Tuesday, July 27, 2021
BerandaReviewReview Oppo Reno2F, Desain Unik, Kamera Ciamik, Performa Apik

Review Oppo Reno2F, Desain Unik, Kamera Ciamik, Performa Apik

Techdaily.ID OPPO Reno2F resmi meluncur ke Indonesia bersamaan dengan OPPO Reno2 pada bulan Oktober lalu. Dibandingkan OPPO Reno2, Reno2F dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau yakni Rp. 5.399.000.

OPPO Reno 2F mengedepankan desain, kamera, performa dan daya tahan sebagai kelebihannya. Empat kamera belakang juga masih jadi andalan OPPO Reno2F.

Hanya ada satu konfigurasi OPPO Reno2F yakni RAM 8 GB dengan ROM 128 GB. OPPO Reno2F hadir dalam warna Lake Green dan Sky White.

Kali ini Redaksi Techdaily berkesempatan me-review OPPO Reno2F varian warna lake green atau hijau danau. Sekarang langsung aja kita bahas.

BACA JUGA
Resmi, OPPO Reno2 F Dijual Serentak di 5 Kota

Desain

 

OPPO Reno 2F masih mengadopsi struktur O-Dot seperti pendahulunya yakni Reno generasi pertama. O-dot sendiri merupakan sebuah lingkaran dengan desain seperti batu yang terdapat pada body belakang ponsel.

Struktur O-Dot ini mampu melindungi kamera belakang dari goresan. Terutama jika Oppo Reno2F diletakkan menghadap belakang.

Guna memberikan perlindungan ekstra, empat kamera belakang disematkan di dalam cover body ponsel. Body belakang berbahan aluminium berbalut kaca Corning Gorilla Glass 5 memberikan kesan kokoh dan mampu melindungi ponsel ini dari goresan. Masih di bagian belakang, terdapat LED Flash di samping kamera belakang dan logo OPPO yang diletakkan secara vertikal, tepat di bawah kamera belakang.

Layar AMOLED seluas 6,53 inci dibentangkan di bagian depan ponsel ini. Sama seperti bagian belakang, layar ponsel ini juga dilapisi Corning Gorilla Glass 5.

Layar ponsel ini terlihat lebih luas berkat fingerprint in display dan pop-up selfie camera bernama Rising Camera dengan resolusi 16MP. Desain Rising Camera sebenarnya sudah digunakan pada F11 Pro.

Namun Rising Camera pada Reno2F ini diberi sentuhan desain Atmosphere Light. Fitur Atmosphere Light ini memungkinkan kamera pop-up Reno2F memancarkan cahaya dengan 12 warna berbeda ketika mencuat ke permukaan dan digunakan untuk selfie.

Sementara di atas layar terpatri speaker receiver. Menelusuri bagian atas, terdapat lubang untuk pop-up selfie camera. Beralih ke bagian bawah tersemat port USB Type-C, lubang mic, jack audio 3,5mm dan speaker.

Di sisi kanan ditemui tombol power dan slot microSD dan SIM Card. Sementara di sisi kiri dijumpai tombol volume up and down.

OPPO Reno2F mengadopsi desain Twilight Mist yang terinspirasi oleh keindahan alam. Perpaduan teknis manufaktur canggih dengan detail neon yang merona menciptakan perpaduan warna yang terlihat bergerak dalam kondisi cahaya yang berbeda.

BACA JUGA
Mendarat di Indonesia, Cek Spesifikasi dan Harga OPPO Reno 2 Series

Didesain dengan teknologi three-layer stripping menghasilkan tampilan khas yang cemerlang serta multi-toned dengan berbagai nuansa warna yang berbeda jika dilihat dari beragam sudut. Balutan warna lake green juga memberikan kesan elegan pada ponsel ini.

Dengan dimensi 161.8×7.58×0.87mm dan bobot 195g, membuat ponsel ini tidak terlalu berat dan nyaman ketika kami genggam. Meskipun body belakang dilapisi kaca, ponsel ini tidak licin ketika digenggam.

Kamera

OPPO Reno 2F juga mengusung empat kamera belakang. Namun lensa dan resolusi yang digunakan berbeda dengan Reno 2. Kamera utamanya menggunakan sensor Samsung ICOCELL GM1 beresolusi 48MP dengan bukaan lensa f/2.2. Kamera lainnya didukung lensa ultra-wide 48 MP (f/1.7), lensa monokrom 2 MP (f/2.4) dan lensa portrait 2 MP (f/2.4).

Tampilan interface yang diusung kamera belakang maupun selfie cukup simpel. Terdapat mode photo, portrait, beauty, chroma boost, night, pano, wide, HDR, 1x zoom, 2x zoom dan 5x zoom. Disertakan pula filter menarik untuk menghias foto kamu.

Ketika kami mencoba foto dengan kamera utama Reno2F dalam kondisi cahaya yang cukup, hasilnya terlihat tajam dan detail serta komposisi warna yang pas. Apalagi ketika menggunakan mode chroma boost, foto yang dihasilkan lebih kaya warna. Ini dikarenakan mode chroma boost bisa menghasilkan foto dengan perpaduan warna dan eksposur yang seimbang.

Mode HDR yang sudah ditingkatkan pada kamera ponsel ini mampu diandalkan saat mengambil objek foto. Hasil fotonya pun masih terlihat natural dan tidak terlalu terang.

Kamera OPPO Reno2F dibekali fitur 5x Hybrid Zoom dan 10x Digital Zoom. Ketika kami mencoba memperbesar objek foto sampai 5x zoom, hasilnya masih terlihat jelas dan detail. Namun ketika kami mencoba memperbesar objek foto hingga 10x zoom, hasilnya kurang maksimal.

Selanjutnya kami mencoba mode ultra-wide menggunakan lensa wide Reno2F. Objek foto yang ditangkap memiliki sudut pandang yang lebih luas mencapai 119 derajat.

Kami juga mencoba mode portrait dan bisa mengatur sendiri level efek bokeh. Dengan begitu, efek bokeh yang dihasilkan juga terbilang natural.

Urusan foto low-light, Reno2F didukung Ultra Night Mode 2.0 dengan sejumlah peningkatan. Ultra Night Mode 2.0 ini bekerja dengan teknologi AI berpadu pemrosesan gambar multi-frame noise reduction (MFNR) dan high dynamic range (HDR).

Melalui kombinasi ini, night mode dapat menangkap objek dan menyesuaikan pencahayaan di lingkungan sekitar dengan baik meski dalam kondisi minim cahaya. Hasilnya pun cukup terang dan minim noise. Untuk menggunakan night mode ini, kamu cukup bidik objek foto, lalu tekan dan tahan selama 4 detik.

Fitur AI Beauty Mode pada Reno2F pada kamera belakang dan depan sudah ditingkatkan. AI Beauty ini mampu menyesuaikan warna kulit berdasarkan kondisi cahaya sekitar.

Foto yang dihasilkan mode beauty melalui kamera belakang dan depan, wajah terlihat tampan atau cantik lebih alami. Fitur AI Beauty Mode ini mampu menangkap objek manusia hingga 4 orang dalam satu foto.

Beralih ke kamera selfie, Reno2F mengadopsi desain rising camera seperti F11 Pro dengan resolusi 16 MP dan aperture f/2.0. Berbeda dengan kamera selfie pop-up pada F11 Pro, Rising Camera pada Reno2F dilengkapi LED RGB yang memiliki 12 varian warna.

Melaui teknologi bernama Atmosphere Light Ini, kamera pop-up Reno2F menyajikan beragam warna berbeda saat kamera mencuat ke atas ataupun terbenam ke bawah. Respon kamera pop-up ketika diaktifkan dan di non-aktifkan cukup cepat.

Rising Camera Pada Reno2F ini juga memiliki sensor yang secara otomatis dapat menarik modul kamera ketika kamera terjatuh saat kamera selfie digunakan. Kamera pop-up selfie ini juga berfungsi sebagai sensor face unlock untuk membuka kunci ponsel.

Seperti kamera belakang, tampilan kamera selfie OPPO Reno2F juga simpel. Dijumpai mode photo, portrait, pano, beauty serta HDR. Disisipi juga filter menarik untuk memperindah foto selfie.

Saat kami selfie dalam kondisi cahaya yang cukup, hasilnya cukup tajam. Ketika kondisi low-light pun, foto yang dihasilkan masih terlihat terang dan detail. Jika kamu merasa hasilnya kurang terang, kamu bisa menggunakan LED Flash saat selfie dalam kondisi minim cahaya.

Mode AI Beauty yang kami coba membuat wajah kami masih terlihat natural. Efek bokeh yang dihasilkan melalui mode portrait saat selfie pun masih terlihat alami.

Untuk menu video kamera belakang, terdapat mode video, time-lapse dan slow-mo. Sementara untuk menu video kamera selfie disertai mode video, time-lapse, sticker dan beauty.

Baik kamera belakang maupun selfie ini mampu merekam video dengan resolusi 1080p. Ketika kami mencoba video menggunakan Reno2F hasilnya pun cukup baik.

Layar

Ponsel ini dibentangkan layar AMOLED berukuran 6,53 inci dengan resolusi 2340x1080p. Aspek rasionya 19,5:9 dan rasio screen-to-body mencapai 91.1%. Layarnya juga dilapisi Corning Gorilla Glass 5 yang mampu menahan goresan.

Layar penuh dengan pop-up camera membuat kami sangat nyaman ketika bermain game. Disamping itu, layar ini sangat responsif ketika gaming.

Tampilan visual yang disuguhkan layar ini cukup memuaskan ketika bermain game ataupun menonton video. Dukungan 16 juta warna mampu memanjakan mata saat menatap layar.

Untuk melindungi mata saat menatap layar terlalu lama, disertakan fitur Night Shield yang bisa diaktifkan melalui notification tray. Kamu juga bisa mengaktifkan mode auto brightness pada layar melalui notification tray atau menu setting agar mata tidak cepat lelah. Selain itu, kamu juga bisa mengatur tingkat kecerahan layar secara manual di notification tray atau menu setting.

Software dan Fitur

Reno 2F berjalan dengan sistem operasi Operasi Android 9 Pie berbalut ColorOS 6.1. ColorOS 6.1 versi terbaru menyajikan tampilan visual baru seperti tema wallpaper yang senada dengan desain eksterior ponsel. Berbeda dengan tampilan interface sebelumnya yang mengusung desain color block, ColorOS 6.1 diberi sentuhan gradasi warna yang ringan.

ColorOS 6.1 versi baru ini mengusung tampilan yang cukup simpel sehingga mudah digunakan. Tampilan antarmuka ini juga menampilkan sejumlah gestur terbaru untuk membantu navigasi. Terutama pengoperasian ponsel menjadi lebih nyaman saat dilakukan dengan satu tangan.

Notification tray ditempatkan di atas home screen ponsel sehingga lebih mudah digunakan. Di menu notification tray, kamu bisa mendapatkan notifikasi pesan baru dan mengatur beberapa aplikasi melalui menu app shortcut. Kamu dapat mengatur brightness, Wi-Fi, OPPO Share, Bluetooth, data selular, flash light, Night Shield, location dan lainnya pada shortcut app di notification tray.

Aplikasi wajib Google seperti Google, Chrome, Gmail, YouTube, Maps, Drive dan lainnya sudah pasti bercokol di ponsel ini. Aplikasi bawaan lainnya juga hadir di ponsel ini. Misalnya Game Center, Music Party, Babe, Opera, Facebook, J&T Express, WPS Office, Facebook, Lazada dan banyak lagi.

Fitur baru seperti Touch Boost 2.0, Frame Boost 2.0, Dolby Atmos, VOOC Flash Charge 3.0 dan sejumlah inovasi teknologi pada kamera hadir di ponsel ini. Fitur Touch Boost 2.0 dan Frame Boost 2.0 mampu menstabilkan jaringan dan meningkatkan performa ponsel ketika gaming. Dolby Atmos membuat kualitas suara yang dihasilkan Reno2F lebih optimal.

Soal keamanan, Reno2F didukung sensor fingerprint di dalam layar, face unlock dan kid space. Baik fingerprint maupun face unlock mampu membuka kunci ponsel dengan cepat. Hanya di bawah 1 detik.

Melalui fitur kid space, para orang tua dapat membatasi penggunaan aplikasi untuk anak. Kamu juga bisa menambahkan aplikasi yang cocok untuk anak kamu di Kid Space melalui menu setting.

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah Smart Assistant yang selalu hadir di ponsel OPPO, termasuk Reno2F. Di Smart Assistant, Kamu dapat mengukur langkah, mengetahui kondisi cuaca, aplikasi yang sering digunakan dan lainnya.

Urusan konektivitas, Reno2F dilengkapi jaringan 4G, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, port USB Type-C yang support USB On-The-Go serta dual slot SIM Card dan sebuah slot microSD. Terdapat pula sensor lain seperti sensor accelerometer, gyro, proximity dan compass. Tak kalah penting, disertakan fitur OPPO Share yang memungkinkan kamu berbagi file ke sesama ponsel OPPO melalui koneksi bluetooth.

Hardware dan Performa

Performanya diperkuat chipset MediaTek P70 dengan prosesor Octa-core dan GPU Mali-G72 MP3. Penyimpanannya ditunjang RAM 8 GB dan memori internal 128 GB serta slot microSD yang bisa diperluas hingga 256 GB.

Memaksimalkan performanya, Reno2F didukung fitur gaming terbaru seperti Touch Boost 2.0, Frame Boost 2.0 dan Game Space. Fitur Touch Boost 2.0 membantu pengguna menghindari kesulitan saat menjalankan game yang membutuhkan spesifikasi tinggi.

Sementara Frame Boost 2.0 mampu mengoptimalkan koneksi jaringan seluler terutama saat bermain game online. Selain itu, fitur Frame Boost 2.0 ini bisa menyesuaikan kecepatan dan stabilitas gambar untuk memberikan pengalaman gaming terbaik. Fitur Touch Boost 2.0 dan Frame Boost 2.0 ini sudah langsung terintegrasi dengan sistem OPPO Reno2F dan bekerja secara otomatis saat bermain game dan kegiatan berat lainnya.

Tak hanya itu, fitur Game Space yang sudah melekat dengan ponsel OPPO, kembali hadir di Reno2F. Berbeda dengan Game Space pada ponsel OPPO sebelumnya, kemampuan Game Space pada Reno2F sudah mendapatkan sejumlah pembaruan.

Di Game Space ini, kamu bisa menambahkan game dan aplikasi lainnya untuk ditingkatkan performanya. Caranya cukup mudah. Cukup tap ikon + pada menu Game Space, lalu pilih aplikasi yang kamu ingin masukan di Game Space.

Guna membuktikan performa dari OPPO Reno2F, Redaksi Techdaily melakukan sejumlah tes seperti tes benchmark, bermain game dan tes audio. Untuk uji benchmark, kami menggunakan aplikasi AnTuTu, PC Mark, 3D Mark dan Geekbench. Semua tes bechmark sanggup dijalankan OPPO Reno2F dengan lancar dan tanpa lag.

Di AnTuTu, OPPO Reno2F berhasil meraih skor 146697 dan menduduki peringkat ke 48. Begitupun tes 3D Mark yang berjalan mulus di ponsel ini dengan 21794 poin.

Selanjutnya, OPPO Reno2F menorehkan skor 7797 dalam tes work 2.0 performance di PC Mark. Tes benchmark terakhir menggunakan Geekbench juga disikat oleh Reno2F dengan skor 304 untuk Single-Core dan 1433 untuk Multi-Core.

Game yang kami uji pada OPPO Reno2F kali ini hampir semuanya memiliki grafis yang cukup tinggi seperti Call of Duty (CoD) Mobile, PUBG Mobile, AoV, DC Legends dan LifeAfter. Kelima game tersebut dilahap habis oleh Reno2F dengan settingan tinggi.

Game CoD berjalan mulus di Reno2F dengan settingan grafis high dan frame rate high. Begitupun dengan game PUBG Mobile yang bisa berjalan lancar dengan settingan grafis HD dan frame rate high.

Settingan tertinggi movie graphics dengan setting serba ultra pada game LifeAfter dilibas habis tanpa lag oleh Reno2F. Selanjutnya settingan HD Display Ultra dan Display Quality HD pada AoV juga berjalan lancar pada ponsel ini.

Meskipun tidak ada settingan grafis, game DC Legends juga sanggup menutup kegiatan gaming kami dengan mulus. Ketika dipakai gaming secara terus-menerus, suhu ponsel tetap stabil dan tidak terasa panas.

Selanjutnya kami menguji audio ponsel ini dengan mendengarkan musik dan menonton video ataupun film. Ketika kami mendengarkan musik atau menonton video di Reno2F menggunakan loudspeaker, suara yang dihasilkan cukup jernih dan bulat. Ini juga berkat dukungan teknologi Dolby Atmos dan Hi-Res Audio.

Sama halnya dengan mendengarkan musik atau menonton video dengan earphone bawaan OPPO Reno2F, suara yang dihasilkan tentunya lebih kencang. Dentuman bas juga lebih terasa saat mendengarkan musik menggunakan earphone bawaan Reno2F.

Daya tahan

Daya tahan OPPO Reno2F

Baterai berkapasitas 4000mAh didukung fitur pengisian daya cepat VOOC Flash Charge 3.0 dibenamkan di tubuh ponsel ini. Melalui VOOC Flash Charge 3.0, Reno2F mampu mengisi ponsel sangat cepat hanya memakan waktu 30 menit dari kondisi dibawah 20% hingga 51%. Ketika di-charge dari kondisi dibawah 20%, membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Daya tahan baterai Reno2F cukup awet. Dalam keadaan standby, ponsel ini mampu bertahan sekitar 2 hari atau sekitar 48 jam. Untuk penggunaan standar seperti browsing internet, jejaring sosial, email, telepon, foto dan sebagainya, Reno2F bisa digunakan selama seharian penuh atau 24 jam.

Ketika gaming secara terus-menerus, ponsel ini sanggup bertahan hingga 8 jam. Menonton video non-stop pun dapat dilakukan selama 13 jam melalui OPPO Reno2F.

Redaksi Techdaily juga menguji performa baterai OPPO Reno2F menggunakan aplikasi PC Mark dan Battery Doctor. Setelah menjalani tes PC Mark Work 2.0 Battery Life, Reno2F bisa bertahan hingga 9 jam 43 menit dari kondisi 100% hingga 0%.

Selanjutnya aplikasi indikator baterai Doctor Battery menunjukan bahwa dalam kondisi 100%, Reno2F bisa digunakan selama 24 jam 19 menit. Masih mengacu pada Doctor Battery, dalam keadaan 43%, Reno2F bisa bertahan hingga 9 jam 27 menit.

Kesimpulan

Dari segi desain, OPPO Reno2F masih mengadopsi desain pendahulunya yakni Reno dengan struktur O-Dot dan kamera belakang yang tersemat di dalam body ponsel. Dibalut Corning Gorilla Glass 5 pada body belakang dan layar, membuat ponsel ini terlihat kokoh.

Desain pop-up selfie camera nya pun masih mengadopsi F11 Pro. Namun desain Rising Camera pada Reno2F terkesan unik berkat LED berwarna warni.

Melalui serangkaian inovasi teknologi dan fitur terbaru, kamera belakang dan selfie mampu menyajikan kualitas foto dan video terbaik.

Layarnya cukup nyaman digunakan untuk bermain game, menonton video dan kegiatan lainnya. Tampilan interface ColorOS 6.1 juga cukup simpel dan mudah digunakan.

Performanya cukup optimal ketika bermain game dan tes benchmark. Suara yang dihasilkan cukup jernih ketika mendengarkan musik, menonton video dan bermain game berkat dukungan Dolby Atmos.

Daya tahan baterainya cukup awet dan proses isi dayanya cukup cepat. Sensor face unlock dan fingerprint bekerja cukup cepat dalam membuka kunci ponsel dan memberikan keamanan maksimal. Dengan harga Rp. 5.399.000, OPPO Reno2F memberikan paket lengkap bagi pengguna smartphone.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi