Tuesday, May 17, 2022
BerandaReviewReview realme 9 Pro, Desain dan Performa ala Flagship

Review realme 9 Pro, Desain dan Performa ala Flagship

Techdaily.id – Siapa nih yang sedang mencari HP realme baru? Kabar baiknya, realme sekarang mengeluarkan smartphone teranyar, realme 9 Pro untuk pasar ponsel di Indonesia. Sebelum membelinya, kamu bisa simak review realme 9 Pro.

BACA JUGA
realme segera hadirkan varian baru realme 5S

Sebenarnya, realme 9 Pro tidak hadir sendirian. Produsen smartphone asal Tiongkok ini juga membawa realme 9 Pro+ bersama realme 9 Pro ke Tanah Air nih guys. Namun, kali ini, tim kami mendapatkan kesempatan untuk mengulas lebih dalam realme 9 Pro.

Sedikit tentang realme 9 Pro. Smartphone anyar realme ini sudah mendukung jaringan terbaru lho yakni 5G. Selain itu, kamu juga akan menemukan fitur-fitur menarik, yang biasanya ada dalam smartphone flagship.

BACA JUGA
Bawa realme X2 Pro ke Indonesia Menjadi Bukti Keseriusan realme Menggarap Pasar Premium

Hal ini menjadikan realme 9 Pro sebagai smartphone mid-range dengan performa flagship. Performa gahar yang ada dalam tubuh smartphone Rp3 jutaan ini berjalan berkat adanya prosesor Snapdragon 695 5G di dalamnya.

Nah, jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih dalam bagaimana kebolehan realme 9 Pro ini, kamu bisa menyimak ulasan lengkapnya pada artikel review di bawah ini ya guys.

Review realme 9 Pro

Desain
Review realme 9 Pro kali ini kami buka dengan desain. Pertama-tama, mari bahas warna yang disediakan realme. realme 9 Pro hadir dengan warna Sunrise Blue dan Aurora Green. Tim kami mendapatkan Sunrise Blue.

Dilihat secara dekat, desain realme 9 Pro ini sangat cantik. Produsen asal Tiongkok ini menyebut desain mereka sebagai Light Shift Design, menggunakan DNA desain flagship realme 9 Pro+.

review realme 9 Pro

Kamu akan melihat back panel yang terlihat seolah ada sparkling, membuat smartphone ini cantik nan indah dilihat. Hal itu dipertegas saat bagian belakang realme 9 Pro ini terkena pantulan cahaya, dia akan menyebarkan cahaya membuat guratan indah.

Sisi kanan dan kiri realme 9 Pro ini juga melengkung, sehingga lebih nyaman digenggam dengan tangan. Masih di bagian belakang, ada rumah kamera di sudut kiri atas. Sedangkan pada bagian kiri bawah terdapat tulisan realme.

Secara keseluruhan bagian belakang realme 9 Pro ini memang cantik dan nyaman digenggam. Karena, realme 9 Pro mempunyai dimensi 160.2×73.3×7.99mm dengan bobot sebesar 182g.

Namun, bekas jari tangan masih akan terlihat pada bagian belakang smartphone anyar realme ini. Sekarang beralih ke setiap sisi, baik kanan maupun kiri, kamu akan menemukan tombol.

Di kanan ada tombol power yang berfungsi juga sebagai sensor fingerprint. Sedangkan di sisi kiri ada tombol volume atas dan bawah. Di bagian bawah realme 9 Pro, kamu akan melihat jack audio 3,5 mm. Disampingnya terdapat port USB Type-C, dan di pojok kanan atas terdapat grill speaker.

review realme 9 Pro

Layar
Sekarang berlanjut ke sektor layar. realme 9 Pro dibekali dengan layar 6,6 inci beresolusi 2412×1080 FHD+. Layar realme 9 Pro juga menawarkan kerapatan piksel yang cukup tinggi yakni 401.

realme 9 Pro juga menawarkan screen body to ratio 90.8 persen dengan maksimum brightness 600 nit. Secara hasil, realme 9 Pro menawarkan hasil layar yang jernih dan tajam, sehingga lebih hidup.

Apalagi bezel realme 9 Pro juga tipis. Jadi, layar pandang realme 9 Pro menjadi lebih luas lagi. Hal ini juga berpengaruh saat bermain game dan menonton film atau video karena layar menjadi luas.

 

Guna memaksimalkan fungsi layar, realme 9 Pro membawa refresh layar 120Hz yang dapat diatur secara otomatis. Smartphone flagship performance ini juga menawarkan sejumlah opsi refresh rate. Adapun opsi itu mencakup standar (60Hz) dan tinggi (120Hz). Kamu bisa mengatur refresh rate ini di menu pengaturan Display & Brightness.

Antarmuka realme 9 Pro juga tidak kaku. Kamu bisa mengakses sejumlah fitur di smartphone dengan mudah. Karena, smartphone ini sudah menggunakan realme UI 3.0 berbasis pada Android 12

Performa
Kini beralih ke sektor performa. realme 9 Pro sudah dibekali dengan chipset andal di dalamnya. Karena, smartphone realme ini sudah menggunakan chipset besutan Qualcomm yakni Snapdragon 695 5G.

Penggunaan chipset ini nampaknya sejalan dengan visi perusahaan untuk menjadi ‘5G popularizer’ di Indonesia serta mendukung percepatan 5G dengan menawarkan beragam perangkat 5G terjangkau untuk semua.

Chip Snapdragon 695 5G ini mempunyai CPU berbasis octa-core dan GPU Adreno 619. Apalagi, smartphone ini juga sudah didukung memori besar baik untuk RAM maupun internalnya.

Tim kami mendapatkan realme 9 Pro dengan konfigurasi RAM 8GB dan ROM 128GB. Smartphone ini juga mendukung 5GB Dynamic RAM Expansion (DRE) sehingga besaran RAM bisa ditambah hingga 13GB.

Berbekal dengan chip mumpuni dan konfigurasi RAM dan memori internal besar, hasil performa yang ditawarkan juga tidak mengecewakan. Saat kami mencoba untuk membuka aplikasi secara bergantian, aplikasi bisa terbuka dengan cepat.

Dengan kata lain, realme 9 Pro ini nyaman untuk dibawa multitasking. Bagaimana dengan performa bermain game? Tentu saja, performa bermain game juga tidak kalah di realme 9 Pro.

Kami mendapatkan pengalaman gaming yang baik, tanpa lag dengan grafis tajam bermain di game ini. Game yang kami coba mainkan di HP realme 9 Pro ini adalah Call of Duty dengan pengaturan grafis very high dan frame rate very high.

Untuk mendapatkan data tambahan, kami juga mencoba mengukur performa realme 9 Pro menggunakan benchmark seperti Geekbench dan PC Mark. Dari hasil Geekbench menunjukkan, realme 9 Pro mencetak skor single-core 3239 dan multi-core 8133. Sedangkan hasil benchmark PC Mark, realme 9 Pro menunjukkan hasil 8762.

Baterai
Performa smartphone yang gahar ini juga ditunjang dengan baterai yang mumpuni juga. Karena, realme sudah menyematkan baterai berkapasitas 5.000 mAh ke dalam realme 9 Pro ini.

Supaya pengguna tidak lama dalam mengisi baterai berkapasitas 5.000 mAh, realme juga menyematkan dukungan pengisian cepat 33W Quick Charge. Dengan dukungan itu, kamu akan lebih bisa berlama-lama dengan realme 9 Pro.

Hal ini juga terbukti dari hasil benchmark PC Mark. Hasil dari pengukuran menggunakan benchmark itu, realme 9 Pro mampu bertahan selama 9212.

hasil benchmark

Kamera
realme 9 Pro sudah mendukung 3 kamera di bagian belakang. Ketiga kamera ini agak menjorok ke luar rumahnya. Jadi, kamu perlu berhati-hati saat meletakkan smartphone dalam kondisi back panel di bawah.

Meski begitu, ukuran kamera besar di bagian belakang realme 9 Pro ini juga ditunjang dengan sensor besar pula. Smartphone ini mempunyai kamera utama 64MP, 8MP Super Wide Lens, dan 2MP micro Lens.

 

Ada sejumlah mode menarik yang bisa kamu coba dengan kamera belakang realme 9 Pro seperti Street Photography Mode 2.0: smart long exposure, peak & zoom, 90’s pop filter, dan lain-lain.

Kami mencoba salah fitur yang menurut kami menari yakni Dynamic bokeh. Hasil motret menggunakan mode ini bisa terlihat seperti teknik panning, sehingga hasil foto menjadi tambah keren.

 

Selain itu, kami juga mencoba mode long exposure untuk mempercantik hasil kamera. Kamu bisa mencoba nih mode long exposure untuk membuat foto kamu di media sosial menjadi lebih eksotis.

review realme 9 Pro

Untuk kepentingan selfie, kamu bisa mengandalkan kamera depan 16 MP di depan. Kamu bisa memaksimalkan kamera depan dengan fungsi seperti Front Super Nightscape, Portrait Bokeh + HDR Selfie, dan Portrait +HDR Video.

Kesimpulan
Kamu bisa mendapatkan smartphone dengan performa flagship dari realme 9 Pro. Performa kencang di realme 9 Pro bisa kamu dapatkan hanya dengan harga Rp 3.999.000 dan kamu juga masih bisa mendapatkan fitur menarik lainnya.

review realme 9 Pro

Dari segi baterai, kamu juga tidak akan kecewa. Karena, realme 9 Pro sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 5,000 mAh. Kamu juga tidak perlu berlama-lama menunggu smartphone penuh karena sudah didukung pengisian cepat.

Hal menonjol lainnnya terlihat dari realme 9 Pro terletak pada desainnya. Desain realme 9 Pro ini begitu cantik, apalagi saat terkena pantulan cahaya yang menjadikannya begitu keren dan efek perubahan warna yang sulit ditemui di smartphone harga Rp 3 jutaan.

REVIEW OVERVIEW

Desain & Layar
Performa
Kamera
Baterai
Fitur Unggulan

SUMMARY

Review realme 9 Pro masuk ke bagian kesimpulan, disini kamu bisa mendapatkan smartphone dengan performa flagship dari realme 9 Pro. Performa kencang di realme 9 Pro bisa kamu dapatkan hanya dengan harga Rp 3.999.000 dan kamu juga masih bisa mendapatkan fitur menarik lainnya.
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi