Thursday, May 19, 2022
BerandaReviewReview realme 9, HP 3 Jutaan Tawarkan Kamera 108MP

Review realme 9, HP 3 Jutaan Tawarkan Kamera 108MP

Techdaily.id – Pada bulan Ramadan tahun ini banyak produsen smartphone yang meluncurkan produk terbaru mereka dengan sederet spesifikasi unggulan. Salah satunya adalah realme 9 yang hadir dengan resolusi kamera utama 108MP. Tim Redaksi Techdaily sendiri berkesempatan untuk melakukan review realme 9 yang kabarnya akan dibanderol dengan harga Rp 3 jutaan.

BACA JUGA
Cara Bersihkan Kotoran di HP realme

Selain kamera resolusi besar, smartphone ini juga memiliki sederet fitur unggulan lainnya seperti baterai dan refresh rate layar yang tinggi dan sangat meunjang aktivitas gaming pengguna nya. Buat kamu yang sedang mencari smartphone terbaru, yuk simak ulasan khusus kami berikut ini yang diharapkan dapat menjadi bahan acuan dalam meminang realme 9 kelak.

Review realme 9

Desain & Layar
Seperti biasa, ulasan tentang review smartphone kita mulai dari bagian desain & layar. Smartphone ini hadir dengan konsep Ripple Holographic Design. Tekstur smartphone ini kabarnya terinspirasi dari cahaya gurun. Ketikan pantulan cahaya matahari menyinari bodi belakang, maka warna realme 9 akan berubah, di mana Bias cahaya dan bayangan mampu menampilkan efek ombak pada bodi smartphone ini.

Melalui 6 lapisan pengerjaan, realme pertama kalinya menggabungkan Plasma Atom-coating Process dan UV-nano Imprinting Process untuk menciptakan tekstur 3D bergelombang. realme 9 dilapisi dynamic 3D ripple texture yang diciptakan melalui proses Plasma Atom-coating dan UV-Nano Imprinting yang inovatif. Dengan teknik tersebut, mampu menampilkan desain dengan efek cahaya bergelombang seperti ombak.

Smartphone ini sendiri hadir dengan tiga pilihan warna yakni Hitam, Emas dan Putih. Nah, pada kesempatan kali ini, kami mendapatkan warna hitam. Pada bagian bawah, kamu akan menemukan lubang jack audio 3.5 mm, lubang mic, port USB Type C dan lubang speaker. Sedangkan pada bagian atasnya, hanya terdapat satu lubang kecil yang kemungkinan adalah lubang antena.

Pada sisi kiri dan kanannya, terdapat tombol power, tombol volume dan tray SIM Card. Sementara untuk bagian body belakangnya terdapat logo realme di sisi kiri bawah serta gugusan tiga kamera pada bagian kiri atas.

Beralih ke bagian depan, kami disuguhkan oleh layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan refresh rate mencapai 90Hz. Layar jernih ini mengusung resolusi Full HD+ dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5. Selain itu, smartphone ini juga memiliki sensor fingerprint di dalam layar, sehingga kamu bisa dengan mudah membuka kunci layar smartphone ini hanya dengan menyentuh bagian bawah layarnya.

Secara keseluruhan, kami cukup terkejut dengan hadirnya layar Super AMOLED di HP 2 jutaan ini, apalagi dengan touch sampling rate nya yang mencapai 360Hz tentu akan meningkatkan pengalaman bermain game kamu. Akan tetapi, bagian body belakang smartphone ini cukup mudah terkena bercak sidik jari sehingga kamu disarankan untuk menggunakan Jelly Case yang sudah disediakan oleh realme.

Kamera
Seperti yang disinggung di atas, smartphone ini mengusung kamera utama dengan resolusi 108MP. Sementara kamera kedua punya resolusi 8MP sebagai lensa ultra wide dan 2MP sebagai lensa macro. Sedangkan kamera depannya memiliki lensa 16MP.

Lensa utama smartphone ini menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6 yang didukung oleh teknologi Nonapixel Plus adalah teknologi baru 9 in 1. Tidak seperti teknologi 3-average tradisional HM2, teknologi ini benar-benar menggabungkan 9 piksel menjadi satu.

Dengan begitu, mampu menghasilkan sensitivitas cahaya low-dark light dan fitur noise control capability telah ditingkatkan sehingga menciptakan performa maksimal untuk pemotretan malam hari. Berkat dukungan smart ISO, kecerahan maksimum sensor HM6 meningkat 1,6 kali dalam kondisi minim cahaya.

Selain itu, sensor ini juga mampu membuat fokus lebih cepat dan mempermudah pengambilan foto untuk hasil yang lebih jelas dan detail ketimbang sensor seri sebelumnya. Nah, penasaran dengan hasil fotonya? Berikut kami hadirkan beberapa sampel foto dari kamera realme 9.

Menurut kami, kamera smartphone ini memiliki hasil yang cukup bagus, apalagi jika berkaca dari harga yang ditawarkan berada di kisaran Rp 3 jutaan. Kamu juga harus mencoba berbagai filter keren pada mode Street Photography 2.0 dari kamera smartphone ini.

Performa
Masuk ke bagian performa, smartphone ini ditopang oleh chipset Snapdragon 680 dengan dukungan RAM sebesar 8GB dengan penyimpanan internal 128GB. Sejatinya, terdapat beberapa pilihan RAM yakni 6GB dan 8GB. Namun, kali ini kami mendapatkan unit dengan dukungan RAM sebesar 8GB. Selain itu, realme 9 juga berjalan pada realme UI 3.0 berbasis Android 12 yang cukup smooth saat digunakan untuk scrolling.

BACA JUGA
Cara Menggunakan Brankas Pribadi realme

Buat kamu yang belum tahu, Snapdragon 680 sendiri dibuat dengan fabrikasi 6nm dan mengandalkan CPU Kryo 265 dengan clock speed mencapai 2,4 Ghz dan GPU Adreno 610. Keistimewaan chipset ini adalah dengan hadirnya Image Signal Processor (ISP) Spectra 346 yang akan meningkatkan kemampuan pemrosesan gambar. ISP ini memungkinkan chipset untuk memproses gambar dari tiga kamera secara simultan.

Lantas, bagaimana dengan performa nya? Kami melakukan pengujian menggunakan aplikasi PCMark dan bermain game Pokemon Unite, hasilnya smartphone ini mampu menyuguhkan skor 8072 sementara ketika digunakan untuk bermain game Pokemon Unite, smartphone ini mampu menyuguhkan performa grafis highest dengan frame rate high Sepanjang permainan, smartphone ini mampu menyuguhkan refresh rate pada angka 58 hingga 60fps dan cukup stabil tanpa mengalami gangguan sedikitpun.

Menurut kami, untuk segi performa smartphone ini masih cukup tangguh dalam melibas berbagai aplikasi berat dan game-game mainstream. Kami juga tidak merasakan adanya peningkatan suhu yang signifikan ketika smartphone digunakan untuk bermain game.

Baterai
Masuk ke bagian baterai, realme 9 hadir dengan dukungan baterai berkapasitas 5000 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 48 hari pada mode standby. Ketika digunakan untuk melakukan panggilan telepon, realme 9 sanggup bertahan hingga 48 jam dan 18 jam untuk video.

Selain itu, smartphone ini juga ditopang oleh sistem pengisian daya cepat 33W dan sudah termasuk perangkat adapter pada kotak pembeliannya. Fitur 33W Dart Charge mampu mengisi ulang daya smartphone hingga 50% hanya dalam waktu 31 menit.

Untuk menguji daya tahan baterainya, kami menggunakan aplikasi PCMark dan hasilnya, smartphone ini mampu bertahan dalam kurun waktu 22 jam 36 menit pemakaian.

Kesimpulan
Review realme 9 masuk ke bagian kesimpulan. Smartphone ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 3.399.000 untuk versi RAM 6GB dan Rp 3.599.000 untuk versi 8GB. Menurut kami, smartphone ini menjanjikan performa serta kemampuan kamera yang cukup baik. Apalagi dengan dukungan baterai 5000 mAh, tentunya bisa semakin meningkatkan pengalaman pengguna saat bermain game maupun membuat konten-konten video untuk di sosial media.

Selain itu, smartphone ini juga sudah mengalami 320+ Stringent Tests seperti Tombol daya 300000 kali, Tombol volume 150000 kali, Tes pasang dan cabut USB sebanyak 20000 kali, Temperature shock -40 ~ 75, 150 siklus hingga suhu tinggi jangka panjang dan kelembaban tinggi dengan suhu 65℃/95%RH/14-hari.

Pengujian ini menandakan kalau realme 9 memiliki durabilitas yang luar biasa dan bisa digunakan untuk waktu yang lama.

REVIEW OVERVIEW

Desain & Layar
Kamera
Performa
Baterai

SUMMARY

Review realme 9 masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami, smartphone ini menjanjikan performa serta kemampuan kamera yang cukup baik. Apalagi dengan dukungan baterai 5000 mAh, tentunya bisa semakin meningkatkan pengalaman pengguna saat bermain game maupun membuat konten-konten video untuk di sosial media.
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi