Smartphone

Review realme C21, HP ‘Badak’ Cuma Sejutaan

Techdaily.id – realme kembali menghadirkan sebuah smartphone entry level mereka dari lini C series. Smartphone realme dari seri ini memang menawarkan harga yang relatif terjangkau namun memiliki spesifikasi yang cukup untuk digunakan dalam aktivitas yang tidak berat. Untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai ponsel ini, kami mencoba menyajikan ulasan tentang review realme C21 yang menurut kami cukup menarik untuk dibahas.

BACA JUGA
Gokil, 21 Ribu Unit Realme 3 Ludes Dalam 3 Menit!

realme C21 sendiri memiliki slogan Tiga Kamera, Kualitas Juara yang juga disebut-sebut sebagai smartphone dengan sertifikasi ketahanan paling terjangkau. Hal tersebut cukup masuk akal mengingat ponsel ini sudah berhasil mengantongi sertifikasi TÜV Rheinland. 

Seperti biasanya, pada review realme C21 kali ini kami akan membahas dari berbagai aspek, mulai dari desain, performa hingga daya tahan ponsel ini. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ulasan lengkapnya.

Desain & Layar

Review realme C21 kita mulai dari bagian desain dan layar yang digunakan oleh ponsel ini. realme C21 sendiri mengusung konsep desain yang cukup berbeda dari seri C sebelumnya. Smartphone ini hadir dengan 2 pilihan warna yakni Cross Black dan Cross Blue. Terinspirasi oleh bentuk jam pasir, desain crosshatch yang berani, trendi dan fungsional, menjadikan ponsel ini mampu memberikan efek visual yang kuat sekaligus melindungi bagian belakang dari noda sidik jari.

Pada bagian belakangnya, kami disuguhkan oleh tampilan desain yang lebih berwarna, menarik, nyaman digenggam dan minim bekas sidik jari serta efektif mencegah goresan dan terpeleset dari tangan.

Masih di bagian belakang, terdapat aksen seperti sebuah pita besar, modul kamera berbentuk kotak, letak ukiran logo realme yang tebal untuk membuat desain lebih ikonik dan indah. Terbaru dari desain realme C21 adalah penempatan speaker grill di bagian belakang. realme mengklaim bahwa keluaran suara dari belakang ini cenderung lebih besar dan sesuai dengan survey internal yang dijalankan, bahwasanya pengguna seri C lebih membutuhkan keluaran suara yang besar.

Beralih ke bagian depan, terdapat layar berukuran 6,5 inci dengan aspek rasio 20:9. Bentangan layar ini cukup menghadirkan bidang pandang yang lebih luas, memberikan pengalaman menakjubkan untuk bermain game dan menonton video. Akan tetapi, layar ponsel ini masih memiliki resolusi 720×1600 piksel. 

Namun, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna realme berupaya untuk meningkatkan rasio Screen to Body yang mencapai 89.5% agar pengalaman menonton film di ponsel ini menjadi lebih menarik lagi. Sampai disini, kami cukup puas memandang desain dan layar ponsel ini, meski tidak sebagus seri C lainnya seperti C17 maupun realme C3, namun cukup.

Kamera

realme C21 hadir dengan 3 kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 13MP sebagai kamera utama, 2MP sebagai lensa macro nya dan 2MP lainnya dimanfaatkan untuk depth sensor dan lensa B&W. Sedangkan untuk kamera depannya 5MP dengan bukaan diafragma yang cukup lebar yakni f/2.2. 

Satu hal yang menurut kami menarik adalah hadirnya lensa yang didedikasikan khusus untuk kebutuhan B&W. Pasalnya, biasanya para produsen smartphone hanya menghadirkan filter saja untuk B&W tanpa lensa yang dedicated. 

Hadirnya lensa ini sendiri tentu dapat mereproduksi potret dalam warna hitam dan putih, memberikan eksposur yang lebih tinggi dan meningkatkan kontras antara gambar terang dan gelap ketimbang hanya menggunakan filter. Dalam mode Potret, pencahayaan, suhu warna, rona, dan parameter lainnya disesuaikan dengan baik berulang kali. Bersamaan dengan simulasi hasil karya potret, software yang tertanam pada ponsel ini juga menerapkan gaya retro dengan penerapan yang luas, menambah tekstur pada foto untuk sentuhan akhir.

Selebihnya, fitur ‘langganan’ pada kamera realme pun juga dihadirkan di smartphone ini. Meski bukan menjadi yang terbaik di lini C Series, namun konfigurasi kamera di realme C21 ini cukup bisa diandalkan, terutama saat kamu sedang mengambil foto di lokasi outdoor dengan pencahayaan yang cukup. Apalagi, pada kamera depan ponsel ini sudah diselipkan beberapa fitur seperti AI Beauty; HDR; Panoramic View; Timelapse.

Performa

Review realme C21 kami lanjutkan pada bagian performa, disini kita bisa melihat bagaimana realme berupaya untuk menghadirkan sebuah chipset yang cukup kuat namun memiliki harga yang relatif terjangkau. Tujuannya cukup jelas, yakni untuk menekan harga produksi agar pengguna dapat memiliki ponsel ini tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam. 

Smartphone ini ditopang oleh chipset MediaTek Helio G35 yang merupakan sebuah chipset gaming kelas entry level. Chipset ini memiliki delapan inti otak dengan proses produksi 12nm dan kecepatan 2,3Ghz, mengadopsi struktur Cortex A53, chipset ini sangat ideal untuk pengguna smartphone dan gamer pemula dan seharusnya mampu melahap berbagai game mainstream, tentunya dengan setingan grafis yang rendah.

Pada review kali ini, realme C21 yang kami dapatkan memiliki RAM sebesar 4GB dan penyimpanan internal sebesar 64GB. Namun, realme juga menyediakan varian yang lebih kecil yakni 3/32GB. Untungnya, RAM pada ponsel ini sudah menggunakan LPDDR4X yang bisa meningkatkan kinerja grafis sebesar 20% dan kinerja RAM sebesar 100% ketimbang LPDDR3.

Pada pengujian kali ini, kami menggunakan alat uji PCMark dan bermain game Call Of Duty Mobile. Hasilnya, pada pengujian PCMark ponsel ini mampu mendapatkan skor 5845 sementara saat bermain game CODM, ponsel ini mampu menyuguhkan setingan grafis Low dan frame rate High. Kami pun tidak merasakan adanya lag saat bermain game ini, namun suhu ponsel terasa cukup hangat ketika dimainkan kurang lebih 30 menit. Hal ini kemungkinan terjadi karena firmware yang digunakan masih belum stabil dan bisa diselesaikan dengan update firmware selanjutnya. 

Fitur Unggulan

review realme c21

Meski ditujukan sebagai pelengkap, namun ponsel ini juga memiliki sensor pemindai sidik jari fisik yang cukup responsif. Selain itu, realme C21 juga mendukung pengenalan wajah untuk mempermudah membuka kunci dengan sekali klik atau sekali lirikan wajah dan aman untuk privasi pengguna. Menurut kami, fitur ini cukup menonjol dan melebihi ekspektasi kami terkait smartphone ini.

Hadir pula realme UI yang berbasis pada Android 10 yang sudah dibangung mendekati antarmuka Android murni yang menjadikan realme UI mampu berjalan dengan cukup smooth dan enteng.

Baterai

review realme C21

realme C21 hadir dengan baterai yang cukup besar yakni 5000 mAh. Menurut kami, sektor baterai menjadi sektor yang paling menonjol di ponsel ini. Berdasarkan pengujian di realme Lab, realme C21 dapat bertahan selama 47 hari dalam mode siaga, bahkan jauh lebih baik daripada beberapa flagship lainnya. realme C21 juga ditopang oleh fitur Super Power Saving Mode yang dapat memperpanjang durasi penggunaan baterai ponsel ini.

Pada mode ini, pengguna dapat memilih 6 aplikasi yang paling banyak digunakan untuk tetap aktif untuk memperpanjang usia baterai yang sangat lama. Pada saat yang sama, smartphone akan menghidupkan strategi penghematan daya yang lebih agresif. Selain itu, terdapat pula teknologi reverse charge yang membuat ponsel ini terasa lebih “mahal”. 

Dalam “menyiksa” baterai ponsel ini, kami menguji daya tahan baterai realme C21 lewat software PCMark. Pada aplikasi benchmark ini, baterai realme C21 berhasil bertahan hingga 20 jam 35 menit yang menurut kami cukup awet untuk baterai berkapasitas 5000 mAh. 

Sertifikasi Keandalan Tinggi TÜV Rheinland 

Untuk menjaga durabilitas dari ponsel ini, selama 8 bulan terakhir realme dan tim pengujian kualitas di TÜV Rheinland bekerjasama untuk menetapkan standar kualitas baru yang ditingkatkan untuk smartphone. Sertifikasi Keandalan Tinggi Smartphone TÜV Rheinland menguji sebanyak 23 tes skenario penggunaan smartphone sehari-hari mulai dari tes jatuh, tes cipratan air, tes komponen fisik hingga tes abrasi.

Tes abrasi misalnya, banyak pengguna menaruh smartphone di kantong celana sehingga sering bergesekan dengan bahan denim. Tes abrasi dilakukan untuk melihat adanya perubahan warna atau apakah warna memudar akibat bergesekan dengan material denim. 

Lalu tes komponen fisik dilakukan untuk melihat seberapa awet lubang charger ketika plug-in dan plug-out kabel charger dilakukan berulang-ulang selama masa pemakaian smartphone. Semua tes yang dilakukan oleh TÜV Rheinland berdasarkan asumsi pemakaian smartphone selama kurun waktu tiga tahun. 

Hasil tes ini menjadikan realme C21 tahan terhadap resiko terjatuh, suhu ekstrim hingga fluktuasi tegangan.

Kesimpulan

Menurut kami realme C21 merupakan smartphone yang pas untuk pengguna yang baru menggunakan smartphone, misalnya orang tua dan anak kecil yang biasanya cukup sering menjatuhkan perangkat ponsel mereka. Selain itu, dukungan baterai yang cukup besar mampu menjadikan perangkat ini tetap terjaga meski memutar video secara nonstop seharian. Jika Anda sedang mencari smartphone dengan sertifikasi ketahanan paling terjangkau, realme C21 adalah jawabannya. realme C21 dibanderol dengan harga Rp. 1.699.000 dimana realme memberikan harga Flash Sale yakni Rp. 1.549.000,- di mana Flash Sale nya akan digelar di beberapa situs e-commerce seperti Lazada, shopee dan realme.com

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close