Thursday, May 19, 2022
BerandaReviewReview realme narzo 50, Alternatif HP Gaming Ramah Kantong!

Review realme narzo 50, Alternatif HP Gaming Ramah Kantong!

Techdaily.id – Di saat menanti realme GT 2 Pro, kita dikejutkan dengan kehadiran perangkat untuk kelas yang lebih rendah, realme narzo 50. Anak muda yang menanti smartphone realme dengan harga bersahabat tapi tetap dengan fitur yang mumpuni, ini ponsel untuk kalian. Sebelum ponsel ini benar-benar ada di pasaran, tim redaksi Techdaily berkesempatan untuk melakukan review realme narzo 50. 

BACA JUGA
Iqbaal: realme GT Master Edition HP Pilihan Saat Travelling!

realme narzo 50 dilengkapi dengan chipset mumpuni untuk bermain game, desain stylish dengan pewarnaan yang baru lagi, kamera 50MP dan layar yang memanjakan mata dengan refresh rate maksimum di 120Hz. Penasaran dengan kelebihan lain yang ditawarkan smartphone ini? Yuk simak ulasan lengkap kami. 

Review realme narzo 50

Desain dan Layar

realme narzo 50 hadir dengan desain yang sebenarnya tidak jauh berbeda dari perangkat realme sebelumnya. Namun bukan realme kalau tidak menampilkan desain yang baru. Bisa dilihat pada bagian back cover, realme narzo 50 mengusung pewarnaan dan tekstur yang disebut Kevlar Speed Design. Dimana bagian tengah dari belakang smartphone ini diberi aksen mirip tekstur carbon fiber. Mengingatkan kita pada desain custom mobil-mobil balap.

Tekstur ini kemudian dilapisi dengan plastik glossy transparan. Halus, namun terasa tidak licin bahkan cenderung kesat, sehingga memberikan grip saat digunakan meskipun tangan kita dalam keadaan berkeringat.

Di bagian depan, realme narzo 50 menampilkan layar 6,6 inci dengan resolusi 2412 x 1080 pixel FHD+. Membawa panel jenis IPS LCD, tampilan yang disuguhkan terasa sudah cukup memuaskan dengan kecerahan di angka 480 nits dan rasio layar ke body ada di angka 90.8%.

Layar realme narzo 50 ini memaksimalkan kemampuan chipset dengan menawarkan 6 pilihan refresh rate yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Selain membuat mata kamu nyaman, juga memberikan efisiensi power yang lebih baik.

Fitur ini juga pernah hadir di realme 9 Series. Dimana layar smartphone ini membuka semua kemungkinan refresh rate, dari 30, 45, 48, 50, 60, 90 dan 120 Hz. Mulai dari standar untuk menonton media di timeline sosial media, tayangan setara TV analog, bermain game, hingga kenyamanan saat menggeser-geser layar timeline media sosial.

Jadi, secara desain dan layar, realme narzo 50 sudah memberikan update teknologi terbaru. Merupakan poin positif yang bisa kita rasakan tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak.

Kamera

Smartphone ini membawa konfigurasi 3 kamera, terdiri dari kamera utama 50MP dengan aperture besar f/1.8, kamera Makro 2MP dengan bukaan f/2.4 dan kamera B&W 2MP dengan bukaan f/2.8.

Kamera utama 50MP mampu menghasilkan gambar yang cerah, berkat bukaan besar yang memungkinkan cahaya jatuh ke sensor yang lebih banyak. Juga memungkinkan kamu melakukan zooming digital hingga perbesaran 4x tanpa mengurangi kualitas foto.

BACA JUGA
Review realme 8, Banyak Fitur Portrait Unggulan

Sementara kamera Makro bisa dimanfaatkan untuk mengambil gambar dari jarak dekat hingga 4cm dan kamera B&W digunakan untuk kebutuhan memberi efek artistik pada foto, terutama di sisi kontras dan simulasi hasil kamera analog yang cocok buat fotografi jalanan alias street photography.

Tapi bukan itu saja yang ditawarkan oleh kamera realme narzo 50. Di bagian portrait misalnya, kamu bisa mendapati sejumlah AI enhancement features AI Color Portrait, Dynamic Bokeh, dan sejumlah efek lain yang bakal bikin hasil foto kamu banyak yang ngelike di instagram. Unik dan bakal tidak sama dengan hasil foto orang lain.

Dalam hal perekaman video, kamera utama ini hanya menyediakan 2 opsi resolusi yakni 1080p (FHD) dan 720p (HD) yang masing-masing dapat merekam dalam frame rate 30 fps. Kecuali, kalau kita akses mode slo-mo, maka kita bisa meraih frame rate video di 120fps dengan playback di 30fps. Hasil kamera ponsel ini bisa kamu cek di bawah ini.

Performa

Review realme narzo 50 masuk ke dalam bagian performa. Perangkat ini hadir dengan membawa realme UI 2.0 berbasis Android 11. Sejumlah fitur penting dan bermanfaat dihadirkan. Termasuk salah satunya fitur Virtual RAM. Untuk pertama kalinya Virtual RAM hadir di perangkat narzo. Memungkinkan kita untuk meminjam besaran memori internal untuk dijadikan RAM sementara ketika dibutuhkan.

Sementara itu untuk performa hardware, realme narzo 50 menyematkan chipset besutan Mediatek, yakni Helio G96. Chipset ini membawa prosesor 8 inti dengan konfigurasi 2 berbanding 6. Dimana 2 core performa terdiri dari 2 inti cortex A76 2.05GHz dan 6 core efisiensi terdiri dari 6 inti cortex A55 2GHz.

Chipset ini pun membawa GPU yang sudah teruji, yakni Mali-G57 MC2. Dan merupakan satu-satunya di kelas ini yang membawa dukungan refresh rate layar hingga 120 Hz.

Varian yang kami review membawa RAM sebesar 4GB, dan ROM atau memori internal 64GB. Seharusnya sih sudah mumpuni, karena toh ponsel ini juga membawa slot memori tambahan yang terpisah dari 2 slot SIM Card yang tersedia.

Seperti biasa kami menguji kemampuan chipset ini dengan PCMark dan didapatkan hasil yang positif, yakni berada di angka 8438. Skor yang menarik untuk smartphone di kelas entry.

Kami juga menguji smartphone ini dengan bermain game Pokemon Unite dan ternyata realme narzo 50 mampu menawarkan settingan grafis Highest dan frame rate High. 

Baterai

realme narzo 50 hadir dengan baterai 5000 mAh. Dengan efisiensi yang ditawarkan oleh realme UI 2.0, maka kapasitas ini sudah cukup untuk mendukung kinerja ponsel selama dua harian tanpa harus melakukan pengisian daya ulang.

BACA JUGA
5 Fitur Kamera realme Narzo 50A

Namun ketika kita membutuhkan pengisian daya ulang yang efisien, smartphone ini pun menyediakan teknologi pengisian daya cepat in-house milik mereka yakni Dart Charge. Dengan daya maksimum di 33W.

Dengan Dart Charge 33W ini, kita bisa mengisi daya ponsel dari nol hingga 100% hanya dalam waktu 70 menit. Karena merupakan teknologi dalam ekosistem yang tertutup, maka realme telah menjamin keamanan pengisian daya ini, baik secara hardware maupun software.

Dengan kapasitas 5000 mAh yang dimilikinya, baterai Narzo 50 ini bisa bertahan dalam stress test kami selama 7 jam nonstop dengan kondisi layar terus menyala dan hanya kehilangan sekitar 45% daya saja. Dan dalam prakteknya, kami bisa menggunakan sisa baterai untuk foto-foto, benchmarking dan kegiatan umum lainnya hingga 3 hari berikutnya.

Kesimpulan

realme narzo biasanya hadir di kelas low to mid. Dan realme narzo 50 ini termasuk dalam kelas premium entry level. Karena menawarkan harga yang relatif rendah, namun dengan spesifikasi yang apik, baik dari hardware maupun dari software. HP Gaming entry level ini bisa kamu dapatkan pada platform Lazada dengan mengklik link ini. 

REVIEW OVERVIEW

Desain & Layar
Performa
Kamera
Baterai

SUMMARY

realme narzo biasanya hadir di kelas low to mid. Dan realme narzo 50 ini termasuk dalam kelas premium entry level. Karena menawarkan harga yang relatif rendah, namun dengan spesifikasi yang apik, baik dari hardware maupun dari software.
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi