Wednesday, September 22, 2021
BerandaReviewLaptopReview realme Book, Debut Paripurna Laptop realme!

Review realme Book, Debut Paripurna Laptop realme!

Techdaily.id – realme memulai debutnya di Industri laptop dengan menghadirkan realme Book. Hal ini juga sejalan dengan strategi mereka yakni 1+5+T. realme Book hadir dari kategori terbaru yaitu laptop dalam ‘5’. Tim Techdaily berkesempatan untuk melakukan review realme Book sebelum perangkat ini benar-benar tersedia di pasaran pada pertengahan September nanti.

BACA JUGA
Techdaily Editorial Choice : Smartphone For School, OPPO A16

Sekadar informasi, hadirnya perangkat laptop pertama ini juga sekaligus menegaskan bahwa realme sebagai brand anak muda selalu berkembang dalam hal teknologi, sehingga realme Book ini memiliki kualitas yang sangat mumpuni untuk memenuhi kebutuhan personal terutama dalam pekerjaan.

Laptop yang memiliki slogan Dare to Create ini sendiri memang didedikasikan untuk para kreator-kreator muda agar lebih menunjang produktivitas mereka, terutama saat menjalankan aktivitas Work From Home seperti saat ini. Nah, buat kamu yang sedang mencari laptop baru untuk menunjang aktivitas kamu, yuk simak review realme Book berikut ini.

Desain

Karena ditujukan untuk para kreator muda, bagian desain tentu menjadi perhatian dari realme. Laptop ini mengusung konsep desain ultra-narrow bezel yang membuatnya memiliki tepi yang sangat tipis dengan bezel sebesar 5.3mm. 

Untuk dimensi keseluruhan, realme Book memiliki dimensi 307.21mm x 228.96 mm dengan tingkat ketebalan hanya 14.9 mm dan berat sekitar 1.48 kg saja. Laptop 14 inci ini memiliki dua varian warna yang bisa kamu pilih yakni Real Blue dan Real Grey yang semua bodinya dibalut dengan material aluminium. Secara keseluruhan, tampilan laptop ini sangat stylish dan cocok buat kamu yang punya tingkat mobilitas tinggi.

Beralih ke bagian keyboard, disini kami menemukan keyboard yang sudah didukung oleh LED Backlit yang cukup bagus. Keyboard laptop ini juga cukup responsif untuk mengetik dokumen dengan jarak antar huruf yang cukup sesuai bagi kami. Hanya saja, kami rasa mousepad laptop ini cukup besar sehingga beberapa kali sempat tersentuh oleh tangan yang mengakibatkan kursor jadi tergeser. Nah, pada laptop ini juga disediakan sebuah sensor pemindai sidik jari yang menyatu dengan tombol power.

Menurut kami secara desain laptop ini cukup berkelas dan sangat nyaman digunakan ketika berpergian. Jika laptop ini sudah dilengkapi dengan sertifikat Military Grade, tentunya akan membuat pengguna merasa nyaman meski membawa realme Book kemanapun.

BACA JUGA
Kerjasama Dengan Forwat & AJI, OPPO Indonesia Mendonasikan Rp100 Juta Untuk Jurnalis Yang Terdampak Covid-19

Layar

review realme Book masuk ke bagian layar. Disini kami mendapatkan pengalaman yang cukup immersive dari layar laptop ini. realme Book memiliki layar beresolusi 2K dengan 100% sRGB. Tentu layar ini akan sangat menunjang para konten kreator dalam menghasilkan konten-konten berkualitas dengan keakuratan warna yang sempurna.

Dengan menempatkan bezel hanya sebesar 5.3mm, membuat Screen-to-body Ratio dari layar ini mencapai 90% yang sejatinya lebih tinggi dari Macbook Air. Laptop ini juga punya tingkat kecerahan hingga 400 nits yang sejatinya bisa memberikan visualisasi yang jelas meski berada di luar ruangan. 

Satu lagi yang kami apresiasi dari laptop ini adalah dengan hadirnya webcam pada bagian atas layar, di mana biasanya untuk laptop berukuran tipis selalu meletakan kamera pada bagian keyboard yang sejatinya membuat pengguna tidak terlalu nyaman ketika melangsungkan meeting virtual. Webcam ini memiliki resolusi HD yang sangat mumpuni untuk kegiatan meeting virtual.

Secara keseluruhan, layar laptop ini sangat menunjang aktivitas kami dalam menghasilkan konten-konten kreatif, mulai dari mengedit foto hingga dokumen. Hanya saja, kami masih harus beradaptasi dengan rasio layar realme Book yang mengadopsi tingkatan 3:2 di mana laptop pada umumnya mengadopsi rasio 16:9. 

Konektivitas

review realme Book

Satu hal yang menjadi nilai tambah pada sebuah perangkat laptop adalah dengan tersedianya banyak port konektivitas yang menjadikan perangkat laptop bisa terhubung dengan perangkat lainnya. 

Pada realme Book, kamu akan menemukan banyak port mulai dari Port Thunderbolt 4, Port Type C, USB 3 dan tentu saja jack audio 3.5 mm. Selain itu, terdapat pula dukungan Wifi 6 dan bluetooth 5.2 yang memudahkan pengguna saat proses transfer file secara nirkabel.

Sejatinya, terdapat satu fitur transfer lagi yang cukup baik. Fitur tersebut yakni PC Connect yang memungkinkan pengguna untuk menyambungkan smartphonenya dengan komputer. Hanya saja, fitur ini baru bisa bekerja pada smartphone realme GT Master Edition saja. Kemudian, dengan tidak adanya slot Card Reader dan port HDMI berpotensi untuk membuat pengguna kesulitan dalam mentransfer data maupun presentasi. Akan tetapi, kamu bisa mendapatkan konektor untuk HDMI dan Card Reader dengan membelinya dari penyedia pihak ketiga.

Performa

review realme Book

realme Book ditopang oleh prosesor Intel Generasi ke-11 terbaru yang memiliki fabrikasi 10nm dan tentunya sangat efisien serta bertenaga. Prosesor ini mampu menghasilkan kecepatan hingga 45% lebih baik ketimbang seri sebelumnya yang tentu saja akan meningkatkan pengalaman pengguna untuk bekerja maupun bermain game. 

Pada kesempatan kali ini, kami mendapatkan laptop dengan dukungan prosesor Intel Core i5 yang ditemani oleh Intel Iris Xe sebagai GPU nya dan dukungan RAM sebesar 8GB berjenis LPDDR4X. Untuk storage nya sendiri, laptop ini menggunakan SSD PCIe sebesar 512GB yang sejatinya cukup luas dan sangat cepat untuk proses booting serta masuk ke aplikasi. 

Untuk menguji performa nya, kami menggunakan software PCMark dan memainkan game mainstream seperti CS:GO. Hasilnya, realme Book mampu menghasilkan skor 4112 untuk hasil benchmark nya. Sedangkan untuk CS:Go, laptop ini mampu menyuguhkan performa grafis dengan resolusi 2160×1440 dengan setingan grafis High.

Audio

realme Book menggunakan 2 speaker Harman Kardon yang memberikan pengalaman multimedia yang baik. Laptop ini juga memiliki dual mic noise cancellation yang mendukung Elevoc Vocplus AI Noise Cancellation algoritma, teknologi Vocplus Pre-processing, dan teknologi Vocplus Scream Suppression. 

Fitur ini tentunya akan sangat memudahkan pengguna ketika sedang melakukan meeting virtual di manapun. 

Baterai

review realme Book

Review realme Book masuk ke bagian baterai. Disini, kamu akan menemukan baterai laptop yang cukup awet. Laptop ini memiliki baterai berkapasitas 54Wh yang bisa menemani kamu hingga seharian 11 jam pemakaian normal. Pada saat kami menguji laptop ini menggunakan alat uji PCMark dan laptop ini mampu bertahan hingga 6 jam 31 menit untuk skema pengujian modern office.

realme Book juga dilengkapi dengan sistem pengisian daya cepat 65W yang diklaim mampu mengisi daya sampai 50% hanya dalam 30 menit, jadi pengguna dapat dengan cepat melakukan pengisian daya bahkan bila dalam keadaan mendesak. Dalam waktu yang sama, charger 65W juga cocok dengan teknologi realme 30W Dart Charge yang membuat pengguna bisa dengan cepat mengisi daya smartphone realme bersamaan dengan beragam perangkat USB-C port seperti tablet, power bank, dan lainnya.

BACA JUGA
Daftar Promo ShopeePay Terbaru, Buruan Cek!

Menurut kami, dari segi baterai, realme Book sangat mampu mengakomodasi aktivitas mobile pengguna dan sangat cocok buat kamu yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi. 

Kesimpulan

Review realme Book masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami secara keseluruhan realme Book menjadi laptop yang sangat baik, terutama dari sisi desain, performa serta daya tahan baterai. 

Dibanderol dengan harga Rp 10,999,999 selama masa pre-order di JD.ID dan realme.com hingga akhir bulan ini, realme Book menawarkan performa dan desain layaknya laptop harga 20 jutaan. 

Sebagai catatan, ini merupakan sebuah debut realme di industri laptop yang mana menurut kami menjadi sebuah debut yang mulus dengan menghadirkan perangkat laptop yang punya segudang fitur terbaik dengan harga yang relatif terjangkau. 

Jika realme terus menghadirkan perangkat semacam ini, tentu kedepannya lini bisnis laptop mereka akan menjadi ancaman bagi para pemain besar lainnya. 

 

REVIEW OVERVIEW

Desain
Layar
Performa
Konektivitas
Audio
Baterai

SUMMARY

Review realme Book masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami secara keseluruhan realme Book menjadi laptop yang sangat baik, terutama dari sisi layar, performa serta daya tahan baterai. Dibanderol dengan harga Rp 10,999,999 selama masa pre-order di JD.ID dan realme.com hingga akhir bulan ini, realme Book menawarkan performa dan desain layaknya laptop harga 20 jutaan. 
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi