Smartphone

Review Samsung Galaxy A02, Cuma Sejutaan!

Techdaily.id –  Samsung kembali menghadirkan smartphone terbarunya di tahun 2021. Smartphone besutan raksasa eletronik asal Korea Selatan ini memang selalu berhasil menyita perhatian termasuk masyarakat di Tanah Air. Oleh karena itu, pembahasan mengenai review Samsung Galaxy A02 akan menjadi ulasan yang menarik,  terutama bagi mereka yang mencari smartphone dengan harga sejutaan terbaik.

BACA JUGA
Acer Asia Pacific Predator League 2020 Ditunda, Virus Corona Dalangnya

Review Samsung Galaxy A02 sebagai smartphone terbaru yang menyasar segmen entry level ini selalu menjadi perhatian masyarakat. Smartphone ini bisa sekaligus menjadi rekomendasi bagi mereka yang sedang mencari HP sejutaan terbaik.

Menyasar segmen entry-level, Galaxy A02 hadir dengan performa unggul dan bisa untuk mengakomodir aktivitas sehari-hari untuk pengguna. Smartphone ini hadir dengan baterai berukuran besar dan sejumlah fitur menarik lainnya. Berikut adalah review Galaxy A02 secara lengkap versi TechDaily.

Samsung Galaxy A02 memiliki tiga varian warna yaitu Black, White dan Blue. Berikut adalah review Samsung Galaxy A02:

Desain

Hampir sama dengan desain kebanyakan smartphone pada umumnya, Samsung Galaxy A02 dihadirkan dengan ketebalan 164,2 x 75,9 x 9,1 mm dengan berat 206 gram  dan masih nyaman dalam genggaman. 

Smartphone ini dihadirkan dengan frame plastic yang bertekstur. Adanya tekstur di bagian belakangnya tersebut membuat smartphone tidak licin. Desain semacam ini juga tidak meninggalkan bekas sidik jari. 

Sementara itu, di bagian depan terdapat notch yang tersemat kamera depan untuk selfie. Pada sisi kiri dan kanan smartphone terdapat tombol power, volume dan slot untuk SIM Card. Di bagian bawah smartphone juga terdapat lubang untuk speaker,jack audio dan port micro USB 2.0

Layar dan UI

Di bagian layarnya, Samsung Galaxy A02 dibekali dengan bentang layar ukuran 6,5 inci berpanel PLS IPS dengan resolusi 720 x 1600 pixel dan ada notch kecil di bagian tengah atas. 

Dengan resolusi tersebut, Samsung Galaxy A02 menghadirkan warna yang jernih dan hidup. Plus, dengan ukuran layarnya 6,5 inci membuat pandangan menjadi lebih luas dan nyaman digunakan untuk menonton video. 

Smartphone ini juga menghadirkan rasio screen to body yang cukup besar yakni mencapai 81,9% sehingga layar smartphone tampak lebar.

Bezel di sisi kiri dan kanan perangkat juga cukup tipis sehingga pandangan melihat smartphone menjadi lebih luas.  Pada bagian bawah layar, akan ditemukan tiga tombol virtual yang  masing-masing berfungsi sebagai tombol back, home screen dan recen apps.

Untuk UI nya sendiri, smartphone ini hadir dengan tampilan One UI core 2.5 berbasis Android 10 yang cukup nyaman digunakan dan tentunya ringan digunakan oleh pengguna serta sudah menyediakan fitur dark mode.

Kamera

Review smsung Galaxy A02 masuk ke bagian Kamera. Di sektor ini, Samsung Galaxy A02 hadir dengan dibekali 2 kamera belakang yang terletak di bagian sudut kiri atas dan masing-masing dengan resolusi 13 MP dan 2 MP. Sedangkan untuk kamera depan dibekali dengan konfigurasi 5 MP untuk selfie.

Secara keseluruhan kamera belakan Galaxy A02 dapat menangkap gambar dengan baik dan jelas dan begitu juga dengan kamera depannya yang menawarkan hasil natural.  

Kamera juga dilengkapi dengan LED flash dan kemampuan video hingga resolusi 1080 pixel untuk kamera belakang. Hanya saja, smartphone ini belum dilengkapi dengan stabilisasi sehingga ketika tangan bergetar saat mengambil gambar, hasilnya akan shaking.

Dapur Pacu

Review Samsung Galaxy A02 masuk ke bagian dapur pacu dan performa. Di sektor dapur pacu, Samsung Galaxy A02 disokong dengan chipset Mediatek MT6739W dengan kecepatan maksimal hingga 1.5 Ghz. 

Smartphone ini hadir dengan dua varian RAM berkapasitas 3 GB dengan penyimpanan internal mencapai 32 GB. Berbekal dengan spesifikasi RAM tersebut, smartphone ini cukup baik digunakan dalam kegiatan sehari-hari untuk menyimpan berbagai file.

Tim Techdaily sempat menguji performa dari smartphone ini untuk bermain game Call Of Duty Mobile dan mengujinya menggunakan PC Mark. Saat bermain CODM, ponsel ini berhasil menyuguhkan settingan grafis rendah dan frame rate medium. Sedangkan pada PC Mark, smartphone ini berhasil memperoleh skor 3369.

Baterai

review samsung galaxy A02

Review Samsung Galaxy A02 masuk ke bagian baterai. Secara daya tahan, Samsung Galaxy A02 bisa dibilang cukup baik. Samsung menyematkan baterai berkapasitas 5000 mAh tapi belum dilengkapi dengan teknologi fast charging, sehingga membutuhkan cukup waktu untuk mengisi ulang baterai ponsel ini.  

Selain menjajalnya sendiri, Tech Daily juga mengukur kinerja baterai ponsel ini dengan bechmark PC Mark. Berdasarkan benchmark PC Mark, Galaxy A02 mampu bertahan hingga 15 jam 19 menit.

BACA JUGA
Review realme 5i, Si Quad Camera Battery King, Beneran Raja?

Kesimpulan

Samsung galaxy a02

Samsung Galaxy A02 ini bisa dibeli dengan harga Rp1 jutaan dan tersedia dalam tiga pilihan warna. Selain itu, smartphone ini juga sudah dibekali dengan layar yang luas sehingga nyaman untuk digunakan untuk menonton video atau streaming film. 

Tak hanya dari segi layar, RAM dan baterai yang digunakan Galaxy A02 ini juga besar. Smartphone ditopang baterai berkapasitas 5.000 mAh dan RAM 3GB. 

Perpaduan antara kapasitas baterai dan RAM besar membuat smartphone semakin nyaman digunakan untuk bermain game. Selain nyaman digunakan untuk bermain game, smartphone juga mampu untuk menunjang pengguna yang punya mobilitas tinggi. 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close