Friday, February 3, 2023
BerandaReviewReview Infinix Hot 20s, HP 2 Jutaan Layar 120hz

Review Infinix Hot 20s, HP 2 Jutaan Layar 120hz

TechDaily.id – Awal November lalu Infinix merilis satu produk menarik yang membawa chipset mid range dari Mediatek, Helio G96. Sekedar informasi, chipset ini hadir tahun lalu sebagai solusi gaming di harga yang terjangkau. Jadi, dari sini kita bisa berharap performa yang menawan di harga yang ditawarkan. Penasaran dengan review Infinix Hot 20S? Yuk scroll ke bawah lagi.

Dilepas dengan harga Rp 2.349.000, Infinix Hot 20s akan menjadi smartphone gaming yang mampu meraih semua lapisan masyarakat, terutama anak-anak muda yang membutuhkan performa maksimal di harga 2 jutaan. Tapi jangan salah, Infinix Hot 20s tidak melulu menawarkan kinerja gaming mumpuni. Ponsel ini juga membawa desain menarik dengan beberapa pilihan warna, yang masing-masing menggunakan pendekatan berbeda, serta kamera yang bisa diandalkan mengabadikan momen berharga.

Buat kamu yang tertarik dengan ponsel ini, cek review berikut ini.

Review Infinix Hot 20s

Desain dan Layar

Infinix Hot 20s memiliki ukuran yang bisa dibilang sedikit bongsor dari kebanyakan smartphone dari pabrikan lain. Hal ini terasa dari ketebalan yang sedikit terasa dengan bagian layar yang sedikit lebih tinggi dari biasanya, sehingga bagian paling atas agak sulit dijangkau dengan ibu jari. Hal ini bakal lebih terasa ketika ponsel dipasangkan dengan silicon case bawaan.

Tapi, bukan berarti ponsel ini tidak nyaman digunakan. Pemilihan material yang solid, dengan permukaan halus, baik di bagian tepian yang membawa konsep kotak klasik. Maupun di bagian back cover yang glossy membuatnya terasa mewah saat digenggaman.

Bagian kamera merupakan yang paling terlihat menarik. Di sini Infinix menggunakan desain kamera yang sedang ‘musim’, yakni bentukan membulat besar. Ada tiga bulatan, dua di antaranya berukuran lebih besar dari yang lain, ditemani satu garis lampu Flash di sisi kanan.

Infinix sendiri menawarkan 2 tipe back cover yakni versi neon di NEON Edition, dan 4 warna di edisi standar, yang terdiri dari tempo blue, fantasy purple, sonic black dan light-rider white. Produk yang kami review kali ini merupakan varian dengan warna back cover Tempo Blue. Sama dengan tiga pilihan warna lain, menampilkan garis-garis lurus yang berpusat di bagian kamera, menyebar ke suluruh bagian back cover.

BACA JUGA
Cara Registrasi ID realme Menggunakan Email

Meski konsep desain di warna ini tidak semenarik NEON Edition, namun saat terkena cahaya kita bisa melihat efek gerakan garis yang dinamis, terutama saat kita mengubah-ubah posisi arah datang cahaya. Cukup bisa diparesiasi.

Infinix meletakkan semua tombol di bagian kanan ponsel HOT 20s. Termasuk tombol volume, dan satu tombol power yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari. Pas untuk kamu yang lebih banyak menggunakan ponsel dengan tangan kanan.

Eh, yang kiri juga bisa, tapi kita bisa mendaftarkan sidik jari telunjuk kiri agar mudah diakses dengan satu tangan.

Beralih ke bagian layar, di sini kamu bisa menikmati layar berpanel IPS yang menawarkan refresh rate hingga 120Hz, dalam bentangan 6.78 inci, dan menampilkan resolusi sebesar 1080 x 2460 pixel, alias FHD+.

Layar ponsel ini menganut desain punch hole untuk memberikan ruang bagi kamera depan. Diletakkan simetris di bagian tengah di ujung paling atas layar.

UI dan Performa

Infinix Hot 20s hadir dengan dukungan XOS 12 berbasis Android 12. Ini merupakan update terbaik untuk saat ini yang menyediakan banyak keperluan dan fitur penting agar kita bisa menikmati semua penggunanya. Di antaranya adalah music creator Beez untuk menciptakan musik dimana pun berada, YoParty yang bisa digunakan untuk menghubungkan banyak smartphone untuk menayangkan lagu sama sehingga bisa didengar bersama-sama di area yang lebih luas, lalu ada X Arena untuk semua kegiatan gaming termasuk memberikan fokus lebih baik saat bermain game, dan sebagainya. Termasuk di dalamnya ada LinkPlus 1.0 untuk menjaga koneksi internet saat bermain game.

Pengguna Infinix lawas tentu tahu tentang fitur-fitur tersebut. Ditambah sejumlah fitur lain, semisal Extended RAM yang memberikan opsi bagi pengguna untuk menambah kapasitas RAM on the go, mulai dari 2, 3 hingga 5 GB tambahan yang dipinjam dari ROM.

BACA JUGA
Infinix Bocorkan Tanggal Peluncuran Infinix Zero 5G di Indonesia

Produk yang direview kali ini membawa RAM 8GB dan ROM 128GB. Membawa chipset besutan Mediatek, yakni Helio G96. Di dalamnya ada CPU 8 inti dengan konfigurasi big.Little 2 berbanding 6. Di mana 2 inti merupakan cortex ARM A76 dengan clock speed 2.05 GHz dan 6 lainnya berupa Cortex A-55 dengan kecepatan 2 GHz.

Untuk GPU, Helio G96 membawa Mali-G57 MC2. Dipercaya mampu memberikan pengalaman bermain game yang mumpuni, dan multitasking yang cukup powerful. Kami telah melakukan sejumlah pengukuran menggunakan aplikasi benchmark, dan hasilnya menunjukkan bahwa di kondisi normal, Infinix Hot 20s mampu berakselerasi layaknya ponsel mid-range yang mungkin harganya jauh di atas.

Skor Antutu berkisar ada di angka 350.000 hingga lebih. Untuk work performance di PCMark nilainya memperlihatkan angka 10604. Sementara di Geekbench 5, kami mencoba melakukan tiga kali tes dengan kondisi RAM Extended yang berbeda, namun dengan hasil yang relatif sama, yakni berkisar antara 490 hingga 505 di single-core dan 1711 hingga 1725 di multi-core.

Tidak sampai disitu, kami juga melakukan gaming test untuk menguji performa dari smartphone ini. Game yang kami mainkan adalah PUBG Mobile. Pada pengujian ini, Infinix Hot 20S berhasil menyuguhkan performa grafis HD dengan frame rate High.

Satu hal yang menarik dari pengujian game ini adalah fitur audionya yang cukup jernih dan memiliki dua speaker stereo.

Kamera

Seperti yang sudah disebutkan di awal review, Infinix HOT 20s ini tidak sekedar mengandalkan performa vs harga yang “nyaman” di kantong lebih banyak orang. Ponsel ini juga membawa kamera yang mumpuni. Setidaknya dari yang kami coba, kamera Infinix Hot 20s mampu bekerja optimal, baik di tengah terik matahari, maupun di pencahayaan malam.

Smartphone ini membawa 3 kamera di belakang. Terdiri dari 1 kamera utama 50 MP dengan aperture f/1.6, dan 2 kamera 2 MP untuk keperluan makro dan depth, ketiganya merupakan sensor Samsung.

Dari spek yang tertera di atas, kita bisa mengharapkan bahwa kamera Infinix HOT 20s mampu untuk menangkap lebih banyak cahaya. Sangat masuk akal ketika kamu menemukan hasil kamera ponsel ini cukup memuaskan.

BACA JUGA
Cara Screenshot HP Infinix

Sementara itu di bagian depan ada kamera 8 MP. Yang mampu digunakan untuk memotret maupun merekam video. Menariknya, meskipun harganya di angka 2 jutaan, kita sudah bisa menggunakan kamera Infinix Hot 20s untuk merekam video dalam resolusi 4K di 30fps menggunakan kamera utama.

Bagi kamu pengguna baru Infinix, mungkin agak asing dengan UI di bagian viewfinder. Di situ ada mode video singkat dan video. Keduanya memberikan fungsi yang sama tapi berbeda. Sama halnya dengan CAM AI, Mode cantik dan portrait. Intinya sih kita bisa memanfaatkan sejumlah fitur Ai semisal mode 50MP, dan scenes dan semua pemotretan biasa di CAM AI. Mode cantik untuk berurusan dengan kompleksitas kulit dan portrait untuk memotret dengan bokeh.

Selebihnya ada mode super malam yang menarik untuk dicoba-coba.

Baterai

Infinix Hot 20s membawa baterai berkapasitas 5000 mAh. Cukup besar untuk menjaga performa ponsel ini hingga seharian penuh dengan pemakaian yang ekstrim. Sementara untuk melakukan pengisian daya, Infinix menyediakan charger dengan kekuatan 18W yang bisa dimanfaatkan mengsisi baterai sambil ditinggal tidur.

Akan tetapi, sangat disayangkan ketiks kami menguji daya tahan baterai smartphone ini menggunakan aplikasi PCMark, aplikasi tersebut selalu terhenti sebelum pengujian diselesaikan.

Namun, berdasarkan pengalaman kami menggunakan smartphone ini, baterai Infinix Hot 20S memiliki baterai dengan daya tahan yang cukup awet dan bisa digunakan hingga seharian.

Kesimpulan

Infinix Hot 20S merupakan smartphone gaming yang menawarkan performa kelas menengah ke atas alias mid-end di harga mid-low. Hanya dua jutaan, kamu sudah bisa merasakan performa Helio G96 yang membawa cortex A76 dan RAM 8 GB yang bisa ditingkatkan hingga 13 GB. Multitasking sih sudah pasti bisa diatasi dengan baik. Tapi tidak hanya itu, ponsel ini juga membawa kamera yang mumpuni.

REVIEW OVERVIEW

Desain & Layar
Performa
Kamera
Baterai

SUMMARY

nfinix Hot 20s merupakan smartphone gaming yang menawarkan performa kelas menengah ke atas alias mid-end di harga mid-low. Hanya dua jutaan, kamu sudah bisa merasakan performa Helio G96 yang membawa cortex A76 dan RAM 8 GB yang bisa ditingkatkan hingga 13 GB.
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi