Tuesday, May 17, 2022
BerandaReviewSmartphoneReview ROG Phone 5s Pro, HP Panas Tapi Performa Buas!

Review ROG Phone 5s Pro, HP Panas Tapi Performa Buas!

Techdaily.id – Pada ulasan sebelumnya, kami telah menghadirkan review singkat ROG Phone 5s Pro. Nah, sesuai dengan janji kami sebelumnya, kini kami menghadirkan review ROG Phone 5s Pro secara lengkap dan lugas. 

BACA JUGA
Ini Alasan Galaxy S22 Versi Indonesia Gunakan Chipset Snapdragon Gen 1

Asus ROG Phone 5s Pro adalah smartphone gaming yang perlu diperhitungkan para pencinta gamer. Kenapa? Karena ponsel pintar ini sudah disokong dengan fitur menarik yang bisa memberikan pengalaman game yang lebih baik. 

BACA JUGA
Fitur Unggulan Snapdragon 690, Support 5G

Di Indonesia, HP Gaming milik Asus ini dibanderol dengan harga Rp18.999.000. Dengan harga di atas Rp 10 juta, kamu sudah mendapatkan smartphone gaming yang didukung oleh dapur pacu yang mumpuni dan menjanjikan performa gahar. 

Sebelum memutuskan untuk membelinya,  tidak ada salahnya jika kamu melihat review ROG Phone 5s Pro versi Tim Redaksi TechDaily.id. 

Review ROG Phone 5s Pro

Pada pembahasan kali ini, kami ingin memulainya pada bagian paket penjualan. Informasi ini sering diburu calon pembeli sebelum mereka memutuskan untuk membeli sebuah perangkat smartphone. 

Paket Penjualan

Dalam paket penjualan ini, kamu akan mendapatkan unit Asus ROG Phone 5s Pro. Perangkat itu tentu saja dilengkapi dengan aksesori lainnya seperti adaptor dan kabel charger USB Type-C yang sudah mendukung pengisian daya cepat 65W.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan hard case di dalamnya. Kamu juga mendapatkan aksesori tambahan seperti Retroactive Cooler, dan beberapa karet cadangan untuk menutup bagian di ponsel seperti port USB. 

review ROG Phone 5s Pro

Dari paket penjualan ini, hal yang menarik adalah tempat atau kardus yang mengemas Asus ROG Phone 5s Pro ini. Karena, tempatnya tidak seperti kebanyakan smartphone di pasaran. 

Kardusnya hampir berbentuk seperti segi lima dan kamu bisa membukanya dengan menarik bagian kanan dan kiri. Kamu tidak akan langsung menemukan HP di dalam situ, kamu akan disuguhkan dengan gambar ala komik. 

Dapur Pacu

Masuk ke bagian dapur pacu, ROG Phone 5s Pro ditopang oleh chipset flagship milik Qualcomm yakni Snapdragon 888+. Chipset ini ditemani oleh GPU Adreno 660 yang di-overclock dan memberikan kinerja 35 persen lebih baik dibandingkan dengan ROG Phone generasi terakhir. 

ROG Phone 5s Pro menggunakan media penyimpanan smartphone tercepat yang tersedia (UFS3.1) dan RAM LPDDR5 sebesar 18GB dengan kapasitas penyimpanan 512GB. 

Smartphone ini juga sudah ditopang oleh sistem pendingin yang mampu menjaga kestabilan suhu smartphone saat pengguna memainkan game berat. Sistem pendingin GameCool 5 baru pada ROG Phone 5s Pro menggunakan struktur termal yang baru dan dioptimalkan. 

review ROG Phone 5s Pro

Komponen yang paling menghasilkan panas telah ditempatkan di tengah dengan dua baterai, satu terletak di setiap sisi PCB utama, untuk memastikan bahwa titik panas utama dijauhkan dari jari pengguna saat bermain game. 

Pengaturan baru ini juga berarti bahwa panas yang dihasilkan oleh CPU terpusat dapat ditransfer secara merata ke semua tepi dan sudut sasis secara bersamaan untuk efisiensi termal yang lebih tinggi.

Terdapat pula fitur gaming unggulan seperti teknologi Air Trigger 5 yang terdiri dari beberapa fitur canggih, yakni Aeroactive Cooler 5, Motion Control, dan Ultrasonic Sensors.

Secara keseluruhan, terdapat beberapa pembaruan fitur pada ROG Phone 5s Series ketimbang seri ROG pendahulunya. Beberapa fitur tersebut yakni hadirnya Theme Pack, chipset terbaru Qualcomm, kapasitas Storage yang lebih luas, hadirnya Motion Control hingga 10 gesture dan ROG Vision berwarna. 

BACA JUGA
Cara Bikin Foto 3D di Facebook

Desain dan Layar 

Review Asus ROG Phone 5s Pro selanjutnya adalah desain dan layar. Secara desain, ROG Phone 5s Pro dibalut dengan body glossy. Pada bagian belakang ada kaca kecil yang menampilkan logo ROG bernama ROG Vision.

Sebenarnya, kamu juga bisa menampilkan hal lain selain logo pada ROG Vision. Misalnya, kamu bisa menampilkan screen on, charging, x-mode, dan aksesori eksternal. Kamu bisa mengaturnya di Armoury Crate. 

Sebagai catatan, layar pada bagian belakang ini tidak memiliki fungsi sentuh atau touchscreen sehingga kamu tidak bisa mengaksesnya kecuali melalui Armoury Crate. Pada bagian belakang kamu juga akan menemukan rumah kamera. Smartphone ini menyimpan sensor-sensor tersembunyi. 

review ROG Phone 5s Pro

Di bagian belakang, ada sensor sentuh belakang pada penutup belakang ROG Phone 5s Pro, sehingga memberi kamu fungsi pemicu L2/R2, seperti pengontrol konsol game. Di sisi kiri perangkat ada port USB.

Pada sisi kanan terdapat tombol volume dan juga power. Sedangkan di bagian bawah port USB Type-C. Di sisi lain, ROG Phone 5s Pro mempunyai dimensi 173.00 x 77.00 x 9.90 mm. Bobot smartphone ini juga tidak begitu ringan karena beratnya 238 gram.  

Body ROG Phone 5s Pro juga masih nyaman dipegang tangan walaupun  memang terasa lebih tebal. Untungnya,  bagian belakang pada sisi sampingnya didesain sedikit melengkung, menambah kenyamanan genggaman. 

Sekarang berbicara soal layar, kamu akan disuguhkan dengan tampilan yang hidup. ROG Phone 5s Pro dibekali dengan layar 6,78 inci beresolusi 2448 x 1080 piksel. Layar yang digunakan ROG Phone 5s Pro berasal dari Samsung berjenis AMOLED. 

Layar ROG Phone 5s Pro sudah dibalut dengan Corning Gorilla Glass Victus. Bermain game di smartphone ini sudah mendukung refresh rate 144Hz sehingga pengalaman bermain game menjadi lebih nyata. 

Kamera

Review selanjutnya beralih ke kamera. Pada bagian belakang, ROG Phone 5s Pro dibekali dengan kamera belakang 64MP dengan sensor SONY IMX686, ukuran piksel 0.8 µm  – teknologi Quad Bayer 16MP, besaran piksel efektif 1.6 µm , bukaan fokus F1.8 dengan ukuran sensor 1/1.7”, 2×1 OCL PDAF, serta lampu flash LED.

Pada kamera keduanya di bagian belakang disokong sensor 13MP, 125˚  ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction, jarak fokus 11mm seperti di kamera film  35mm. Menariknya, ROG Phone 5s Pro juga sudah dibekali dengan 5MP Macro, F2.0. 

Selfie juga bisa memanfaatkan ROG Phone 5s Pro. Karena, smartphone gaming Asus ini sudah dibekali dengan kamera depan 24MP, 0.9µm, Quad Bayer Technology, F2.45, dan diameter lensa 2.7mm.

Tidak hanya sensor kamera yang besar, ROG Phone 5s Pro juga mempunyai kemampuan merekam video yang tidak kalah bagus. Kamera ROG Phone 5s Pro mampu merekam video 8K dan 4K.

BACA JUGA
Cara Menyinkronkan Kontak dari Android ke Gmail, Bisa Jadi Cadangan Tambahan!

Performa Gaming

Sekarang beralih ke review performa. ROG Phone 5s Pro sangat nyaman digunakan untuk bermain game seperti Asphalt 9. Ukurannya yang tidak kecil membuat navigasi bermain balap mobil lebih nyaman, apalagi dimainkan dalam mode landscape. 

Suara game cukup jernih dan tidak tertutup kanan. Karena, grill speaker tidak terletak di sisi kanan atau kiri perangkat. Dengan settingan visual quality tinggi dan refresh rate 60fps diaktifkan, bermain game Asphalt ini tetap smooth dengan tampilan tajam. 

Selain bermain game Asphalt 9, kami juga coba bermain game Genshin Impact. Selama proses pengunduhan game, smartphone terasa sangat panas. Jika dilihat dalam Armoury Crate, temperature naik menjadi 113 derajat fahrenheit.

Namun berkat adanya Aero Active Cooler pada smartphone, semuanya bisa dikendalikan. Jadi, saat memasang cooler itu, suhu perlahan-lahan mulai menurun meski tidak terlalu drastis. 

Sekadar informasi, untuk akses cepat, kamu bisa menemukan game Genshin Impact Armoury Crate. Di sini kamu bisa menemukan game lainnya juga dengan mudah dalam hub tersebut. 

Tidak hanya dari segi pengujian saat bermain game atau penggunaan lain, kami juga menguji smartphone menggunakan dua jenis benchmark yakni PC Mark dan Geekbench 5. Hasilnya, ROG Phone 5s Pro mencetak skor single-core 1108 dan multi-core 3318 dalam uji Geekbench 5. 

Sedangkan dalam pengujian PC Mark, ROG Phone 5s Pro berhasil mencetak skor performa 16423. 

BACA JUGA
Samsung Umumkan Sensor Kamera ISOCELL GN1

Baterai

Seri ROG Phone 5s Pro menggunakan desain baterai MMT 6000mAh yang terdiri dari dua baterai 3000mAh. Manfaat dari desain ini adalah memungkinkan suhu pengisian dan pengosongan yang lebih rendah, sehingga memungkinkan pengisian dua kali lipat menjadi 65W. 

Selain itu, desain 2-sel juga memungkinkan untuk memposisikan motherboard di tengah bingkai, menciptakan keseimbangan berat yang sempurna dan solusi pendinginan yang unggul.

Berbekal dengan kapasitas baterai besar ini membuat smartphone dapat diajak bermain selama seharian, baik untuk kegiatan entertainment atau game. Tidak hanya untuk penggunaan sehari-hari, kami juga menguji baterai menggunakan uji benchmark PC Mark.

BACA JUGA
Asah Kemampuan Fotografi Smartphone Ketika Terjebak Dalam Rumah

Dalam pengujian benchmark menggunakan PC Mark, ROG Phone 5s Pro menampilkan hasil yang cukup baik. Adapun, hasil benchmark menggunakan PC Mark, battery life bisa hidup selama 9 jam 41 menit. 

Kesimpulan

ROG Phone 5s Pro patut diperhitungkan bagi kamu yang gemar bermain game. Meski harga yang ditawarkan tidak murah, tapi kamu mendapatkan sejumlah spesifikasi yang mungkin tidak kamu temukan di smartphone standar di luar sana. 

Jadi, bagi kamu yang tertarik untuk bermain game lebih nyaman, kalian bisa mencoba ROG Phone 5s Pro. Kamu bisa mendapatkan smartphone gaming Asus ini dengan harga Rp18.999.000. 

quick review ROG Phone 5s Pro

Dalam paket penjualan, selain smartphone kamu juga sudah mendapatkan cooling, Aero Active Cooler untuk mendinginkan smartphone saat panas ketika dimainkan. Hanya saja, perangkat pendukung ini kami rasa tidak terlalu membantu menurunkan suhu panas smartphone secara signifikan. 

Suhu panas pada smartphone ini juga cukup mengganggu, apalagi jika kamu sedang bermain game pada lokasi ruangan yang tidak ber-AC. 

REVIEW OVERVIEW

Desain & Layar
Kamera
Performa
Baterai
Kenyamanan saat gaming

SUMMARY

Review ROG Phone 5s Pro masuk ke bagian kesimpulan, disini menurut kami smartphone tersebut patut diperhitungkan bagi kamu yang gemar bermain game. Meski harga yang ditawarkan tidak murah, tapi kamu mendapatkan sejumlah spesifikasi yang mungkin tidak kamu temukan di smartphone standar di luar sana. 
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi