Tuesday, November 29, 2022
BerandaReviewReview POCO M5 : HP 2 Jutaan Paling Worth It!

Review POCO M5 : HP 2 Jutaan Paling Worth It!

Techdaily.id – Jika kamu mencari baru di harga Rp 2 jutaan pada akhir tahun ini, mungkin POCO M5 bisa menjadi pilihan yang paling sesuai. Tim Redaksi Techdaily sendiri telah melakukan review POCO M5 untuk mengetahui seberapa worth it smartphone ini.

POCO M5 merupakan smartphone yang dihadirkan oleh POCO di awal November tahun ini. Smartphone yang menyasar para gamers kelas mid range ini hadir dengan berbagai atribut gaming seperti chipset kuat, baterai dengan kapasitas besar hingga layar yang memiliki refresh rate dan touch sampling rate yang tinggi.

Penasaran dengan kebolehan smartphone ini? berikut review lengkapnya yang sudah disiapkan oleh tim Redaksi Techdaily.

Review POCO M5

Desain
Review POCO M5 pertama bisa kita mulai dari bagian desain. Smartphone ini mengusung desain yang menurut kami menarik. Di penampang belakang, kamu akan menemukan tekstur kulit yang memberikan kesan mewah. Meski tidak menggunakan material kulit asli, namun hadirnya tekstur ini perlu diapresiasi dan bisa menambah segmentasi pembeli mereka.

Untuk dimensinya, smartphone ini memiliki dimensi 164mm x 76.1mm x 8.9mm. Sementara beratnya yaitu 201g dengan tiga pilihan warna yakni Black, Green, Yellow.

Pada bagian kanan, kamu akan menemukan tombol power sekaligus fingerprint dan tombol volume. Bagian atas terdapat IR Blaster dan headphone jack. Sisi kiri terdapat slot SIM Triple Slot yang bisa difungsikan sebagai 2 SIM + 1 MicroSD. Kemudian pada sisi bawahnya terdapat Mic, USB-C, Speaker Mono.

BACA JUGA
Review realme GT 2 Pro, Performa Gahar dan Ramah Lingkungan!

Layar
Beralih ke bagian layar, smartphone ini mengusung layar berukuran 6,58 inci dengan poni kecil di bagian atasnya. Layar POCO M5 sendiri menggunakan panel IPS dengan resolusi Full HD+.

Karena menyasar kalangan gamers, layar POCO M5 ditopang oleh refresh rate yang menurut kami cukup tinggi yakni 90Hz. Sedangkan untuk touch sampling rate nya sendiri mencapai 240Hz, yang tentunya sudah cukup responsif, tidak ada masalah dipakai main game shooter.

Tidak hanya untuk bermain game, layar smartphone ini juga sudah mengantongi sertifikat Widevine L1 yang mana bisa menyajikan tayangan Netflix dengan kualitas Full HD.

Untuk smartphone di harga Rp 2 jutaan, kami rasa layar smartphone ini sudah cukup bagus, hanya saja ada kekurangan di tingkat pencahayaan layarnya yang hanya mencapai 300 nits. Menurut kami, 300 nit masih tergolong kurang tinggi untuk smartphone jaman sekarang, terlebih ada smartphone di harga Rp 1 jutaan yang layarnya lebih terang dari ini. Dan untuk penggunaan outdoor membuat layarnya jadi sulit terlihat.

Kamera
Meski ditujukan untuk para gamers di kelas menengah, namun smartphone ini juga ditopang oleh spesifikasi kamera yang tidak kalah menarik. POCO M5 menggunakan kamera beresolusi 50MP sebagai kamera utama, 2MP sebagai kamera macro dan 2MP sebagai depth sensor nya.

BACA JUGA
realme UI 3.0 Sudah Dirilis, Sudah Download?

Akan tetapi, kami tidak melihat adanya fitur-fitur unik dari kamera smartphone ini selain tentu saja kemampuan 50MP nya yang bisa membantu pengguna dalam menghasilkan foto berkualitas tinggi untuk kebutuhan cetak.

Dari segi pewarnaan, kami tertarik dengan kamera smartphone ini yang mampu menampilkan pewarnaan natural, khususnya untuk kondisi siang hari.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan hasil kameranya berikut kami hadirkan beberapa sampel fotonya.

Performa
Review POCO M5 masuk ke bagian performa, disini kamu akan menemukan dapur pacu yang cukup mentereng, khususnya untuk smartphone dengan harga Rp 2 jutaan.

POCO M5 ditopang oleh chipset MediaTek Helio G99 yang digadang-gadang menjadi chipset 4G paling kuat di tahun ini. Kemudian, hadir pula dukungan RAM sebesar 4GB berjenis LPDDR4X dan dukungan memory extension mencapai 2GB. Untuk penyimpanan internal nya sendiri, kami menggunakan versi 128GB.

Smartphone ini sudah menggunakan MIUI 13 berbasis Android 12 yang sejatinya cukup smooth dan memiliki tampilan antarmuka yang lebih baik.

Untuk menguji performa nya, kami menggunakan alat uji PCMark dan memainkan game Call of Duty Mobile. Hasilnya? Pada PCMark, smartphone ini mampu menyuguhkan skor 8496. Sedangkan saat digunakan untuk bermain game CODM, smartphone ini mampu menyuguhkan setingan grafis Medium dan frame rate High.

BACA JUGA
(Hands On) Hasil Foto Redmi Note 11 Pro 5G

Sepanjang permainan, kami tidak merasakan adanya lag ataupun terjadi frame drop. Suhu ponsel pun terasa cukup dingin ketika digunakan untuk bermain game dengan durasi satu jam lebih.

Baterai
Masuk ke bagian baterai, POCO M5 ditopang oleh baterai berkapasitas 5000 mAh dengan sistem pengisian daya cepat 18W. Untuk menguji daya tahan baterai dari smartphone ini, kami menggunakan aplikasi PCMark.

review POCO M5

Hasilnya, smartphone ini mampu bertahan hingga 12 jam 40 menit.

Kesimpulan
Review POCO M5 masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami, smartphone ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik di rentang harga Rp 2-4 jutaan. Apalagi, jika kamu mendambakan smartphone dengan performa bagus dan baterai awet.

Lebih lanjut, POCO M5 juga punya desain yang gak murahan dengan tekstur kulit pada bagian belakangnya. Hanya saja, kami kurang terkesan pada tingkat kecerahan layar dan fitur kamera dari smartphone ini. Jika kamu tidak keberatan dengan dua hal tadi, kamu bisa memiliki ponsel ini dengan harga mulai dari Rp. 2.099.000 untuk versi 4+1GB/64GB dan Rp. 2.299.000 untuk versi 4+2GB/128GB.

REVIEW OVERVIEW

Desain
Layar
Kamera
Performa
Baterai

SUMMARY

Review POCO M5 masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami, smartphone ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik di rentang harga Rp 2-4 jutaan. Apalagi, jika kamu mendambakan smartphone dengan performa bagus dan baterai awet.
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi