Tuesday, July 27, 2021
BerandaReviewSmartphoneReview OPPO Reno6, Kameranya Gokil !

Review OPPO Reno6, Kameranya Gokil !

Techdaily.id – OPPO kembali menghadirkan perangkat Reno terbaru yakni OPPO Reno6. Suksesor dari Reno5 ini hadir dengan konsep desain serta fitur kamera yang cukup kaya. Sebelum perangkat ini resmi dijual dipasaran, tim redaksi Techdaily berkesempatan untuk melakukan review OPPO Reno6.

BACA JUGA
Reno Glow, Otak Dibalik Desain OPPO Reno6

Smartphone ini hadir dengan desain matte yang cukup anggun. Berbeda dengan seri Reno5, kali ini di Reno6 ke semua pilihan warna yang tersedia menggunakan konsep matte. Penasaran apalagi kelebihannya? Yuk simak pembahasan lengkap review OPPO Reno6 berikut ini.

Desain & Layar

review OPPO Reno6

Review OPPO Reno6 yang pertama kami mulai dari segi desain & layar. Seperti yang sempat disinggung di atas, ponsel ini mengusung konsep matte dan hadir dengan dua pilihan warna yakni Aurora dan Stellar Black. Meski mengusung konsep matte, kedua warna ini tetap menampilkan gradasi selayaknya ponsel dengan konsep glossy. Hal ini berkat hadirnya teknologi Reno Glow pada proses finishing ponsel ini.

Perangkat ini memiliki ketebalan hanya 7.8mm dan juga berat hanya 173 gram. Kombinasi keduanya menghasilkan perangkat yang tipis sekaligus nyaman digenggam dengan satu tangan.

Pada bagian bawah, terdapat lubang mic, lubang speaker, port audio 3.5 mm dan port USB Type C. Sedangkan pada bagian kiri dan kanannya terdapat berbagai tombol pada ponsel ini yakni tombol volume up & down, slot micro SIM Card dan tentu saja tombol power. Sedangkan untuk sensor pemindai sidik jari berada di dalam layar.

review OPPO Reno6

Layarnya sendiri berjenis Amoled dengan ukuran 6.4 inci dan memiliki resolusi Full HD+ dengan konsep punch hole. Layar ini memiliki refresh rate 90 Hz dengan touch samping hingga 180 Hz, yang tentu saja akan meningkatkan pengalaman bermain game para pengguna.

Menurut kami, desain OPPO Reno6 jauh lebih baik ketimbang seri Reno sebelum-sebelumnya khususnya untuk pilihan warna Stellar Black.

Kamera

review OPPO Reno6

Beralih ke bagian kamera, ponsel ini ditopang oleh empat kamera belakang dengan masing-masing memiliki resolusi 64MP sebagai kamera utama, 8MP, 2MP dan 2MP. Sementara kamera depannya mengusung resolusi 44MP.

Terdapat banyak fitur foto dan video pada kamera ponsel ini, mulai dari Dual View Video, AI Mix Portrait hingga fitur super slow-mo yang cukup canggih. Akan tetapi, terdapat satu fitur yang menurut kami patut jadi perhatian. Adalah fitur Bokeh Flare Portrait yang memberikan kemampuan bokeh layaknya menggunakan lensa fix dengan diafragma besar. Fitur ini juga bisa diaplikasikan pada video dan membuatmu mampu dengan mudah menciptakan video sinematik. Gak percaya? Tunggu ulasan khusus kami mengenai hasil video OPPO Reno6.

Menurut kami, sektor kamera menjadi ‘kekuatan’ terbesar dari ponsel ini. Selain mampu menghasilkan kualitas foto yang baik, ponsel ini pun mampu menghasilkan konten video yang ciamik.

Dapur pacu & Performa

 

Gaming Test OPPO Reno6

OPPO Reno6 hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 720G dan ditopang oleh RAM sebesar 8GB dengan penyimpanan internal sebesar 128GB. Buat kamu yang merasa kurang dengan kapasitas RAM ponsel ini. Kamu bisa menambahkannya melalui fitur RAM Expansion hingga 5GB yang mengartikan ponsel ini bakal memiliki RAM sebesar 13GB. Dengan dukungan RAM sebesar ini, tentu saja proses multitasking tidak akan terganggu dan akan sangat memudahkan kamu dalam menjalani kegiatan WFH menggunakan smartphone.

Untuk menguji performanya, kami menggunakan aplikasi PCMark dan bermain game PUBG. Pada pengujian menggunakan PCMark, ponsel ini berhasil memperoleh skor yang cukup besar yakni 8564. Sedangkan saat digunakan untuk bermain PUBG, OPPO Reno6 berhasil menyuguhkan settingan grafis HD dan frame rate High. Sepanjang permainan juga kami tidak merasakan adanya lag maupun frame drop.

Menurut kami, dari segi performa OPPO Reno6 cukup kuat untuk kategori smartphone di kelas Mid Range.

OS & Fitur Unggulan

Review OPPO Reno6

OPPO Reno6 hadir dengan OS Android 11 dan didukung oleh ColorOS 11.1 yang cukup smooth dan kaya akan fitur.

Salah satu fitur unggulan yang menurut kami cukup diperhitungkan adalah fitur Quick Startup. Fitur yang dihadirkan untuk para gamers ini secara cerdas akan mengidentifikasi game favorit yang paling sering dimainkan dan membuatnya tetap aktif pada latar belakang. Sehingga apabila kita Kembali memilih game tersebut, secara otomatis Reno6 akan membuat jalan pintas untuk langsung berada pada halaman beranda game dalam satu kali klik.

Baterai

harga oppo reno6

OPPO Reno6 memiliki baterai sebesar 4300mAh dengan sistem pengisian daya cepat 50W. Ponsel ini bisa mengisi ulang daya dari nol hingga penuh hanya dalam kurun waktu 45 menit saja sehingga kamu tidak perlu menunggu lama ponsel ini ketika mengisi ulang daya.

Baterai dari Reno6 sendiri ditopang oleh teknologi Super Power Saving Mode yang sangat membantu pengguna dalam menghemat baterai ponsel ini. Fitur tersebut akan otomatis aktif ketika baterai ponsel sudah menunjukan angka 20 persen kebawah. Fitur ini juga yang cukup menyulitkan kami dalam menguji Reno6 menggunakan Battery Test dari PCMark lantaran aplikasi ini selalu berhenti jika fitur Super Power Saving Mode aktif.

Untuk menguji performa dari baterai ini. Kami menggunakan alat uji PCMark. Seperti yang disinggung di atas, kami sempat kesulitan menguji baterai ponsel ini, namun setelah beberapa kali melewati pengujian akhirnya kami mendapatkan hasil yang diluar dugaan. Baterai dari OPPO Reno6 ternyata mampu bertahan hingga 10 jam 34 menit dan masih menyisakan sekitar 17 persen setelah pengujian.

Ini membuktikan kalau OPPO Reno6 bisa menemani aktivitas kamu selama seharian penuh, apalagi jika kamu aktifkan mode hemat daya di ColorOS 11.1.

Kesimpulan

Untuk ponsel di kelas Mid Range, menurut kami ponsel ini cukup lengkap dan memiliki semua aspek yang dibutuhkan oleh pengguna seperti desain yang bagus, kamera yang punya segudang fitur unggulan hingga performa yang cukup kuat.

REVIEW OVERVIEW

Review OPPO Reno6
Desain
Kamera
Performa
Baterai

SUMMARY

Kesimpulan dari Review OPPO Reno6 ini menurut kami untuk ponsel di kelas Mid Range, ponsel ini cukup lengkap dan memiliki semua aspek yang dibutuhkan oleh pengguna seperti desain yang bagus, kamera yang punya segudang fitur unggulan hingga performa yang cukup kuat.
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi