudah terbiasa, posisi tidak menjadi masalah lagi. 

BACA JUGA
Harga Asus ROG Phone 5

Performa

review Asus Zenbook Duo 14

Review Asus ZenBook Duo 14 hadir selanjutnya adalah sektor performa. TechDaily.id mendapatkan laptop yang disematkan prosesor Intel Core Generasi ke-11 Core i7-1165G7. 

Laptop ZenBook Duo 14 menggunakan kartu grafis integrated Intel Iris Xe, tapi ada dukungan discrete graphic NVIDIA MX450 yang sudah mumpuni di laptop ini. 

Asus ZenBook Duo 14 dibekali dengan 16GB yang didukung storage 1 TB PCIe 3.0×4 NVMe SSD. Berkat dukungan itu, laptop ini mampu menjalankan beragam aplikasi tanpa loading lama.

Selain berdasarkan pengalaman, TechDaily.id juga mengujinya dengan benchmark PC Mark. Pada aplikasi benchmark ini, Asus ZenBook Duo berhasil memperoleh skor 4630. Skor menunjukan performa laptop tipis dengan layar ganda ini sangat mumpuni.

Lantas bagaimana dengan segi daya tahan? Laptop ini juga bisa bertaham berjam-jam saat digunakan. Pasalnya, Asus ZenBook Duo dibekali dengan 70Wh, 4-cell Li-ion battery. Laptop ini sudah menggunakan plug type-C dan power adapter 65W.

Fitur

Review Asus ZenBook Duo 14

Review Asus ZenBook Duo ini adalah dari segi fitur. Laptop ini dilengkapi dengan aplikasi MyAsus tersedia opsi untuk mengatur kapasitas maksimal pengisan baterai sehingga usia baterai lebih awet. 

Seperti kebanyakan laptop lain, ZenBook Duo dilengkapi dengan webcam dan mikrofon dengan AI Noise Cancelling Audio yang mendukung komunikasi lewat video call. Kini, melakukan komunikasi di kafe dengan ZenBook Duo 14 tidak perlu suara Anda tidak terdengar atau berisik. 

Dari segi konektivitas, Asus ZenBook Duo 14 sudah mendukung WiFi 6. Fitur terbaik laptop ini adalah di ScreenPad Plus yang tidak cuma membawa desain lebih ergonomis.

ScreenPad Plus di Asus ZenBook Duo 14 hadir dengan fitur baru salah satuya ScreenXpert Control Center. Control panel atau toolbar di layarnya bisa diatur posisinya dan akses aplikasinya bisa ditambahkan.

Kesimpulan

Asus ZenBook Duo 14 cocok untuk pengguna yang membutuhkan layar tambahan. Apalagi laptop ini juga mempunyai desain elegan dan mewah, sehingga cocok dijinjing kemana pun. 

Asus ZenBook Duo 14

ZenBook Duo 14 juga mempunyai bagian dalam mumpuni. Selain itu, ZenBook Duo 14 juga dibekali dengan daya tahan yang cukup lama, sehingga tidak perlu bolak-balik mengisi daya. 

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi