Thursday, February 2, 2023
BerandaReviewReview OPPO A77s : Cocok Untuk Kado Akhir Tahun!

Review OPPO A77s : Cocok Untuk Kado Akhir Tahun!

Techdaily.id – Melalui salah satu produk di A series, OPPO mencoba mengintroduksi sejumlah fitur kelas atas yang sebelumnya hadir di seri-seri premium. Salah satu anggota A series tersebut adalah OPPO A77s, produk yang kami review buat kamu di tulisan ini. Selain desain yang menarik di salah satu varian warna, ada juga beberapa hal menarik yang bakal kita bahas di review OPPO A77s berikut.

Buat ukuran produk A series, harga OPPO A77s memang terasa agak tinggi. Yakni Rp 3.499.000. Namun produk ini menawarkan banyak fitur menggoda yang bisa kamu coba.

Review OPPO A77s

Desain dan Layar
Seperti yang sudah disebutkan di atas, OPPO A77s membawa pola desain layaknya produk premium. Salah satu varian warna, yakni Orange Sunset membawa bahan kulit fiberglass di bagian back cover. Ini merupakan pendekatan yang sama dengan apa yang dilakukan OPPO pada produk Reno7 4G yang diluncurkan hampir setahun lalu.

Bentuk ponsel yang juga mirip, yakni membawa desain retro klasik dengan tepian kotak, menjadikannya terasa seperti ponsel premium. Baik saat dilihat, maupun saat digenggam dan digunakan sehari-hari.

Hal tersebut dimungkinkan karena bahan fiberglass leather ini diakui OPPO sanggup bertahan lama dari pemudaran warna, gesekan berlama-lama, bahkan eksposure suhu yang tinggi dan api secara langsung. Karena bahan tersebut masih memiliki sifat dari masing-masing pembentuknya, yakni fiberglass, dan leather.

Lalu buat kamu yang tidak mau terlihat mencolok, tenang saja, karena OPPO A77s juga tersedia dalam varian warna berbeda. Yakni Starry Black yang menggunakan desain OPPO Glow pada back cover, menjadikannya anti gores, anti sidik jari dan ati kotor gara-gara tangan berminyak.

BACA JUGA
Cara Mendapatkan Emoji Baru di Android

Untuk kebutuhan keamanan, OPPO A77s membawa sensor sidik jari yang diletakkan di posisi yang sama dnegan tombol power. Hal ini mungkin ditempuh karena OPPO A77s membawa jenis layar LCD a-Si, bukan AMOLED.

Layar sendiri terbentang di bagian depan dalam ukuran 6.56 inci dengan resolusi HD+ atau senilai 1612 x 720 pixel. Menariknya, layar OPPO A77s juga membawa refresh rate 90Hz yang membuatnya cukup nyaman untuk digunakan browsing konten di Instagram maupun tiktok.

UI dan Performa
OPPO A77s hadir membawa ColorOS 12.1 secara default. Artinya kamu sudah bisa merasakan sostem software terbaru untuk saat ini dengan sejumlah dukungan yang penting buat kegiatan kamu.

Pertama kamu bisa menemukan fitur RAM expansion dengan penambahan maksimal yang cukup tinggi untuk kelas A series. Yakni 8GB. Jadi disamping RAM 8 GB yang dibawa oleh ponsel, kita bisa menambahkannya mejadi 16 GB dengan tambahan dari RAM Expansion ini.

Kedua kamu juga bisa merasakan sejumlah fitur menarik di bagian kamera. Karena untuk pertama kalinya, efek Bokeh Flare portrait hadir di A Series OPPO. Sebelumnya efek ini hanya tersedia di ponsel OPPO Reno. Anda bisa melihat hasilnya di bagian kamera.

Ketiga, kamu juga bisa memanfaatkan sejumlah fitur bawaan ColorOS 12.1 yang makin diperbaiki, di antaranya ada Games untuk membuat permainan kamu jadi lebih fokus, lalu ada O Relax yang akan membantu kamu tidur dan fokus lebih baik, ada OPPO Store untuk mendapatkan banyak promo.

BACA JUGA
Ini Bedanya Hasil Foto Portrait Reno6 Versi ColorOS 12 & Versi ColorOS 11

Dan ada juga fitur audio stereo nih. Kembali bekerja sama dengan DIRAC, OPPO A77s menghadirkan kualitas audio stereo dengan klariti yang tinggi, juga ultra volume yang memungkinkan suara output speaker jadi 2 kali lebih lantang dari volume normal.

Soal dukungan chipset, OPPO A77s ini juga membawa chipset sama dengan OPPO Reno 7 4G, yakni Snapdragon 680. Chipset dengan fabrikasi 6nm ini membawa CPU 8 inti yang terdiri dari 4 inti Kryo 265 Gold, merupakan turunan dari Cortex A73, memiliki clock speed 2.4GHz. Berikutnya ada 4 inti Kryo 265 Silver yang merupakan turunan dari Cortex-A53 dengan kecepatan 1.9 GHz.

Di atas kertas sih sudah cukup untuk mendukung beberapa fungsi yang berat. Karena yang penting adalah terjadinya penggunaan daya yang lebih efisien. Dan dukungan multitasking dengan RAM LPDDR4X sebesar 8GB dan memori internal sebesar 128 GB dengan tipe UFS 2.2.

Kamera
Review OPPO A77s masuk ke bagian kamera. Smartphone ini membawa dua kamera di belakang, terdiri dari kamera 50MP dengan aperture f/1.8 dan kamera mono 2MP dengan aperture f/2.4. Hasil foto kamera ini kalau menggunakan mode normal adalah 3072 x 4080 pixel atau bisa dibilang 12 MP. Tapi dengan sensor yang ada, juga dukungan ISP serta software yang memadai, kamera OPPO A77s ini juga bisa menghasilkan gambar dengan resolusi 6144 x 8160 pixel alias 50MP.

Untuk mendapatkan hasil foto yang 50MP, kamu harus menekan tombol virtual yang ada di bagian atas viewfinder. Kalau tidak aktif, maka hasil foto kamu akan sebatas 12.5 MP seperti yang disebutkan di paragraf sebelumnya.

BACA JUGA
Manfaat Punya HP Dengan Baterai Kapasitas Besar, Sudah Tau Belum?

Tapi kalau 50MP masih kurang cukup, OPPO juga menyediakan fitur ExtraHD di bagian More. Fitur ini akan meningkatkan hasil foto hingga resolusi 9024 x 12032 pixel atau setara 108 MP. Keren kan?

Ditambah degnan fitur portrait yang lebih menarik berkat hadirnya efek Bokeh Flare Portrait, maka kamera OPPO A77s tidak bisa dipandang sebelah mata. Meskipun hampir semua yang disebutkan di atas adalah eksklusif untuk maera belakang.
Untuk kamera depan, OPPO A77s membawa kamera 8 MP. Tapi untuk video, baik kamera depan maupun belakanng sama-sama bisa menghasilkan video dengan resolusi 1080p dan 720p di 30fps.

Sudah mumpuni untuk video tiktok atau bahkan youtube. Terutama jika kamu mengurangi banyak gerakan dan dilakukan di pencahayaan yang mendukung.

Baterai
OPPO A77s membawa baterai berkapasitas 5000 mAh. Menggunakan dual Cell dengan teknologi pengisian daya cepat SuperVooc 33W. Dengan membawa dua cell ini berarti pengisian daya bakal lebih efektif, cepat namun juga aman.
Dalam percobaan kami, pengisian daya bisa berlangsung selama 30 menit sudah mampu mengisi daya 50%. Cukup bagi kamu yang memiliki aktifitas tinggi.

Kesimpulan
OPPO A77s dihadirkan untuk mereka yang tidak mau ketinggalan jaman alias FOMO, memanfaatkan desain menarik dan kamera yang mumpuni buat mereka yang mau tampil trendi. Tapi mereka yang techy juga bisa memanfaatkan performa ponsel ini untuk bermain game kasual dan juga kebutuhan membuat konten ringan secara spontan.

REVIEW OVERVIEW

Desain & Layar
Kamera
Performa
Baterai

SUMMARY

OPPO A77s dihadirkan untuk mereka yang tidak mau ketinggalan jaman alias FOMO, memanfaatkan desain menarik dan kamera yang mumpuni buat mereka yang mau tampil trendi. Tapi mereka yang techy juga bisa memanfaatkan performa ponsel ini untuk bermain game kasual dan juga kebutuhan membuat konten ringan secara spontan.
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi