Smartphone
Trending

Review OPPO Reno5, Komplit Banget Fiturnya!

Techdaily.idAwal tahun ini, OPPO Indonesia menghadirkan satu seri smartphone yang cukup ditunggu yakni OPPO Reno5. Tim Techdaily yang berkesempatan melakukan review OPPO Reno5 ini pun cukup dibuat kaget dengan berbagai kelebihan ponsel ini di setiap aspek. 

BACA JUGA
OPPO Find X3 Series Dipastikan Hadir di 2021

Mulai dari segi desain, kamera, performa hingga sistem pengisian daya cepat yang cukup mumpuni pun hadir di ponsel ini. Nah, buat kamu yang hendak membeli smartphone ini, mungkin artikel mengenai Review OPPO Reno5 yang kami sajikan ini bisa menjadi bahan pertimbangan. 

Desain

Review OPPO Reno5 kita mulai dari segi desain. Smartphone ini hadir dengan desain yang cukup sedap dipandang mata. OPPO Reno5 hadir dengan dua pilihan warna yakni Starry Black dan Fantasy Silver. Dua pilihan warna ini bisa menjadi alternatif yang pas, untuk kamu yang cenderung lebih suka warna agak “kalem” tentu Starry Black bisa menjadi pilihan. Akan tetapi jika kamu lebih menyukai warna kekinian yang dinamis, maka kami menyarankan untuk memilih Fantasy Silver.

Menggunakan proses Diamond Spectrum sebagai dasarnya, desain smartphone ini menghadirkan kilauan warna cerah yang sangat menyegarkan mata. OPPO Reno5 Fantasy Silver memberikan sentuhan akhir pada ponsel dengan efek Reno Glow yang telah disempurnakan. Dengan ukiran laser yang disempurnakan, Reno Glow menciptakan efek visual berkilau dengan sentuhan gradasi yang lebih halus pada penutup belakang perangkat, membawa kilauan warna selalu berubah secara dinamis, dan lebih berwarna jika dibandingkan dengan Reno4.

Selain itu, ponsel ini juga cukup nyaman digenggam lantaran punya ketipisan dan bobot yang tergolong ringan. OPPO Reno5 hadir dengan tingkat ketebalan tidak lebih dari 7.8mm dan berat hanya 171 gram.

Pada bagian belakang, kamu akan menemukan 4 lensa kamera yang tersusun rapi di pojok kiri atas dengan logo OPPO di sudut kanan bawah. Sementara di sisi kiri dan kanannya, terdapat tombol volume, tray SIM Card, serta tombol power. Sedangkan untuk port audio, speaker serta port USB Type C terdapat di bagian bawah. 

Layar

Beralih ke bagian layar, OPPO Reno5 menggunakan layar dengan konsep Single Punch Hole dan memiliki ukuran 6.4 inci. Smartphone ini hadir dengan panel Amoled yang memiliki resolusi Full HD+. 

Meski memiliki ukuran layar yang tergolong besar, namun smartphone ini tetap nyaman di genggaman. Hal tersebut berkat Screen to Body ratio yang mencapai 91.7% dengan rasio layar 20:9 yang menjadikan tampilan layar ponsel ini tetap luas namun tidak menjadikan body nya terlampau lebar.

Hebatnya lagi, OPPO Reno5 juga memiliki refresh rate layar yang mencapai 90Hz yang akan membuat penggunanya merasa nyaman ketika bermain game  mainstream seperti PUBG. Soal perlindungan, layar smartphone ini dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5 dan SGS Eye Care Display bermanfaat untuk meminimalisir tingkat kelelahan mata ketika menatap layar smartphone dalam waktu lama. Selain itu, terdapat pula sensor pemindai sidik jari 3.0 yang terselip di dalam layar dari smartphone ini.

Kamera

Foto-foto di atas merupakan contoh foto dari smartphone ini. OPPO Reno5 hadir dengan 4 kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 64MP, 8MP, 2MP dan 2MP. Sedangkan untuk kamera depannya smartphone ini mengusung konsep single punch hole camera dengan resolusi 44MP. 

Untuk fitur fotografi nya sendiri, OPPO tetap mempertahankan beberapa fitur unggulan di Reno Series sebelumnya seperti AI Color Portrait, Nigh Flare Portrait dan Ultra Dark Mode. Sedangkan untuk fitur videonya sendiri, smartphone ini dtopang oleh fitur AI Highlight Video, AI Mix Portrait dan Dual-view Video. 

Khusus untuk fitur video, kami sudah kupas tuntas pada pembahasan yang satu ini.  

Performa

Review OPPO Reno5 masuk ke bagian performa. Smartphone ini ditopang oleh chipset Snapdragon 720G yang cukup kencang dikelasnya. Chipset ini sendiri hadir dengan fabrikasi 8nm yang cukup efisien dan gahar tentunya. 

Chipset ini memiliki delapan inti otak dengan clock speed hingga 2.3 Ghz. Pada OPPO Reno5, Snapdragon 720G ini dipasangkan dengan RAM sebesar 8GB dan penyimpanan internal yang mencapai 128GB. Tentunya, media penyimpanan smartphone ini masih bisa diperluas lagi hingga 256GB. 

Untuk menguji performanya, kami menggunakan aplikasi PC Mark, Geekbench 4 dan tentu saja memainkan game populer yakni PUBG Mobile dan berikut hasilnya. 

Pada aplikasi PC Mark, smartphone ini berhasil mendapatkan skor 8251 untuk Work 2.0 Performance. Sedangkan pada Geekbench 4, smartphone ini berhasil mendapatkan skor 2659 untuk Single Core dan 6818 untuk multicore nya. Sementara untuk RenderScript Performance pada Geekbench, smartphone ini berhasil memperoleh skor 5207. 

Pada saat pengujian dengan bermain game PUBG, OPPO Reno5 berhasil menyuguhkan settingan grafis HD dan Frame Rate High. Sepanjang permainan, smartphone ini juga tetap menjaga suhu dan tidak terasa panas. Kami juga tifak merasakan adanya lag sedikitpun ketika memainkan game ini. 

Fitur & OS

OPPO Reno5 sudah menggunakan ColorOS 11.1 yang sudah berjalan di sistem operasi Android 11. Terdapat beberapa fitur unggulan pada ColorOS terbaru ini seperti Three Finger Translate, Flex Drop, Always On Display, Gaming Shortcut Mode dan masih banyak lainnya yang akan kita ulas pada pembahasan lainnya. 

Dari sisi hardware, terdapat fitur unggulan lain pada ponsel ini. Yap, OPPO Reno5 hadir dengan dukungan NFC untuk mempermudah proses pertukaran data maupun proses pembayaran. 

Baterai & Daya Tahan

review OPPO reno5

Review OPPO Reno5 masuk ke bagian Baterai. Smartphone ini ditenagai oleh baterai berkapasitas 4310 mAh. Memang bukan kapasitas baterai terbesar yang ada di pasaran saat ini, namun OPPO Reno5 dipercaya mampu menemani aktivitas kamu hingga seharian penuh. Hal tersebut dikarenakan chipset Snapdragon 720G yang cukup efisien serta fitur hemat daya pada ColorOS 11.1 yang juga jempolan. 

Namun, jika kedua teknologi tadi tetap kurang cukup buat kamu, OPPO juga menghadirkan sistem pengisian daya 50W Flash Charge. 

50W Flash Charge memiliki daya puncak 66,6% lebih tinggi dari OPPO Reno4 (30W) sebelumnya, menghadirkan pengalaman pengisian daya yang lebih cepat ke OPPO Reno5. Kini OPPO Reno5 hadir dengan adaptor SuperVOOC di dalam kotak. 

50W Flash Charge memiliki 5 tingkatan perlindungan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan saat melakukan pengisian daya yang terletak pada adapter, kabel dan juga perangkat. 

Dengan 50W Flash Charge, OPPO Reno5 dapat memperoleh waktu selama 3 jam untuk memainkan video hanya dengan 5 menit pengisian daya, 31 menit pengisian akan menghasilkan 80% tingkat kepenuhan baterai dan akan penuh 100% dalam waktu 48 menit.

Untuk menguji daya tahan baterainya nya, kami menggunakan PC Mark untuk “menyiksa” baterai dari smartphone ini. Hasilnya, baterai OPPO Reno5 mampu bertahan hingga 13 jam 29 menit tanpa menggunakan fitur hemat daya dari ColorOS 11.1. 

BACA JUGA
Moto G 5G Plus Dilewati Geekbench Sehari Sebelum Pengumuman Resminya

Kesimpulan

review OPPO Reno5

Review OPPO Reno5 masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami smartphone ini sangat cocok kamu miliki sebagai Daily Driver. Pasalnya, ponsel ini tergolong cukup komplit di semua area. 

Meski seri Reno memang mengedepankan kamera, namun dari segi desain, performa dan daya tahan baterainya pun terbilang bagus. Apalagi, hadirnya fitur NFC pada ponsel ini akan mempermudah kamu mengisi ulang uang elektronik dan melakukan transaksi pembayaran lainnya. 

OPPO Reno5 dapat dipesan di Indonesia secara daring ekslusif pada situs e-dagang Shopee dan secara luring pada jaringan toko OPPO Store di seluruh Indonesia mulai 13 hingga 21 Januari 2021. Secara khusus, OPPO juga menggelar flash sale melalui Shopee pada hari ini, 12 Januari 2021 pada pukul 21.00 WIB hingga 23.59 WIB dan konsumen akan mendapatkan tambahan berupa Limited 3-in-1 Giftbox. 

OPPO Reno5 akan tersedia dalam dua pilihan warna: Fantasy Silver dan Starry Black. Kedua varian warna OPPO Reno5 tersebut dijual dengan harga resmi Rp4.999.000. Perangkat ini akan dijual perdana pada 22 Januari 2021 dengan berbagai tambahan program menarik lainnya.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close