Saturday, May 21, 2022
BerandaReviewReview OPPO Reno7 5G, Smartphone Dengan Kemampuan Komplit yang Serba Bisa!

Review OPPO Reno7 5G, Smartphone Dengan Kemampuan Komplit yang Serba Bisa!

Techdaily.id – OPPO Reno7 5G merupakan smartphone terbaru OPPO yang diluncurkan pada awal Maret lalu. Tim Redaksi Techdaily sendiri berkesempatan untuk melakukan review OPPO Reno7 5G yang punya spesifikasi mentereng ini.

BACA JUGA
Ini Daftar Promo di Penjualan Perdana OPPO A95

Reno7 5G bisa dibilang merupakan salah satu smartphone dengan paket lengkap yang hadir di awal 2022, kenapa demikian?  Jika kita bedah secara singkat, perangkat ini memiliki desain sangat ciamik, kamera berkualitas, hingga dapur pacu yang mumpuni.

Nah, sebelum kamu membeli perangkat ini, tidak ada salahnya jika membaca ulasan kami berikut yang bisa menjadi bahan rujukan bagi kamu para O Fans. 

Review OPPO Reno7 5G

Desain dan layar mantap!
Ketika perangkat tersebut datang, dan kami genggam, kesan pertama yang kami dapatkan adalah perangkat ini ringan dan cukup nyaman ada di genggaman. Hal ini sejatinya tidak mengherankan, pasalnya Reno7 5G hanya berbobot sekitar 173 gram saja.

Di samping itu, perangkat andal ini terasa begitu ramping mungkin karena tangan penulis cukup besar? Tapi rasanya enggak juga, karena memang smartphone OPPO Reno7 5G itu ramping ketebalannya itu cuma 7.81 mm.

Dan secara tampilan fisik, perangkat yang memiliki tinggi sekitar 160,6 mm dan lebar 73,2 mm ini diperkuat dengan desain ujung perangkat yang melengkung, alhasil juga turut berkontribusi pada kenyamanan Reno7 5G saat digenggam.

Berbicara soal tampilan fisik, bahan plastik yang membalut perangkat ini tak dipungkiri juga turut mengurangi bobot dari Reno7 5G, namun kesan kokoh tetap terasa. Dan yang menarik permukaan bagian belakang perangkat ini memiliki tekstur yang khas, dan tidak licin.

Beralih ke desain, Reno7 5G yang mampir ke tangan penulis berwarna biru bercahaya, gradasi warna biru dan merah mengkilap meninggalkan kesan begitu menawan, dan warna ini cukup mencolok jika dipakai di luar ruangan.

Soal desain ini juga tidak sembarangan, warna Reno7 5G yang mengesankan itu diperoleh melalui teknologi Laser Direct Imaging (LDI), sebuah proses yang sebenarnya biasa digunakan pada proses fabrikasi semikonduktor yang membutuhkan tingkat presisi tinggi, kini diterapkan pertama kalinya di industri pada eksterior sebuah perangkat smartphone.

Lalu jika kita lihat soal penempatan tombol, tidak berbeda jauh dari seri OPPO Reno series sebelumnya, pada sisi kanan terdapat tombol power, lalu pada sisi kiri hanya terdapat dua tombol yakini volume, dan sebuah slot Sim Card dan MicroSD.

Di bagian bawahnya terdapat sebuah lubang speaker, dan lubang jack audio 3,5 mm untuk koneksi earphone dan slot type-C untuk pengisian daya perangkat. 

Untuk kualitas layarnya sendiri, Reno7 5G memiliki ukuran layar AMOLED FHD+ 6,4 inci, dengan maksimum refresh rate 90 Hz, dan dapat dipilih antara 90 Hz atau 60 Hz.

Dibawah sinar matahari, sepengalaman penulis layar Reno7 5G masih terbilang jelas terlihat, dan terbilang kuat karena sudah terlindungi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Selain itu, ketika diajak menonton konton video atau film, warna yang dihasilkan tajam, dan terbilang sangat nyaman di mata. Terlebih ponsel pintar ini mengusung model punch-hole membuat Reno7 5G terasa begitu luas dipandang.  Tepi layarnya pun juga tergolong tipis meski pada bagian bawah agak sedikit lebih tebal.

Kamera super tajam

Soal kamera merupakan salah satu daya tarik yang bisa dibilang sulit untuk kita tawar pada seri Reno7 5G. Pasalnya sektor kamera di Reno7 5G sangat kuat, pada formasi kamera utama terdapat tiga kamera, yang dua diantaranya mata lensanya terlihat begitu ‘melotot’ dengan ring berkilau yang melingkarinya.

Pada kamera utama, terdiri dari lensa utama 64MP f/1.7, lensa wide angle 8MP f/2.2, lensa makro 2MP f/2/4 serta lampu LED flash kecil. 

Sementara untuk kamera selfie, OPPO membekalinya dengan lensa kamera setajam 32MP, mengumpat di lubang kecil layar depan.  Di sektor kamera, OPPO membenamkan berbagai peningkatan kualitas yang terbilang mumpuni. 

Smartphone ini juga didukung oleh sensor hasil pengembangan antara OPPO dan Sony yakni Sony IMX709. Kmau bisa menyimak artikel kami lainnya untuk mengetahui lebih banyak tentang sensor ini.

Kamera Reno7 5G dilengkapi mode Portrait yang dapat mensimulasikan 25 tingkatan diafragma dengan menghasilkan foto seperti dari kamera DSLR. 

Lalu Reno7 5G juga membawa keunggulan kamera yang juga telah diperbaharui, salah satunya pada sisi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang telah ditingkatkan. 

Selain itu perangkat Reno7 5G ini mendukung fitur Bokeh Flare Portrait yang dapat menghasilkan foto luar biasa pada sebuah perangkat smartphone.

Melalui fitur itu, tingkat efek bokeh tercipta begitu maksimal layaknya menggunakan lensa dengan bukaan lebar professional.

Secara keseluruhan, ada banyak mode pemotretan yang dibekali untuk OPPO Reno7 5G. Yakini Kamera belakang: Foto, Video, Malam, Expert, Panorama, Potret, Selang waktu, Gerakan lambat, Pemindai teks, Dual-view video, Stiker, Ekstra HD, Makro, dan Soloop

Kamera depan: Foto, Video, Panorama, Expert, Malam, Selang waktu, Dual-view video, Stiker, dan Gerakan lambat

Untuk kamu yang penasaran bagaimana dengan hasil kamera OPPO Reno7 5G, berikut ada beberapa hasil fotonya:

Performa gahar

Bicara soal spesifikasi, Reno7 5G dipersenjatai dengan chipset MediaTek Dimensity 900 5G. Lalu perangkat ini mengemas RAM 8GB yang dapat diperluas hingga 5GB, serta memori internal 256GB  yang dapat diperluas dengan kartu MicroSD hingga 1TB. 

Tentu daya tarik dari sektor dapur pacu selian chipset, ialah fitur RAM Expansion. Dengan kemampuan ini memungkinkan RAM meminjam sistem memori internal hingga 5 GB. Sehingga total RAM yang “dimodifikasi” bisa mencapai 13 GB.

Untuk software, ponsel ini sudah menjalankan sistem operasi Android 11 dan dilapisi antarmuka ColorOS 12. Lantas, seberapa kencang kinerja Reno7 5G? Untuk mengetahui jawabannya, Techdaily melakukan pengukuran mandiri untuk melihat performaa perangkat andalan terbaru OPPO itu dengan menggunakan software PCMark dan AnTuTu Benchmark.

Untuk  hasilnya Reno7 5G berhasil meraih skor 7789 poin pada Work 3.0 Performance PCMark. Sedangkan pada AnTuTu Benchmark, Reno7 5G berhasil meraih skor 393.392 poin.  Adapun nilai benchmark tertinggi disumbang oleh kemampuan pengolah grafis (GPU) dengan skor 123.443 poin.

Dari performa yang gahar tersebut, untuk gaming perangkat ini juga terbilang andal di kelasnya. Terlebih OPPO juga turut membenamkan serangkaian fitur guna menunjang Anda semakin nyaman bermain game.

Fitur unggulannya tersebut yang paling menarik bagi penulis ialah mode performa, yang dapat Anda sesuaikan secara instan pada fitur yang muncul secara otomatis di bagian samping, jadi tinggal Anda slide saja.

Di fitur tersebut, ada tiga pilihan. Pertama ada mode game yang bertujuan untuk peningkatan performa, lalu ada mode seimbang, dimana performa dan konsumsi daya diseimbangkan, dan terakhir mode rendah daya, ini penting bagi yang ingin gaming lebih lama pada Reno7 5G.

Lalu yang juga tidak kalah penting ialah ada pengelolaan pesan masuk Ketika Anda sedang bermain game, tak dipungkiri notifikasi pesan memang sangat mengganggu jalanya pertandingan. Atau jika kamu sama sekali tidak ingin diganggu, bisa langsung operasikan fitur game focus mode, yang mampu meredam seluruh notifikasi yang ada dalam ponsel secara instan.   

Baterai tahan lama

Nah, sektor dapur daya merupakan salah satu bagian terpenting  dalam menopang seluruh performa yang dimiliki Reno7 5G.  Smartphone ini menggunakan baterai berkapasitas 4.500mAh yang mendukung 65W SuperVOOC. 

Dengan kemampuan itu, OPPO mengklaim smartphone ini bisa terisi penuh dalam waktu 31 menit, dan hanya butuh 5 menit pengisian untuk menikmati 2 jam bermain game.

Tak sampai disitu, di sektor daya juga kembali diperkuat dengan fitur penghematan daya yang super cerdas, yakini Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby, sehingga membuat Reno7 5G bisa hadir begitu maksimal dan aktif sepanjang hari tanpa henti.

Kami menguji daya tahan baterai smartphone ini menggunakan aplikasi PCMark, akan tetapi aplikasi gagal dijalankan pada smartphone ini. Akhirnya kami menjajal ponsel ini secar manual. Kami menggunakan smartphone ini untuk bermain game dan menonton video, hasilnya smartphone ini masih bisa bertahan hingga sekitar 8 jam pemakaian. Setelah itu, mode Power Saving Mode mulai bekerja, atau tepatnya setelah baterai mencapai 20%.

Kesimpulan

Review OPPO Reno7 5G masuk ke bagian kesimpulan. Smartphone ini merupakan perangkat ideal untuk digunakan di keseharian, khususnya bagi kamu yang memang gemar hanya mengandalkan satu smartphone, untuk semua kegiatan.

Pasalnya, Reno7 5G adalah smartphone dengan kemampuan yang terbilang komplit, dari sektor performa perangkat ini terbukti mumpuni dan sudah mendukung 5G pula.

Dari sisi desain pun perangkat ini terbilang manis, dengan ciri khas warna yang menawan, lalu kamera juga demikian super tajam membuat momen Anda bakal terabadikan dengan baik dan benar!

Bagi yang tertarik, Untuk harga OPPO Reno7 5G dibandrol sekitar Rp7.499.000.

REVIEW OVERVIEW

Desain & Layar
Kamera
Performa
Baterai

SUMMARY

Review OPPO Reno7 5G masuk ke bagian kesimpulan. Smartphone ini merupakan perangkat ideal untuk digunakan di keseharian, khususnya bagi kamu yang memang gemar hanya mengandalkan satu smartphone, untuk semua kegiatan.
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi