Saturday, September 18, 2021
BerandaReviewSmartphoneReview realme C21Y, HP Sejutaan Untuk Sekolah Online

Review realme C21Y, HP Sejutaan Untuk Sekolah Online

Techdaily.id – Jika kamu sedang mencari sebuah smartphone dengan harga terjangkau yang bisa digunakan untuk sekolah online, mungkin ulasan mengenai Review realme C21Y ini menjadi ulasan yang tepat kamu ikuti. Pasalnya, terdapat banyak ponsel dengan harga sejutaan di pasaran namun tidak semua mampu mengakomodir kebutuhan sekolah online seperti baterai besar dan layar yang juga besar.

BACA JUGA
Review realme 5, Senjata Baru realme Dikelas Menengah

realme C21Y sendiri merupakan smartphone baru yang benar-benar ditujukan untuk sekolah online, hadirnya ponsel ini sendiri juga menjadi salah satu bentuk dukungan realme pada program pemerintah yakni PPKM Darurat yang bertujuan untuk menekan penyebaran virus Covid-19. Nah, jika kamu penasaran dengan smartphone ini, berikut kami hadirkan ulasan menarik tentang review realme C21Y.

Desain & Layar

review realme c21Y

realme C21Y hadir dengan dua varian warna yakni Cross Blue dan Cross Black. Terinspirasi oleh Time Hourglass, desain crosshatch yang berani juga modis dan fungsional yang tentu saja cocok dengan para pelajar yang masih berjiwa muda. Dengan sebuah garis pita melintang di bagian belakang dari atas ke bawah, merangkai modul kamera dengan logo realme yang tegas untuk membuat desain lebih ikonik dan seimbang.

Pada bagian belakang, kamu akan menemukan tiga kamera lengkap dengan LED Flash, sensor pemindai sidik jari dan logo realme. Sedangkan di sisi kiri dan kanannya terdapat slot SIM Card dan SD card, serta tombol volume dan power. Sementara pada bagian bawah, kamu akan menemukan lubang jack audio 3,5 mm, lubang mic dan juga port Micro USB.

Sedangkan untuk bagian layarnya, ponsel ini memiliki layar berukuran 6.5 inci dengan resolusi HD+ dan rasio layar 89,5%. Dengan layar yang cukup luas ini, diyakini aktivitas belajar online seperti zoom dan microsoft Teams dapat dilakukan dengan mudah. 

Kamera

Review realme C21Y berlanjut ke bagian kamera, smartphone ini hadir dengan tiga kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 13MP, 2MP dan 2MP, sedangkan untuk kamera depannya memiliki resolusi 5MP. Sepintas memang tidak ada yang spesial dari kamera ponsel ini. Akan tetapi, untuk sekedar mengabadikan momen, kami rasa kamera dari realme C21Y masih bisa diandalkan. Apalagi terdapat fitur 4X Zoom pada kamera ponsel ini yang cukup untuk membantu mengerjakan tugas sekolah yang berkaitan dengan audio visual selama berada di rumah.

Ponsel entry level ini juga mampu mendukung perekaman video hingga 1080p yang akan memudahkan para anak dalam mengerjakan tugas video mereka. Beberapa foto diatas adalah contoh dari hasil foto yang diambil menggunakan kamera ponsel ini.

Dapur Pacu

review realme c21Y

Meski masuk kedalam kategori smartphone Entry Level, namun ponsel ini masih ditopang oleh prosesor octa-core 12nm yang cukup bertenaga yang dapat dimanfaatkan untuk belajar secara online. Prosesor octa-core yang memiliki clock hingga 1,8GHz ini terdiri dari dua inti A75 berkinerja tinggi pada 1,8GHz dan enam inti A55 yang hemat daya pada kecepatan 1,8GHz. GPU yang digunakan adalah Mali G52 yang hemat energi, yang kecepatannya dapat mencapai hingga 614,4MHz. 

Chipset ini juga ditemani oleh dua varian RAM yakni 3GB dan 4GB dan dua varian penyimpanan internal yakni 32GB dan 64GB. Jika kamu merasa kapasitas penyimpanan internal ini masih cukup kecil, kamu bisa menambah kapasitas tersebut dengan melakukan ekspansi menggunakan memori eksternal hingga 256GB.

Jika dilihat sekilas, memang dapur pacu dari ponsel ini tidak terlihat istimewa, namun dengan hadirnya realme UI berbasis Android 11, menjadikan ponsel ini punya tampilan yang sederhana yang responsif, sehingga ponsel ini tidak terasa ‘lelet’ ketika digunakan.

Untuk menguji performa nya, kami menggunakan alat uji PCMark dan memainkan game Free Fire yang menjadi salah satu game favorit kebanyakan pelajar di tingkat dasar dan menengah. Hasilnya, ponsel ini berhasil memperoleh skor 8226 dan mampu menyajikan setingan grafis Ultra dan Frame Rate High.

Baterai

Salah satu keunggulan dari realme C21Y yang menurut kami cukup menonjol adalah dari segi baterai. Smartphone ini mengusung baterai berkapasitas 5000 mAh yang sangat membantu sekali para siswa untuk belajar secara virtual. Selain itu, baterai besar ini juga bisa dimanfaatkan oleh mereka untuk browsing berbagai tugas sekolah ataupun bermain game setelah seharian mengikuti pembelajaran secara daring.

Tercatat, pengguna setidaknya mampu melakukan panggilan telepon hingga 44 jam, streaming video selama 21 jam, mengikuti pertemuan online sekitar 6 jam dan bermain game sekitar 5 jam.

Selain itu, realme C21Y menawarkan penghematan daya seperti: App Quick Freeze yang dapat mengurangi penggunaan daya aplikasi di latar belakang yang diam, Screen Battery Optimization yang akan menurunkan beberapa efek tampilan untuk meningkatkan daya tahan smartphone pengguna dan Sleep Standby Optimization di mana smartphone berjalan dengan mode yang lebih rendah saat Anda sedang tidur. Pemberitahuan aplikasi kemungkinan dapat tertunda.

review realme C21Y

Kami juga sempat menguji daya tahan baterai ini menggunakan aplikasi PCMark, dan ponsel ini mampu bertahan hingga 16 jam 34 menit. 

Tersertifikasi TÜV Rheinland

Cukup mengejutkan bagi kami lantaran ponsel ini berhasil mengantongi sertifikat TÜV Rheinland yang membuktikan kalau ponsel ini memiliki durabilitas yang cukup tinggi dan bisa digunakan hingga bertahun-tahun lamanya. Sertifikasi ini sendiri cukup jarang kita temukan pada ponsel entry level.

Sertifikasi Keandalan Tinggi Smartphone TÜV Rheinland menetapkan standar kualitas tinggi untuk konsumsi barang elektronik, serta merupakan standar industri untuk pasar-pasar besar di seluruh dunia.

Terdapat 23 jenis tes, mulai dari skenario uji penggunaan harian, uji temperatur ekstrim dan uji keandalan komponen. Ke-23 tersebut didasarkan pada kondisi penggunaan smartphone dan siklus smartphone selama tiga tahun. 

Kesimpulan

Review realme C21Y masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami, ponsel ini bisa menjadi pilihan yang objektif untuk kamu yang sedang mencari smartphone dengan harga relatif terjangkau. realme C21Y juga cukup cocok digunakan oleh para siswa sekolah dasar dan menengah untuk kegiatan sekolah online mereka. 

Buat kamu yang ingin memiliki realme realme C21Y dengan harga promo, nantikan periode flash sale realme C21Y varian 4/64GB di tanggal 27 & 28 Juli jam 12:00 WIB di Shopee, akulaku, realme.com/id. Lengkapi juga alat belajar online dengan realme Buds Q yang bundling dengan realme C21Y dan mendapatkan potongan harga Rp 50 ribu, selama persediaan masih ada. 

 

REVIEW OVERVIEW

Desain
Kamera
Performa
Baterai

SUMMARY

Review realme C21Y masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami, ponsel ini bisa menjadi pilihan yang objektif untuk kamu yang sedang mencari smartphone dengan harga relatif terjangkau. realme C21Y juga cukup cocok digunakan oleh para siswa sekolah dasar dan menengah untuk kegiatan sekolah online mereka. 
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi