Thursday, May 19, 2022
BerandaReviewReview OPPO Reno7 Z 5G: Desain Klasik, Performa Ciamik

Review OPPO Reno7 Z 5G: Desain Klasik, Performa Ciamik

Techdaily.id – OPPO meluncurkan smartphone Reno terbaru mereka yakni OPPO Reno7 Z 5G. Smartphone ini bisa dibilang menjadi Reno 7 Series yang kami tunggu-tunggu. Pasalnya, smartphone ini mengusung desain “kotak” pada bagian tepi nya, alih-alih mengusung tepian curve. Sebelum resmi hadir di pasaran, kami berkesempatan untuk melakukan review OPPO Reno7 Z 5G.

BACA JUGA
(1st Impression) Hasil Foto OPPO Reno7 Z 5G

Sekadar informasi, untuk seri Reno7, OPPO menghadirkan tiga smartphone yakni OPPO Reno7 5G, OPPO Reno7 Z 5G dan OPPO Reno7 4G. Nah, kali ini kami kebagian untuk me review versi Reno7 Z 5G. Seperti apa hasil ulasan kami tentang smartphone ini? yuk simak selengkapnya!

Review OPPO Reno7 Z 5G

Desain & Layar
Review OPPO Reno7 Z 5G kami mulai dari bagian desain dan layar. Seperti yang disinggung di atas, smartphone ini hadir dengan desain yang penuh warna dan tentu saja memiliki tepian yang tidak curve. Smartphone ini mengusung konsep Three-layer Texture & Two-layer Coating Process. Tekstur tiga lapisan dan proses pelapisan dua lapis ini memberikan hasil akhir matte pada sampul belakang smartphone yang memiliki dua varian warna Rainbow Spectrum dan Cosmic Black dengan tampilan berkilau.

BACA JUGA
Cara Bikin Kode QR di Android

Pada kesempatan kali ini, kami mendapatkan perangkat dengan warna Rainbow Spectrum. Rainbow Spectrum sendiri menggunakan pelapisan dua lapis: lapisan gradien warna pada bagian atas terdiri dari warna merah, kuning, dan hijau, sementara lapisan dasarnya mengandung lapisan indium reflektif. lapisan-lapisan ini menciptakan efek warna-warni prismatik dari enam warna yang memantulkan transisi merah ke hijau mint, kuning ke ungu, dan hijau ke merah muda.

Smartphone ini mengusung layar Amoled dengan konsep punch hole pada bagian kiri atas dengan ukuran 6,4 inci dan punya refresh rate 90Hz. Satu lagi yang perlu di highlight dari smartphone ini adalah tingkat ketebalan yang terbilang ramping yakni hanya sekitar 7,55 mm dengan bobot hanya sekitar 173 gram saja.

Tidak lupa, OPPO juga menghadirkan sentuhan klasik di smartphone ini melalui Dual orbit light yang membawa sebuah nostalgia breathing light. OPPO pertama kalinya memperkenalkan fitur ini pada OPPO Find 7 series. Reno7 Z 5G juga menandai debut perdana Lampu Orbit Ganda, yang terintegrasi di belakang dua cincin kamera utama. Lampu Orbit Ganda dapat berkedip atau menyala dengan warna biru elektrik, biru muda, atau biru sian pada skenario yang berbeda, seperti saat ponsel dihidupkan, mengisi daya, menerima panggilan masuk atau pemberitahuan yang belum dibaca, serta saat meluncurkan game.

Menurut kami, konsep desain ini sangat segar dipandang mata dengan kilauan khas pelangi yang bisa berubah warna seiring dengan pantulan cahaya. Selain itu, smartphone ini juga sangat nyaman digenggam dengan tekstur yang tidak licin dan sangat ringan.

Kamera
Bukan Reno Series namanya jika tidak didukung dengan kamera yang mumpuni. OPPO Reno7 Z 5G sendiri ditopang oleh tiga kamera belakang yang masing-masing beresolusi 64MP, 2MP dan 2MP. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 16MP.

Smartphone ini memiliki sederet fitur kamera unggulan seperti Bokeh Flare Portrait dan AI Color Portrait. Selain itu, OPPO juga mengembangkan fitur potret untuk dapat berjalan sama baiknya pada kamera swafoto dan kamera utama. Menariknya, pada Reno7 series, OPPO berupaya untuk meniru hasil potret yang biasanya didapatkan melalui kamera DSLR dengan lensa bukaan besar.

Kini, melalui Reno7 series OPPO menawarkan penggunanya kebebasan untuk mengatur kedalaman bidang dan ruang tajam melalui kemampuannya meniru sifat optik dari kamera DSLR. Portrait mode pada Reno7 series dapat mensimulasikan 25 tingkatan ukuran diafragma yang dapat disesuaikan mulai dari F0.95 hingga F16.

OPPO juga menghadirkan efek bokeh flare untuk mencapai efek bokeh layaknya produksi video profesional dengan menggunakan lensa bukaan lebar dan menggunakan sebuah smartphone.

Buat kamu yang penasaran dengan hasil fotonya, berikut adalah beberapa sampelnya.

Performa
OPPO Reno7 Z 5G menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm yakni Snapdragon 695 5G. Prosesor ini dibuat melalui proses fabrikasi 6nm yang tentunya lebih efisien dalam hal penggunaan daya, namun tetap dapat memberikan tenaga yang kuat. Snapdragon 695 5G
juga membuat Reno7 Z 5G memiliki kompatibilitas dengan seluruh operator 5G di Indonesia.

Reno7 Z 5G hadir dengan RAM 8GB dan ROM 128GB, Perangkat ini juga dilengkapi dengan teknologi Ekspansi RAM dengan opsi untuk ekspansi sebesar 2GB, 3GB, dan 5GB.

Untuk sektor gaming, terdapat beberapa fitur unggulan dari smartphone ini seperti Self-Developed Game Focus Mode yang mampu meminimalkan semua aplikasi, kecuali notifikasi yang penting seperti pesan dan panggilan masuk, untuk membuat pengguna mendapatkan pengalaman bermain game yang imersif. Hadir pula fitur Quick Startup yang membantu mengidentifikasi game yang paling sering dimainkan, membuatnya tetap aktif di latar belakang setelah keluar. Saat memulai game, pengguna dapat langsung menuju beranda game dengan melewatkan animasi pembuka dan memuat layar.

Kemudian, tak lupa OPPO juga membenamkan fitur AI System Booster yang dikembangkan berdasarkan ColorOS dan teknologi sistem Android, fitur ini merupakan serangkaian pengoptimalan tingkat sistem. Memastikan perangkat beroperasi dengan lancar kapan saja. System Performance Optimizer menyematkan banyak teknologi penting, seperti UI First, Super Touch, System Guard, dan Idle Time Optimizer.

Untuk menguji performa dari smartphone ini, kami menggunakan software PCMark dan bermain game Call of Duty Mobile. Hasilnya pada aplikasi PCMark, smartphone ini berhasil memperoleh skor 9499. Sementara saat bermain game, OPPO Reno7 Z mampu menyuguhkan setingan grafis Very High dan frame rate Very High.

Baterai
Review OPPO Reno7 Z 5G masuk ke bagian baterai. Di sini, kami disuguhkan oleh baterai berkapasitas 4500 mAh. Uniknya, OPPO berhasil memasukan baterai dengan kapasitas sebesar itu pada smartphone yang punya tingkat ketebalan sekitar 7,55mm. Untuk menemani kapasitas baterai yang besar tadi, Reno7 Z 5G juga dilengkapi dengan pengisian daya cepat SuperVOOC 33W yang memungkinkan perangkat terisi penuh dari 0 hanya dalam kurun waktu 63 menit saja.

Untuk menguji daya tahan baterainya, tim Redaksi Techdaily memanfaatkan aplikasi dari PCMark. Saat ‘disiksa’ dengan aplikasi tersebut, baterai smartphone ini mampu bertahan hingga 17 jam 14 menit dan baterai masih menyisakan 20%.

Berkaca dari data diatas, kami berasumsi bahwa daya tahan baterai dari OPPO Reno7 Z ini bisa menemani aktivitasmu seharian penuh. Apalagi OPPO memiliki beberapa fitur hemat daya seperti Power Saving Mode dan Super Power Saving Mode yang terbukti handal dalam menghemat daya baterai smartphone.

Kesimpulan
Review OPPO Reno7 Z 5G masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami smartphone ini menjadi paket komplit di kelas mid-range. Buat kamu yang hobi fotografi, bermain game dan punya mobilitas tinggi kami rasa smartphone ini sangat cocok kamu miliki. OPPO Reno7 Z 5G memiliki kemampuan dari segi kamera, daya tahan baterai, desain glowing hingga performa yang bagus.

OPPO Watch Free

Pada peluncuran OPPO Reno7 Z 5G, OPPO juga meluncurkan perangkat smartwatch yakni OPPO Watch Free. Perangkat ini memiliki dimensi 46.0 mm × 29.7 mm × 10.6 mm dengan berat 32.6 gram. OPPO Watch Free juga ditopang oleh layar Amoled berukuran 1,64 inch dan memiliki daya tahan baterai hingga 14 hari pemakaian.

Terdapat beberapa fitur monitoring kesehatan seperti Sleep monitoring, Daily Activity hingga stand-up reminder. Simak ulasan lengkapnya mengenai review OPPO Watch Free pada ulasan kami berikutnya.

REVIEW OVERVIEW

Desain & Layar
Kamera
Performa
Baterai

SUMMARY

Review OPPO Reno7 Z 5G masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami smartphone ini menjadi paket komplit di kelas mid-range. Buat kamu yang hobi fotografi, bermain game dan punya mobilitas tinggi kami rasa smartphone ini sangat cocok kamu miliki.
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi