Sunday, November 28, 2021
BerandaReviewReview realme 5 Pro, Quad Camera Halus, Performa Mulus

Review realme 5 Pro, Quad Camera Halus, Performa Mulus

Techdaily.ID Akhirnya realme 5 Pro resmi diluncurkan di Indonesia. realme 5 Pro masih mengedepankan kamera, performa, daya tahan dan desain sebagai kelebihannya. Sesuai julukannya, Quad Camera SpeedMaster, ponsel ini memiliki 4 kamera belakang dengan lensa utama 48MP menggunakan sensor Sony IMX586.

Ponsel ini hadir dalam 2 konfigurasi yakni RAM 4GB dengan ROM 128GB dan RAM 8GB dengan ROM 128GB. realme 5 Pro hadir dalam varian warna Crystal Green dan Sparkling Blue.

Kali ini Redaksi Techdaily berkesempatan me-review realme 5 Pro varian RAM 8GB dengan ROM 128GB dengan warna Sparkling Blue. Seperti apa ulasannya? Yuk kita simak bersama.

Desain

Balutan warna Sparkling Blue membuat ponsel ini terlihat elegan dan mewah berkat motif seperti kristal. Desain kristal pada body belakang ponsel terinspirasi dari potongan berlian klasik.

Setelah 133 kali dipoles, realme 5 Pro akhirnya memiliki warna holografik dengan tekstur menyerupai potongan kristal. Desain body belakang ini akan terlihat lebih cerah jika terkena pantulan sinar matahari.

Body realme 5 Pro termasuk bagian depan, belakang dan tombol-tombolnya di desain agar tahan air. Mengusung konsep Splash-resistant Design, body ponsel ini sanggup menahan cipratan air.

Dengan dimensi 157 x 74.2 x 8.9 mm dan bobot 184 g, ponsel ini cukup nyaman dan tidak terlalu berat ketika digenggam. Ketika dimasukkan ke saku pun masih terasa pas.

Layar seluas 6,3 inci terbentang di bagian depan ponsel ini. Diatasnya terpatri notch dew drop sebagai wadah kamera selfie 16MP serta speaker receiver. Pada bagian belakang terpatri 4 kamera belakang, LED Flash, sensor sidik jari serta logo realme.

Di sisi kiri ditemui tombol volume up and down serta slot microSD dan SIM Card. Sementara di sisi kanan hanya dijumpai tombol power.

Pada bagian bawah terdapat port USB Type-C, speaker, jack audio 3,5 mm serta lubang mic. Sedangkan di bagian atas hanya terdapat lubang mic saja.

Kamera

realme 5 Pro membuka era empat kamera denga resolusi tinggi, memberikan pengguna pengalaman fotografi serba bisa yang dapat diterapkan dalam berbagai skenario. Lensa pertama bertengger lensa ultra-wide-angle beresolusi 8MP dengan aperture f/2.2.

Lensa kedua merupakan lensa utama, mengusung Sony Quad Camera yang memiliki resolusi 48 MP sebagai salah satu fitur andalan. Lensa utamanya menggunakan sensor Sony IMX586 dengan aperture f/1.8. Lensa utama ini juga berfungsi sebagai lensa wide.

Teknologi Quad-Bayer pixel four-in-one memungkinkan pixel tunggal 1,6um dan menawarkan dasar perangkat keras yang baik dalam resolusi, toleransi, kinerja cahaya lemah dan lain-lain, hal ini memberikan dynamic range yang sangat baik dan detail gambar yang kaya.

Kamera ketiganya menggunakan depth-sensor beresolusi 2MP dengan bukaan lensa f/2.4 dan kamera keempat menggunakan lensa macro beresolusi 2MP dengan bukaan lensa f/2.4.

Tampilan menu kamera belakang realme 5 Pro cukup simpel dan mudah digunakan. Terdapat mode photo, 1x zoom, 2x zoom, 5x zoom, portrait, ultra-wide, Chroma Boost, ultra 48MP, Nightscape, pano dan expert. Selain itu, kamu juga bisa memilih beragam filter agar hasil foto lebih menarik.

Sesuai namanya, kamera utama 48MP ini menghadirkan resolusi besar hingga 48MP. Resolusi besar ini dapat diaktifkan di mode ultra 48MP pada menu kamera belakang.

BACA JUGA
Cashback Rp100.000 untuk realme 5 Pro Quad Camera Raja di Kelas 3 Jutaan

Ketika kami mencobanya, resolusi foto yang dihasilkan cukup besar mencapai 8000x6000pixel. Foto yang dihasilkan lebih tajam dan tidak pecah ketika di zoom.

Lensa ultra-wide angle pada ponsel Quad Camera SpeedMaster ini mampu menangkap gambar dengan sudut pandang lebih luas mencapai 119 derajat. Mode ultra wide ini dapat diaktifkan pada menu kamera di atas menu kamera belakang. Hasil foto dari mode ini juga cukup tajam dan tetap enak dilihat.

Selanjutnya lensa depth-sensor yang mampu menangkap gambar dengan latar belakang bokeh atau blur. Saat kami mencoba mode portrait, efek bokeh yang dihasilkan cukup natural. Namun, tidak bisa diatur level efek bokehnya.

Sedangkan lensa terakhir merupakan lensa makro pada ponsel Quad Camera SpeedMaster mampu menangkap objek dari jarak dekat dengan rentang fokus 4cm. Lensa makro ini dapat digunakan pada menu kamera belakang realme 5 Pro.

Sama seperti ponsel realme lainnya, mode Nightscape juga hadir di ponsel Quad Camera SpeedMaster ini. Kemampuan mode Nightscape pada realme 5 Pro sudah mengalami peningkatan.

Fitur Nightscape ini menggabungkan teknologi AI dengan mesin multi-bingkai, dan mampu mengurangi noise, stabilisasi saat digenggam, highlight supression dan peningkatan dynamic range. Setelah kami mencobanya dalam kondisi minim cahaya atau malam hari, foto yang dihasilkan melalui mode Nightscape ini lebih terang dan minim noise.

Selain Nightscape, Chroma Boost juga kembali hadir di ponsel ini. Chroma Boost yang sudah ditingkatkan ini mampu mengenali informasi pemandangan, mengembalikan detail nyata, kecerahan, dan warna yang dilihat oleh mata manusia melalui model visual manusia. Algoritma pemetaan warna level pixel kemudian digunakan untuk merekonstruksi gambar yang lebih jelas dan lebih bertekstur. Saat kami mencoba mode ini, komposisi warna yang dihasilkan sangat pas hampir menyerupai objek foto sungguhan.

Beralih ke selfie, ponsel ini dibubuhi kamera depan beresolusi 16MP dengan sensor Sony IMX471 dengan aperture f/2.0. Sensor Sony IMX471 dengan lensa 5P membuat warna kulit terlihat natural.

Kamera depan ini juga didukung AI Beauty Selfie yang dapat mengidentifikasi subjek yang difoto melalui 296 titik pengenalan wajah. Teknologi ini menyuguhkan 8 juta efek beauty untuk masing-masing orang dalam grup selfie.

Selain, wanita mode beauty ini juga hadir untuk pria. Mode beauty ini juga dapat diatur tingkatannya sesuai keinginan.

Saat kami selfie, hasilnya cukup baik. Komposisi warna yang pas dan gambar terlihat tajam. Mode beauty nya pun membuat hasil selfie lebih natural.

Untuk video, disertakan mode video, time-lapse dan slo-mo. Kamera ponsel ini mampu merekam video dengan resolusi besar hingga 4K. Baik kamera depan dan belakang keduanya memiliki fungsi Electric Image Stabilization (EIS) yang mampu menstabilkan perekaman video.

Ponsel ini juga bisa membuat video slow motion dengan kecepatan 960fps dan resolusi 720P. Menariknya, ponsel ini juga dilengkapi fitur edit video, filter, teks, efek soundtrack, dan lainnya. Kamu juga dapat membuat video yang diedit melalui fungsi tema, lalu dibagikan di jejaring sosial.

Ketika kami mencoba video dari ponsel ini, hasilnya cukup baik untuk smartphone. Visualisasinya cukup tajam dan detail, suara yang ditangkap pun cukup baik. Padahal resolusi yang kami gunakan hanya 720p.

BACA JUGA
Harga Vivo Y91, Cocok Buat Pelajar!

Layar

realme 5 Pro mengusung layar dew-drop fullscreen dengan panel IPS LCD berukuran 6,3 inci dengan resolusi 2340x1080pixel. Layar nya memiliki aspek rasio dew-drop fullscreen dengan aspek rasio 19,5:9 dan screen-to-body-ratio mencapai 90.6%. Layar nya juga dilapisi Corning Gorilla Glass 3+ untuk melindungi dari goresan.

Layar seluas 6,3 inci ini cukup nyaman ketika menonton video dan bermain game. Ketika menonton video dan bermain game, layar ini menyuguhkan visual lebih tajam dan detail.

Ketika terkena pantulan cahaya, layar masih tetap terlihat dan tidak silau. Disertakan mode Auto brightness yang dapat kamu aktifkan di menu setting atau notification tray.

Software dan fitur

Ponsel yang dijuluki Quad Camera SpeedMaster ini berjalan dengan sistem operasi Android 9 Pie berbalut ColorOS 6.0. ColorOS 6.0 mengusung desain stock Android sehingga menyuguhkan tampilan antarmuka yang simpel.

Tampilan antarmuka ini juga menyajikan notification tray untuk memunculkan notifikasi sosial media, email, pesan instan dan lainnya. Kamu juga dapat mengakses menu setting dari notification tray.

Sejumlah aplikasi bawaan hadir di ponsel ini misalnya aplikasi bawaan Google, realme Comunity, Game Center, Facebook, Opera, Babe dan WPS Office. Tampilan UI ini menyajikan tampilan ikon aplikasi yang dapat disesuaikan.

Soal keamanan, ponsel ini didukung face unlock, fingerprint dan Kid Space. Fitur face unlock ini mampu membuka kunci ponsel dengan sangat cepat kurang dari 1 detik. Ketika menggunakan aksesoris seperti kacamata, topi, face unlock ini masih bisa membuka kunci ponsel.

Tak hanya face unlock, fingerprint pada realme 5 Pro dapat membuka kunci ponsel juga sangat cepat kurang dari 1 detik. Sesuai namanya, fitur Kid Space ini mampu membatasi penggunaan aplikasi untuk anak-anak. Kamu dapat mengaktifkan fitur Kid Space di menu setting.

realme 5 Pro memiliki fitur Hyperboost 2.0 yang mampu memaksimalkan kinerja ponsel khususnya ketika gaming. Hyperboost 2.0 terdiri dari Frame Boost, Touch Boost dan Game Boost.

Frame Boost mampu membuat game berjalan cepat dan mulus. Sementara Touch Boost meningkatkan responsivitas sentuhan pada layar ketika gaming. Terakhir, Game Boost mampu mengoptimalkan kinerja chipset ketika bermain game berat sekalipun.

Masih untuk gaming, disuguhkan pula game space yang mampu memaksimalkan kinerja ponsel. Kamu juga bisa menambahkan game favorit atau aplikasi lain pada game space ini.

Soal audio, realme 5 Pro disokong fitur Real Sound Technology serta teknologi optimisasi kualitas suara speaker kecil Dirac Power Sound bersama dengan Dirac Research AB. Kombinasi teknologi ini hadir pada tiga speaker kecil untuk memaksimalkan kualitas suara termasuk bass dan volume.

Melalui penggabungan software dan hardware, teknologi ini bisa memaksimalkan kinerja mikro-speaker kecil sehingga sebanding dengan suara speaker yang lebih besar. Teknologi ini membuat kualitas suara keseluruhan lebih transparan, seimbang dan alami. Fitur ini bisa meningkatkan volume tanpa distorsi karena kelebihan beban, dan membuat bass lebih kuat serta lebih dalam.

Real Sound Technology dapat diaktifkan di menu setting. Fitur ini hanya bisa diaktifkan ketika mendengarkan musik ketika menggunakan earphone. Melalui fitur ini, kamu bisa mengatur equalizer sesuai dengan genre musik yang kamu dengarkan.

BACA JUGA
Harga Samsung A31 Terbaru, Masih Layak Beli?

Hardware dan performa

Dapur pacunya, realme 5 Pro diperkuat chipset Snapdragon 712 AIE dengan prosesor Octa-core dan GPU Adreno 616. Penyimpanannya ditunjang RAM 4GB/8GB dan ROM 128GB dan slot microSD yang bisa diperluas hingga 256GB.

Menguji performanya, Redaksi Techdaily melakukan sejumlah tes seperti tes benchmark dan bermain game. Untuk tes benchmark, kami menggunakan aplikasi AnTuTu, PC Mark, 3D Mark dan Geekbench. realme 5 Pro sanggup menjalani semua tes Benchmark tersebut dengan lancar.

Di AnTuTu, realme 5 Pro meraih skor 179473 dan menduduki peringkat ke 39. Tes selanjutnya menggunakan PC Mark, ponsel ini sanggup menjalaninya dengan lancar dan meraih skor 8320.

Masih uji performa, kami mencoba bermain game dengan grafis yang cukup tajam diantaranya PUBG, AoV, Fast and Furious, PES2019 dan Kamen Rider City Wars. Ketika bermain game PUBG, ponsel ini sanggup menjalankan settingan grafis HD dan frame rate high. Settingan tersebut dilahap habis oleh realme 5 Pro tanpa lag sedikit pun.

Game yang juga memiliki setting grafis adalah AoV. realme 5 Pro hanya bisa menjalankan kualitas display medium. Meski medium, game ini berjalan mulus di realme 5 Pro.

Game lainnya juga disikat habis oleh realme 5 Pro. Ini juga ditunjang fitur game space dan Hyperboost 2.0.

Kami juga melakukan tes audio dengan mendengarkan musik melalui aplikasi musik dan menonton video di YouTube. Dengan Real Sound Technology, Suara yang dihasilkan realme 5 Pro cukup jernih dan bulat.

Daya tahan

Dayanya realme 5 Pro disokong baterai berkapasitas 4035mAh didukung fitur VOOC Flash Charge 3.0. Teknologi ini bisa mengurangi masalah ketidakstabilan daya pengisian daya cepat. VOOC Flash Charge 3.0 dapat mempertahankan pengisian daya tinggi sepanjang pengoperasian.

Dukungan VOOC Flash Charge 3.0, membuat ponsel ini terisi penuh hingga 100% dari kondisi dibawah 20% dengan cepat dalam waktu satu jam. Dalam kondisi di atas 20%, realme 5 Pro terisi penuh dengan waktu hanya 30 menit.

Dalam penggunaan harian seperti email, sosial media, pesan instan, foto, dan lainnya, ponsel ini sanggup bertahan hingga kurang lebih dari 2 hari atau 48 jam. Untuk gaming secara terus-menerus ponsel ini bisa bertahan hingga 10 jam. Ketika dalam keadaan standby, ponsel ini bisa bertahan hingga 3 sampai 4 hari.

Kesimpulan

Dari segi desain, realme 5 Pro terlihat mewah dan premium berkat desain menyerupai potongan kristal unik. Layar ponsel cukup nyaman ketika menonton video dan gaming.

Ketika foto menggunakan kamera belakang dan selfie hasilnya cukup memuaskan berkat dukungan sensor flagship Sony IMX586. Fitur lensa tambahan ultra wide-angle sebesar 119 derajat juga menjadi daya tarik tersediri untuk ponsel sekelasnya. Untuk video pun cukup baik karena sudah dilengkapi dengan EIS yang berguna meredam goncangan yang dihasilkan selama mengambil video.

Usai tes benchmark dan bermain game, performa realme 5 Pro sangat optimal. Daya tahan baterai irit dan proses pengisian daya cepat berkat teknologi VOOC Flash Charge 3.0 menambah poin untuk meminang si Quad Camera SpeedMaster ini. Setelah melalui serangkaian tes, realme 5 Pro sangat pas buat kamu yang mencari smartphone dengan kamera, performa dan daya tahan optimal.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi