Tuesday, November 29, 2022
BerandaReviewSmartphoneReview OPPO Reno8 Z 5G, Pelengkap yang Sempurna!

Review OPPO Reno8 Z 5G, Pelengkap yang Sempurna!

Techdaily.id – OPPO Reno8 Z 5G merupakan salah satu perangkat Reno8 Series yang dihadirkan oleh OPPO untuk pasar Indonesia. Meski bukan menjadi varian tertinggi, namun perangkat ini tidak bisa dianggap remeh loh. Gak Percaya? Tim Redaksi Techdaily sendiri berkesempatan untuk melakukan review OPPO Reno8 Z 5G.

Smartphone yang dijual secara perdana pada 23 September 2022 tersebut bisa dibilang berada satu level dibawah Reno8 Pro 5G yang menjadi Product Hero dari lini ini. Akan tetapi, smartphone ini ditunjang oleh komposisi hardware dan software yang tidak bisa dianggap enteng.

Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih jelas terkait perangkat yang satu ini, tidak ada salahnya jika kamu melihat ulasan lengkap terkait review OPPO Reno8 Z yang sudah kami siapkan berikut.

Review OPPO Reno8 Z 5G

Desain & Layar
Review OPPO Reno8 Z 5G kita mulai dari bagian desain dan layar. Smartphone ini sendiri mengusung konsep desain kotak yang klasik. Smartphone ini memiliki dimensi 160.0mm x 73.2mm x 7.66mm, bobot 181 gram serta tersedia dalam dua pilihan warna yakni Dawnlight Gold, Starlight Black.

Meski tipis dan ringan, namun smartphone ini memiliki daya tahan yang jempolan. Hal tersebut bisa dilihat dari enam tes utama yang dilakukan OPPO untuk smartphone ini, seperti 130 tes keandalan yang sangat ketat, dan lebih dari 320 tes kualitas komprehensif di laboratorium kualitas OPPO.

BACA JUGA
Software Benchmark CPU Terbaik

Ada juga 28.000 Micro-drop test, pengujian tahan suhu & lelembaban tinggi selama 14 hari, pengujian daya tahan tombol daya hingga 200,000 tekanan dan pengujian daya tahan tombol volume hingga 150.000 tekanan.

Untuk bagian layarnya sendiri, smartphone ini menggunakan layar AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi FHD+. Menurut kami, layar smartphone ini cukup luas dan sedap dipandang, apalagi Reno8 Z 5G mengusung konsep layar punch hole yang berada di bagian pojok kiri atas layar. Sayangnya, refresh rate layar di smartphone ini baru menyentuh angka 60Hz, alih-alih 90hz seperti kebanyakan smartphone saat ini.

Performa
Masuk ke bagian performa, disini kita bisa melihat bagaimana OPPO Reno8 Z 5G ditopang oleh chipset yang cukup gahar yakni Snapdragon 695 5G. Chipset ini juga ditopang oleh RAM berjenis LPDDR4X sebesar 8GB dan penyimpanan internal berjenis UFS 2.2 yang sangat cepat dalam urusan pemrosesan data sebesar 128GB.

Untuk UI nya sendiri, smartphone ini juga sudah berjalan di ColorOS 12.1 berbasis sistem operasi Android 12 yang tentunya lebih smooth dan menawarkan tampilan yang lebih intuitif.

BACA JUGA
Cara Menemukan Nomor Model di HP OPPO

Buat kamu para gamers, OPPO juga membenamkan 6 layer cooling system yang menjaga suhu ponsel tetap dingin meski sedang digunakan untuk bermain game sekalipun.

Untuk menguji performa nya, kami menggunakan aplikasi PCMark dan bermain game Call of Duty Mobile. Hasilnya, pada PCMark smartphone ini mampu memperoleh skor 7758. Sedangkan ketika diuji untuk bermain game Call of Duty Mobile, smartphone ini mampu menyuguhkan settingan grafis High dan Frame Rate Max.

Menurut kami, dari segi performa smartphone ini tidak bisa dianggap remeh. Apalagi jika kamu suka melakukan editing video dari smartphone, tentunya kamu akan sangat terbantu jika menggunakan Reno8 Z 5G yang ounya performa bagus dan suhu yang tetap terjaga.

Kamera
Beralih ke bagian kamera, disini kamu akan menemukan konfigurasi tiga kamera belakang yang masing-masing beresolusi 64MP, 2MP dan 2MP. Sedangkan kamera depannya menggunakan resolusi 16MP.

Kamera smartphone ini didukung oleh teknologi AI dari ColorOS 12, EIS hingga dukungan ISP jempolan dari Qualcomm. Hal ini tentunya sangat berpengaruh pada foto maupun video yang dihasilkan. Baik dari segi pewarnaan, ketajaman foto hingga tingkat noise yang sangat berkurang ketika kamu mengambil foto di kondisi minim cahaya.

BACA JUGA
Uji Ketangguhan Kamera Redmi Note 7 di malam Hari

Gak percaya? Berikut hasil fotonya.

Baterai
OPPO Reno8 Z 5G ditopang oleh baterai berkapasitas 4500 mAh yang dilengkapi dengan sistem pengisian daya cepat 33W SuperVOOC. Kapasitas ini bisa menemani aktivitas kamu selama seharian penuh.

Akan tetapi, untuk menguji daya tahan baterai nya, kami menggunakan aplikasi PCMark untuk mengetahui berapa maksimal kapasitas baterai dari smartphone ini. Hasilnya, baterai smartphone ini bisa bertahan hingga lebih dari 12 jam pemakaian sampai ponsel ini benar-benar menghentikan aplikasi tersebut secara otomatis.

Kesimpulan
Review OPPO Reno8 Z 5G masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami, smartphone ini bisa menjadi salah satu rekomendasi HP baru di kelas mid range yang cocok kamu miliki untuk kebutuhan sehari-hari.

OPPO Reno8 Z sudah bisa kamu dapatkan secara daring di seluruh jaringan e-commerce terkemuka Indonesia. Sedangkan untuk pembelian perangkat ini secara luring dapat dibeli di OPPO Gallery, OPPO Store, dan partner retail resmi OPPO di seluruh Indonesia dengan harga Rp5.999.000,-

REVIEW OVERVIEW

Desain & Layar
Performa
Kamera
Baterai
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi