Tuesday, May 17, 2022
BerandaReviewReview Infinix Zero 5G, Pendatang Baru yang Siap Nge-Gass!!

Review Infinix Zero 5G, Pendatang Baru yang Siap Nge-Gass!!

Techdaily.id – Infinix memang bukanlah pemain baru di Industri smartphone Tanah Air. Namun, untuk urusan smartphone 5G, Infinix baru mengeluarkan seri 5G pertama mereka. Yap, Infinix Zero 5G yang merupakan HP 5G pertama Infinix. Smartphone ini cukup menggoda lewat paparan spesifikasi yang dihadirkan. Untuk itu, tim Redaksi Techdaily cukup bersemangat untuk melakukan review Infinix Zero 5G ini.

BACA JUGA
Semakin Canggih, Fitur Extended RAM di Infinix Note 11 Series Meluncur

Sekadar informasi, smartphone ini ditopang oleh spesifikasi yang lumayan mumpuni. Smartphone ini mengusung chipset MediaTek Dimensity 900 5G, baterai besar 5000 mAh hingga sistem pengisian daya cepat 33W. Tidak sampai disitu, kotak penjualannya pun tergolong lengkap. Kamu akan mendapatkan anti gores yang belum terpasang dan juga jelly case untuk menjaga perangkat ini dari benturan maupun goresan pada layar. Kamu juga akan mendapatkan kartu perdana dari Smartfren, jaga-jaga kalau kamu belum memiliki nomor smartphone.

Lantas, bagaimana review lengkap dari smartphone ini? yuk simak ulasan yang sudah dibuat oleh tim Redaksi Techdaily berikut ini.

Review Infinix Zero 5G

Desain & Layar
Seperti biasa, kami akan memulai review ini dari bagian desain dan layarnya. Infinix Zero 5G hadir dengan konsep desain Uni-Curve. Uni-Curve dari ZERO 5G menampilkan desain ramping dengan lekukan halus di belakang panel menggunakan material komposit yang menyerupai kaca. Hal ini menghasilkan tampilan elegan dan rasa premium pada perangkat saat disentuh, namun tetap nyaman dipegang. Selain memberikan rasa premium dan ramping pada perangkat, lekukan pada panel memberikan ergonomis dan genggaman yang nyaman bagi pengguna.

Rumah kamera yang agak menjorok ke belakang ini juga mengingatkan kami dengan desain smartphone flagship dari brand kompetitor. Terdapat tiga warna yang bisa kamu pilih yakni Cosmic Black, Skylight Orange dan Horizon Blue. Pada bagian bawah, kamu akan menemukan lubang speaker, port audio 3.5 mm, lubang mic serta port USB Type C. Sedangkan di bagian atasnya hanya terdapat lubang mic kecil. Sementara pada sisi kiri dan kanannya, terdapat tray SIM card pada bagian kiri dan tombol volume serta sensor fingerprint yang bisa juga difungsikan sebagai tombol shutter ketika sedang memotret. Secara keseluruhan, body smartphone ini memiliki dimensi 168.7 x 76.5 x 8.8 mm dengan bobot hanya 199 gram saja.

Hadirnya fingerprint pada bagian samping seolah menegaskan kalau smartphone ini masih menggunakan layar IPS. Dan, benar saja, layar smartphone ini memang berpanel IPS namun mampu menyajikan resolusi FHD+ dengan refresh rate 120Hz. Layar dengan bentang seluas 6,8 inci ini menyelipkan satu rumah kamera pada bagian atasnya. Mengusung gaya desain punch hole, mirip seperti smartphone-smartphone flagship yang sering kita jumpai. Tidak lupa, layar smartphone ini juga mengusung touch sampling mencapai 240Hz yang sangat berguna saat kamu sedang bermain game, ataupun sekadar scrolling di sosial media.

Menurut kami, dari segi desain smartphone ini memiliki desain yang anggun dan terlihat premium. Hanya saja, pada bagian belakangnya cukup licin dan mudah sekali terkena bercak sidik jari. Kami menyarankan pengguna untuk menggunakan jelly case di smartphone ini.

Kamera
Beralih ke bagian kamera, disini kami disuguhkan dengan set up tiga kamera belakang yang ditopang oleh kecerdasan buatan (AI). Tiga kamera ini masing-masing memiliki resolusi 48MP sebagai kamera utama, 13MP untuk lensa portrait nya dan 2MP sebagai kamera tambahan. Sedangkan pada bagian depannya, smartphone ini hadir dengan satu buah kamera selfie yang punya resolusi 16MP.

review Infinix Zero 5G

Kamera ZERO 5G juga dilengkapi fitur Golden Portrait focal section, yang serupa dengan lensa portrait professional 50mm dan 2X optical zoom, memberikan kedalaman tampilan gambar lebih dinamis. Selain itu, fitur Pro Night Style diklaim mampu memberikan pengguna kemampuan untuk menangkap sejumlah gaya dari fotografi malam dalam lingkungan yang sama. Tidak hanya modul kamera, desain kamera pada bagian belakang perangkat dirancang lekukan sedemikian rupa menyambung dan menghilangkan tonjolan agresif.

Kamera depan ZERO 5G sangat ideal untuk pecinta selfie, dilengkapi pencahayaan flash ganda dan teknologi artificial intelligence memungkinkan pengguna menangkap hasil terbaik di segala titik fokus, tanpa menghiraukan sudut dan kondisi pencahayaan.

Sistem kamera 30X 48MP juga diklaim dapat menangkap objek dari kejauhan namun tentu saja kami tidak merekomendasikan kamu menggunakan smartphone ini untuk kebutuhan telefoto hingga 30X ya.

Untuk hasil fotonya, kamu bisa scroll ke bawah lagi karena kami telah menghadirkan beberapa sampel fotonya.

Performa
Seperti yang disinggung di atas, smartphone ini menggunakan chipset MediaTek 900 5G dengan dukungan RAM sebesar 8GB dan penyimpanan internal sebesar 128GB. Smartphone ini sudah berjalan pada XOS 10 berbasis sistem operasi Android 11.

Buat kamu yang belum tahu, MediaTek Dimensity 900 5G chipset dibangun dari arsitektur 6nm berperforma tinggi serta integrasi modem 5G New Radio (NR) sub-6GHz. Chipset super cepat ini juga dilengkapi otak komputasi 8 inti (octa-core CPU) terdiri dari dua prosesor Arm Cortex-A78 frekuensi hingga 2.4GHz dan enam prosesor Arm Cortex-A55 cores frekuensi hingga 2GHz yang memberikan performa sigap, cepat, responsif, dan mendorong FPS lebih tinggi untuk pengalaman gaming lebih baik.

Infinix Zero 5G menggunakan RAM LPDDR5 lebih cepat, dan memberikan peningkatan kinerja memori 29% dibandingkan LPDDR4X generasi sebelumnya, serta penurunan konsumsi energi sebesar 14%. Infinix juga menghadirkan teknologi Extended RAM di HP ini yang memungkinkan Zero 5G dapat meningkatkan kapasitas RAM sebesar 5GB dalam satu klik – dari 8GB menjadi 13GB. Teknologi Extended RAM memanfaatkan sebagian porsi dari penyimpanan utama atau ROM yang dialihfungsikan sebagai RAM untuk memberikan kinerja yang lebih mulus. Pengguna dapat mengakses pengaturan Extended RAM pada bagian -”Storage”-“MemFusion”.

Saat digunakan untuk multitasking maupun scrolling, smartphone ini masih cukup nyaman. UI nya cukup intuitif, apalagi jika kamu mengaktifkan mode 120Hz dari layarnya.

Lantas bagaimana saat digunakan bermain game ataupun pekerjaan berat? Terkait hal ini, kami melakukan pengujian smartphone ini menggunakan aplikasi PCMark dan bermain game PUBG. Hasilnya, smartphone ini mampu meraih skor 13319 Sedangkan ketika digunakan untuk bermain game PUBG, Infinix Zero 5G mampu menyajikan settingan grafis HDR dengan frame rate Ultra.

Baterai
Review Infinix Zero 5G kami lanjutkan ke bagian baterai. Disini, HP 5G dari Infinix tersebut ditopang oleh baterai berkapasitas 5000 mAh. Satu hal yang unik adalah Infinix berhasil menyematkan baterai dengan kapasitas yang besar tersebut kedalam smartphone yang cukup tipis dan ringan. Baterai besar ini ditopang oleh sistem pengisian daya cepat 33W.

review Infinix Zero 5G

Infinix Zero 5G juga dilengkapi dengan teknologi pengaman TÜV Rheinland untuk mengoptimalkan dan mengamankan proses pengisian daya. Sumber daya akan dimatikan secara otomatis saat kapasitas baterai smartphone telah penuh. Fitur ini menghasilkan daya tahan smartphone hingga 9,4 jam dalam bermain game, 27 hari siaga, 22 jam menelepon, dan 152 jam memutar musik. Nah, untuk menguji daya tahan baterai nya, kami melakukan pengujian menggunakan alat uji PCMark dan berikut hasilnya. Pada pengujian ini, Infinix Zero 5G mampu bertahan hingga 11 jam 37 menit.

Kesimpulan
Review Infinix Zero 5G masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami, smartphone ini bisa menjadi salah satu rekomendasi smartphone yang patut dipertimbangkan ketika ingin mengganti HP lama. Apalagi, smartphone ini sudah mendukung layanan 5G sehingga kamu tidak perlu mengupgrade smartphone lagi, ketika jaringan tersebut sudah masif di Indonesia.

BACA JUGA
5 HP Samsung di Bawah 1 Juta Terbaik November 2021

Sebagai catatan, saat mengulas smartphone ini kami belum menguji apakah Infinix Zero 5G mampu menjalankan layanan 5G dari operator seluler di Indonesia dikarenakan cakupan dari layanan tersebut masih sangat terbatas.

REVIEW OVERVIEW

Desain & Layar
Kamera
Performa
Baterai

SUMMARY

Review Infinix Zero 5G masuk ke bagian kesimpulan. Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 3.599.000. Akan tetapi, kamu bisa mendapatkannya hanya dengan harga Rp 3.399.000 selama masa pre order. Menurut kami, smartphone ini bisa menjadi salah satu rekomendasi smartphone yang patut dipertimbangkan ketika ingin mengganti HP lama. Apalagi, smartphone ini sudah mendukung layanan 5G sehingga kamu tidak perlu mengupgrade smartphone lagi, ketika jaringan tersebut sudah masif di Indonesia.
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi