Tuesday, November 29, 2022
BerandaTechlifeReview Omron HEM 7156T

Review Omron HEM 7156T

Techdaily.idOMRON kembali meluncurkan alat pemantau kesehatan yang menarik. Kali ini, lewat produk HEM 7146T, Omron melengkapi pengukur tekanan darah ini dengan fitur Omron Connect yang dapat mengirimkan data tensi darah kamu langsung ke ponsel melalui Bluetooth. Buat yang mencari artikel tentang review Omron HEM 7156T, kami rasa kamu menemukan situs yang tepat.

Bagi kalian yang sudah menginjak umur 30 tahun ke atas, sudah harus waspada nih. Karena biasanya di umur-umur segini bakal muncul keluhan kesehatan yang diakibatkan oleh kebiasaan hidup kita sebelumnya. Salah satunya adalah tekanan darah. Baik mereka yang rutin berolah raga atau justru sebaliknya, informasi akurat mengenai nilai tekanan darah ini bisa menentukan tindakan apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Kalian yang hidup di perkotaan dengan segala bentuk tekanannya, mungkin tidak menyadari akan stress yang diam-diam mempengaruhi tekanan darah. Belum lagi kebiasaan makan dan minum yang kurang teratur. Nah cara mengukur tekanan darah secara pribadi di rumah merupakan solusi yang paling pas. Dan alat yang kami rekomendasikan adalah sebuh atensi meter OMRON HEM 7156T.

Review OMRON HEM 7156T

Desain
Tidak banyak berubah dari seri sebelumnya, OMRON HEM T7156T membawa bentuk yang mungil nan ringkas atau dalam Bahasa Inggris disebut Compact. Berbentuk kubus yang bisa dipengang dengan satu tangan, menggunakan material plastik dengan display yang mudah dilihat oleh penggunanya.

Bagian interface, alias antar muka produk ini terdiri dari layar LCD Monokrom ditemani dengan tombol-tombol dari yang paling besar adalah tombol Start/Stop, Panah kanan dan kiri (navigasi), tombol Memory, dan satu yang paling khas di seri berakhiran huruf T ada tombol Bluetooth di sisi paling kiri.

Saat diletakkan di area permukaan yang rata, bagian interface perangkat ini akan memiliki sedikit elevasi, alias kemiringan yang berguna bagi kita karena memberikan visibilitas lebih baik.

Di bagian sisi atau tepian OMRON HEM 7156T tidak ditemukan tombol apapun, hanya saja ada yang menarik di dua bagian. Pertama di bagian kiri ada lubang untuk memasukkan tabung yang terhubung ke Manset (akan kita bahas di bagian berikutnya), dan di bagian belakang ada colokan DC sebagai sumber power, dimana kita bisa mengaktifkan perangkat tensi meter ini dengan sebuah adaptor DC 6V, jika dibutuhkan.

BACA JUGA
Tampil di IFA 2022, Ini Spesifikasi Huawei Nova 10 Series

Kenapa harus ada kalimat jika dibutuhkan? Karena untuk meningkatkan portabilitas, perangkat ini sejatinya menggunakan sumber daya berupa 4 buah baterai AA alias UM3. Kita bisa melihat kompartemennya di bagian bawah perangkat ini. Cara buka, dan ganti baterainya pun relatif mudah.

Hanya saja, jika suatu saat dalam kondisi darurat kamu tidak menemukan baterai, maka kita bisa colokkan adaptor DC6V ke perangkat ini. Jadi, adaptor di sini fungsinya bukan untuk melakukan charging baterai ya. Tapi sebagai subsitusi. Oh iya, sayangnya adaptor DC ini harus kita beli secara terpisah, karena tidak masuk dalam paket pembelian.

Manset
Dalam paket pembelian, selain perangkat OMRON HEM 7156T, kamu juga bakal mendapatkan satu manset yang sudah modern. Dengan kode HEM FL31. Manset ini merupakan paket yang tidak bisa dipisahkan karena tanpa manset ini, Tensi meter tidak bisa mengulur tekanan darah kita.

review omron HEM 7156T

Manset dan Tensi meter ini sudah menggunakan teknologi Intelli Sense. Teknologi ini diakui membawa algoritma baru untuk meningkatkan akurasi pengukuran dengan deviasi standar kurang dari 4 mmHg. Nah khusus di bagian manset namanya jadi Intelli Wrap yang memiliki tiga keunggulan, yakni Akurasi 360 derajat, Kenyamanan bagi pengguna dengan lingkar lengan 22 – 42 cm, dan Mudah digunakan bahkan dengan hanya satu tangan.

Fitur dan OMRON Connect
OMRON HEM 7156T dilengkapi dengan sejumlah sensor yang masuk dalam teknologi Intelli Sense. Dibantu dengan teknologi Intelli Wrap yang ada pada manset, nilai akurasi dari pembacaan systole dan diastole dianggap akurat. Memenuhi standar alat kesehatan yang bisa digunakan oleh profesional.

Bahkan selain mendeteksi detak jantung, perangkat ini mampu mengenali gerakan pengguna, artinya ketika kita terlalu banyak bergerak maka perangkat akan mengenali dengan sejumlah notifikasi agar kita tidak banyak bergerak.

BACA JUGA
Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Beli Kamera Sony RX0 II

Dan yang menarik, juga ada indikasi detak jantung yang tidak beraturan. Hal ini dianggap oleh HEM 7156T sebagai gangguan. Sehingga yang terjadi ada skenario perangkat akan tidak menampilkan hasil, atau jika indikator terus muncul, maka disarankan agar mereka yang memiliki indikasi detak jantung tidak teratur ini agar berkonsultasi dengan ahli kesehatan mereka.

Satu hal yang membedakan OMRON HEM 7156T dengan versi lain, adalah ia telah mengadopsi OMRON Connect. PErangkat ini dapat terhubung dengan smartphone kamu, baik dengan istem operasi iOS ataupun Android. Dengan cara pairing yang sangat mudah, layaknya menghubungkan ponsel dengan headset bluetooth.

Ketika terhubung, semua hasil yang diukur oleh tensi meter ini akan dikirimkan langsung ke aplikasi dan kita bisa mereviewnya di sana. Karena ada fitur BP diary, yang akan menampilkan hasil pengukuran dalam bentuk kalender yang rapi. Atau BP Graph yang menampilkan data-data tersebut dalam bentuk grafik yang mudah dimengerti.

Jika suatu saat data-data terebut dibutuhkan saat berkonsultasi dengan dokter, maka kita bisa menyimpannya dalam format PDF untuk bisa dibawa dan dipresentasikan sebagai bahan rujukan medis.

Layaknya sebuah tensi meter, OMRON HEM 7156T akan mengukur tekanan darah, terutama dua nilai penting, yakni nilai Sistolik dan Diastolik dalam satuan mmHg. Berdasarkan standar WHO, bahwa nilai sistolik di bawah 120 mmHg dan Diastolik di bawah 80 mmHG disebut sebagai satnadar optimal. Di mana kita bisa melakukan pemantaun sendiri tanpa perlu mengkonsultasikan kondisi ini ke dokter atau petugas kesehatan profesional.

Tapi ketika dalam rekaman pengukuran yang tersimpan dalam aplikasi OMRON Connect ini mengarah ke hipertensi alias tekanan darah tinggi, ada baiknya kita berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan masukan bagaiamana mengembalikan ke normal, atau masukan untuk melakukan olah raga dan gaya hidup sehat yang sesuai.

BACA JUGA
Bocoran Desain OPPO Reno8

Anda harus mulai melakukan pemantau rutin ke dokter sejak menemukan angka Sistolik di rentang 130 – 139 mmHg. Dan Diastolik di 85 – 89 mmHg, atau kondisi yang abnormal lain.

OMRON HEM 7156T ini mudah sekali gunakan, karena kita bisa memasangkan manset dengan hanya satu tangan. Alias pasang sensiri pun bisa. Kedua kita hanya perlu menekan satu tombol saja, yakni tombol start/Stop dan pengurukuan akan berjalan secara otomatis hingga mendapatkan nilai yang akurat.

Kalau Anda ingat, dulu kami melakukannya dengan menggunakan pompa manual dimana petugas kesehatan akan memompakan udara ke manset dengan sebuah bola tensi. Sekarang sudah tidak perlu lagi.

Selain tekanan darah, OMRON HEM 7156T juga mendeteksi Pulse atau detak jantung per menit, lengkap dengan notifikasinya, juga mampu menyimpan hingga 60 memory di dalam device.

Metode pengukuran pada Tensi m Eter ini bersifat OScillonetric yang mampu mengenali sistolik di rentang 60 hingga 260 mmHg, dan diastolik di rentang 40 hingga 312 mmHg. Dengan tingkat akurasi yang memeliki deviasi sekitar 3mmHG untuk tekanan darah dan 5% untuk detak jantung. Sudah mumpuni sekali, bukan?

Kesimpulan
Review Omron HEM 7156T masuk ke bagian kesimpulan. Kesehatan adalah hal yang kerap kita lupakan, terutama jika kita merasa masih muda dan tidak memiliki keluhan. Namun melihat kondisi pandemi 2-3 tahun lalu, kita seperti disadarkan bahwa kesehatan jauh lebih penting dari hal lain dalam hidup kita.

Anak muda, atau mereka yang sudah mencapai umur 30 tahun ke atas, merupakan target pasar perangkat Tensi meter seperti ini karena di umur tersebut performa metabolisme dalam tubuh mulai menurun, dan umur segitu tercatat rentan akan kesibukan dan stress yang tinggi.

OMRON HEM 7165T mampu menghadirkan solusi pemantauan kesehatan yang lebih akurat, dengan standar alat medis yang tinggi, mudah digunakan, mudah disimpan dan dapat dibawa ke mana-mana.

Spesifikasi Omron HEM 7156T

Di bawah ini merupakan spesifikasi lengkap dari Omron HEM 7156T.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi