Smartphone

Review OPPO A74, HP Gahar Harga 3 Jutaan!

Techdaily.idOPPO belum lama ini meluncurkan dua varian smartphone terbaru dari seri A yakni OPPO A74 reguler dan OPPO A74 5G. Smartphone seri A ini begitu spesial kehadirannya lantaran datang dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Tim redaksi Techdaily sendiri berkesempatan untuk melakukan review OPPO A74 reguler.

BACA JUGA
Cara Menonaktifkan Background Apps di Android 10

Buat kamu yang penasaran dan sedang ingin mengganti smartphone lama kamu, mungkin pembahasan mengenai review OPPO A74 ini bisa menjadi sebuah rujukan yang pas bagi kamu. Well, berikut ulasan lengkapnya.

Desain & Layar

Review OPPO A74 kita mulai dari bagian desain & layar yang diusung. Patut diakui, bahwa OPPO berhasil mengemas prosesor yang cepat dan baterai berkapasitas besar ke dalam bodi nan tipis, plus desain cover belakang yang stylish. OPPO A74 hanya memiliki bobot sekitar 175g dan ketebalan 7,95mm, sementara 3D curved pada bagian belakang menawarkan kenyaman gengaman. 

Untuk tombol fisik seperti tombo power, terletak pada sisi kanan ponsel sedangkan tombol volume terletak pada sisi sebaliknya, lengkap dengan SIM Tray dan MicroSD. Sedangkan untuk bagian bawah, terdapat semua lubang yang disediakan pada ponsel ini, termasuk lubang speaker, jack audio 3.5 mm, port USB Type C hingga lubang Microphone. 

Secara keseluruhan, ponsel ini berhasil menyajikan desain yang tipis namun kokoh berkat teknologi perpaduan alumunium die-casting pada OPPO A74 memungkinkan bagian paling tebal dari penutup motherboard hanya memiliki ketebalan 0,21mm, sementara baterainya diperkuat pada kedua sisi. 

Untuk urusan layarnya, ponsel ini mengusung layar berukuran 6.43-inch dengan resolusi FHD+ berkonsep punch-hole. Layar ponsel ini sendiri berkonsep AMOLED screen yang memiliki refresh rate yang mencapai 60 Hz. Menurut kami, layar ponsel ini cukup nyaman digunakan untuk bermain game maupun sekadar menonton streaming Netflix.

Kamera

OPPO A74 mengusung konfigurasi 3 kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi sebesar 48MP, 2MP dan 2MP. Sedangkan untuk kamera depannya beresolusi 16MP. Meski tidak memiliki fitur se-komplit seri Reno, namun kamera dari ponsel ini masih bisa diandalkan untuk mengabadikan momen baik dalam kondisi cahaya yang cukup maupun kondisi cahaya redup. 

Apalagi, kamera dari smartphone ini sudah dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sehingga membuat pengguna lebih kreatif dalam menangkap momen. Dengan hadirnya fitur AI Scene Enhancement, kamera OPPO A74 dapat mengenali objek yang terlihat dengan cerdas. Fitur ini secara otomatis dapat menyesuaikan kondisi cahaya, warna dan kontras dalam setiap bidikan baik berupa tanaman, lanskap, makanan, bunga dan skenario lainnya. Hal tersebut cukup memudahkan pengguna dalam mengambil foto dan tidak perlu melakukan editing lagi sebelum memposting ke sosial media. Untuk hasilnya, kamu bisa nilai sendiri ya.

BACA JUGA
Spesifikasi OPPO A54 di Indonesia

Dapur Pacu & Performa

Urusan dapur pacu menjadi salah satu yang terpenting dalam setiap smartphone. Untuk itu, OPPO juga membenamkan sebuah chipset yang cukup kuat di kelasnya. Meski bukan merupakan chipset baru, namun chipset Snapdragon 662 yang ada di ponsel A74 ini masih menjadi salah satu yang terbaik di kelas menengah. 

Hal tersebut juga dipertegas dengan jargon “Game for Everyone” pada ponsel ini. OPPO berupaya membuat perangkat smartphone yang dapat menjalankan game dengan nyaman untuk semua orang dan semua kalangan.  Apalagi, ponsel ini juga mengusung RAM yang cukup besar yakni 6GB LPDDR4X yang memberikan peningkatan performa 10% dari tipe sebelumnya. Unduhan game yang tergolong besar dapat ditampung melalui penyimpanan internal 128GB UFS 2.1, yang masih dapat diperluas dengan kartu MicroSD hingga 256GB.

Untuk menguji performa nya, kami menggunakan alat uji PCMark dan memainkan game populer, Call of Duty Mobile. Hasilnya, pada pengujian PCMark, ponsel ini mampu menghasilkan skor mencapai 5425. Sedangkan untuk settingan grafis CODM, ponsel ini berhasil menyuguhkan settingan High dengan frame rate Medium. 

Menurut kami, untuk urusan performa, ponsel ini berhasil menyajikan performa yang cukup baik untuk ponsel di kelasnya. Apalagi, untuk urusan multitasking dan bermain game. 

Baterai

Review OPPO A74 beralih ke bagian baterai, ponsel ini dilengkapi dengan baterai berdaya 5000mAh. Untuk mengisinya, OPPO melengkapi perangkat ini dengan teknologi pengisian cepat 33W yang dapat mengisi daya perangkat secara penuh hanya dalam waktu kurang lebih 72 menit saja. 

Untuk menguji daya tahan baterainya, kami ‘menyiksa’ ponsel ini menggunakan PCMark. Hasilnya, OPPO A74 mampu bertahan hingga 20 jam 8 menit.

Terdapat pula fitur Super Power Saving Mode akan memaksimalkan sisa daya baterai dengan menurunkan frekuensi CPU, mengubah lampu latar, dan secara efektif menyesuaikan aplikasi perpesanan yang sudah dipilih. Hanya dengan sisa baterai 5%, pengguna masih dapat melakukan pembicaraan selama 2,7 jam atau menggunakan WhatsApp selama 1,3 jam. Di malam hari, Super Nighttime Standby akan menghemat daya perangkat. Dalam keadaan tidak diisi, ponsel hanya akan menghabiskan 2% daya baterai. 

BACA JUGA
Harga OPPO A5s Termurah di E-Commerce (November 2020)

Kesimpulan

OPPO A74 dijual dengan harga resmi Rp3.499 juta. Perangkat ini tersedia dalam dua warna Prism Black dan Midnight Blue. OPPO A74 dan dijual secara daring maupun luring. Menurut kami, ponsel ini cukup worth it untuk kamu jadikan sebagai pengganti ponsel lama kamu. Apalagi, dengan pelarangan mudik lebaran tahun ini, kamu bisa lebih leluasa mengeksplorasi kelebihan dari OPPO A74.  

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close