Monday, May 16, 2022
BerandaReviewReview realme X, si Game Changer Kelas Menengah

Review realme X, si Game Changer Kelas Menengah

TechDaily.id – Sudah ditunggu banyak orang, akhirnya realme menghadirkan produk unggulan mereka yakni realme X ke pasar Indonesia. Smartphone yang mengusung spirit Dare To Leap ini memang khusus dihadirkan untuk para anak muda yang siap menembus batas.

Realme X hadir dengan sederet pembaruan dari seri realme sebelumnya yang tentu semakin menegaskan komitmen mereka untuk menghadirkan ponsel kelas premium dengan harga terjangkau. Realme X merupakan ponsel yang memiliki tujuan akhir membawa “overstepping experience” di semua aspek.

Selain itu, ponsel ini juga merupakan seri perdana realme yang mengusung desain pop-up Camera Selfie, yang tentu saja menjadikan layar dari ponsel ini menjadi lebih lebar dan tanpa notch.

Tim TechDaily.id berkesempatan untuk melakukan Product Review dari Smartphone ini. Well, daripada penasaran yuk langsung masuk ke topik pembahasan.

Desain

Realme X hadir dengan desain yang mewah khas produk-produk smartphone kelas atas. Body nya berbahan dasar plastik yang cukup kokoh dengan balutan gradasi warna biru yang anggun. Body belakangnya tampak sepi dengan hanya meletakan dua buah kamera serta satu flash LED dan tidak terlihat pemindai sidik jari.

Ponsel ini memiliki dimensi 161.2 x 76 x 8.6 mm dan berat 191 gram. Pada bagian atasnya, kami tidak menemukan adanya lubang untuk port audio. Dibagian ini hanya terdapat garis diagonal untuk pop-up camera.

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=l4EZhgEvxjc[/embedyt]

Sedangkan untuk bagian bawahnya, terdapat jack audio, port USB Type C dan lubang speaker. Cukup simpel dan semakin menegaskan desain ponsel premium.

Sementara untuk sisi kiri dan kanannya, terdapat tombol volume dibagian kiri dan tombol power dibagian kanan serta tray SIM card dan microSD.

Layar

Di bagian layarnya, realme X menggunakan layar Super AMOLED berukuran 6,53 inchi yang cukup lebar dengan rasio screen to body yang mencapai 91,2 persen. Seperti yang dijelaskan diatas, pada layar ponsel kita tidak menemukan adanya notch atau poni karena kamera depan realme X mengusung sistem pop-up. Desain seperti ini biasanya sering kita jumpai pada ponsel kelas premium.

BACA JUGA
Review realme 5s, Kamera Jago, Baterai Jumbo

Tidak hanya itu, dibagian layarnya juga terdapat satu fitur unggulan lagi yakni sensor sidik jari dalam layar. Bukan sekadar fingerprint biasa, karena sistem sidik jari ini sudah menggunakan optik sehingga proses pemindaian menjadi lebih cepat dari teknologi sebelumnya.

Optimalisasi menyeluruh dari algoritma dan hardware dari perangkat ini membuat pembukaan kunci sidik jari lebih aman dan lebih cepat. Penggunaan sensor sidik jari optik Goodix terbaru bahkan memberikan realme X ukuran unit pixel 44% lebih besar.

Dengan jumlah piksel keseluruhan yang tetap sama, ukuran total piksel meningkat dari 5um menjadi 7.2um, memperluas jangkauan pengenalan dinamis layar sebesar 30% untuk mengenali sidik jari lebih cepat.

Keseluruhan fitur canggih ini diselimuti oleh Corning Gorilla Glass 5 yang menambah kokohnya layar 6,53 inci yang dimiliki oleh realme X dan memberi kesan lebih mendalam kepada pengguna saat menonton video dan menelusuri gambar.

Kamera

 

Realme X hadir dengan dua kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 48 MP dengan sensor Sony IMX 586 dan 5 MP untuk depth sensor nya.

Perhatian kami tentu tertuju pada kamera utama dari ponsel ini, Kamera utama realme X memiliki sensor 1/2.0 inci dan aperture f/1.7 yang besar. Teknologi Binning Pixel yang dimilikinya, diklaim mampu meningkatkan pixel tunggal menjadi 1,6um. Dengan paparan seperti ini, diatas kertas foto yang dihasilkan oleh realme X tentu mengalami peningkatan yang signifikan dibanding seri sebelumnya. Apalagi realme X memiliki sederet fitur kamera yang disempurnakan seperti Nightscape, Chroma Boost, Potrait Style hingga mode perekaman super slow motion 960 fps yang akan kita bahas lebih dalam pada bagian fitur.

Tim TechDaily menjajal kemampuan kamera ini di berbagai kondisi pencahayaan, baik itu indoor maupun outdoor. Hasilnya, bisa dilihat bagaimana kamera belakang dari ponsel ini menyajikan komposisi warna yang cukup baik, detil, serta minim noise.

Fitur Nightscape di kamera ini juga sangat membantu kami dalam menghasilkan foto yang baik di kondisi minim cahaya. Fitur ini bekerja lebih cepat dan menghasilkan warna yang gak lebay.

BACA JUGA
Review realme XT, Smartphone 64MP Quad Camera Xpert, Cuma Rp 3 Jutaan

Sedangkan untuk kamera depannya, ponsel ini dibekali kamera pop-up beresolusi 16 MP. Lensa di kamera ini juga cukup lebar, sehingga memudahkan kami ketika melakukan wefie.

Kamera pop-up realme X didukung motor pendorong yang mengurangi gesekan saat pengangkatan kamera. Proses pengangkatan kamera depan sangat cepat hanya dalam 0,74 detik.

Pop-up Selfie Camera realme X dapat buka tutup hingga lebih dari 200.000 kali. Kamera depan pop-up ponsel ini sanggup bertahan dalam waktu 10 tahun.

Fitur AI pada kamera ini sangat membantu kami menghasilkan foto terbaik. Algoritma kecantikan pintar berbasis AI khas realme X otomatis mengenali tekstur kulit, usia, jenis kelamin hingga warna kulit. Pokoknya kamu bakal terlihat lebih cantik saat menggunakan kamera ini. Gak percaya? Berikut contoh fotonya.

Performa

Jika melihat spesifikasi yang ditawarkan, ponsel ini seharusnya memiliki performa yang cukup tangguh. Untuk mengujinya, kami menggunakan beberapa aplikasi benchmark seperti AnTuTu, Geekbench dan 3D Mark. Kami juga memainkan game PUBG untuk mengetahui sensitifitas layar dan performa grafis yang ditawarkan. Pada AnTuTu, ponsel ini berhasil mendapatkan skor 157597, sebuah skor yang lebih tinggi ketimbang realme 3 Pro meski menggunakkan proses yang sama.

Sementara untuk Geekbench, realme X berhasil mendapatkan skor 1455 untuk single core, sedangkan untuk multi core nya, ponsel ini berhasil mendapatkan skor 5918. Ponsel ini memiliki performa yang cukup bagus untuk digunakan dalam bermain game PUBG. Terbukti, settingan yang kami peroleh saat memainkan game mainstream ini adalah HD dengan frame rate high.

Dukungan RAM sebesar 8GB nampaknya cukup berpengaruh dalam performa smartphone ini dan fitur ‘Game Space’ mampu menyempurnakannya.

Baterai

Ponsel ini memiliki baterai berkapasitas 3765 mAh. Baterai ini mampu bertahan dalam kurun waktu lebih dari dua hari saat berada dalam posisi standby. Ketika kami menggunakannya untuk bermain game PUBG dan menonton video dari YouTube, ponsel ini mampu bertahan selama seharian.

Kami juga melakukan pengujian baterai ini menggunakan Geekbench. Hasilnya cukup bagus, dimana ponsel ini mampu mendapatkan skor 6683.

BACA JUGA
Review Samsung Galaxy A02, Cuma Sejutaan!

Realme X juga ditenagai fitur VOOC Flash Charge 3.0 dengan daya pengisian 20W yang membuatnya mampu mengisi ulang baterai realme X hingga lebih dari setengah penuh dalam kurun waktu setengah jam.

OS, UI & Fitur

Realme X memiliki sistem operasi Android 9.0 Pie yang dipadukan dengan tampilan ColorOS versi 6. Tampilan UI ini terkesan simpel dan mudah dioperasikan. Aplikasi bawaan realme dan Google juga hadir di ponsel ini.

Soal keamanan, realme X disertakan fitur in-display fingerprint dan face unlock. Baik in-display fingerprint maupun face unlock, mampu membuka ponsel sangat cepat di bawah 1 detik.

Untuk membuat pengenalan sidik jari di bawah layar lebih aman, fitur penguncian layar sidik jari realme X digabungkan dengan teknologi AI. Kombinasi ini dapat menganalisis secara dinamis lebih dari seribu titik fitur, menilai posisi, dan guratan sidik jari, sehingga meningkatkan akurasi pengenalan dan kecepatan membuka kunci.

Realme juga menghadirkan solusi terbaru yang dirancang khusus dibangun ke dalam realme X di awal desainnya. Fitur baru dari make-up lighting projection diperkenalkan untuk membuat tepi jari lebih cerah, sehingga lebih banyak sinyal sidik jari dapat diterima, sehingga meningkatkan kecepatan dan kecepatan pengenalan sidik jari.

Fitur unggulan pada kamera realme X yang membuat kami kagum adalah Nightscape, Chroma Boost dan Portrait Style terbaru.

Nightscape terbaru dari realme X mampu mempersingkat waktu pemrosesan foto, menyorot area gelap dan secara efektif, meminimalisir noise, hingga menghasilkan warna kulit yang alami.

Kesimpulan

Menurut kami realme X nyaris tanpa celah, dengan spesifikasi dan fitur yang ditawarkan menjadikan smartphone ini sangat powerful untuk bersaing di kelas menengah.

Akan tetapi, kami cukup kecewa karena realme belum membenamkan kamera ketiga yang mampu mendukung fitur wide dan masih menggunakan chipset SD710 pada ponsel ini. Padahal jika mereka memiliki kamera dengan fitur tersebut dan terdapat chipset yang lebih tinggi, maka realme X semakin tak terbendung lagi.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi