Smartphone

Review Samsung Galaxy A02s, Rekomendasi Entry Level Smartphone di 2021

Techdaily.id – Samsung gencar mengumumkan smartpnone baru di Indonesia. Terbaru, raksasa elektronik asal Korea Selatan ini menghadirkan Galaxy A02s di Tanah Air. Pembahasan mengenai review Samsung Galaxy A02s tentu menjadi perhatian, apalagi untuk mereka yang sedang mencari smartphone sejutaan terbaik. 

BACA JUGA
Xiaomi Ikutan Bikin Ponsel Layar Lipat?

Menyasar segmen entry-level, Galaxy A02s hadir dengan baterai berukuran besar. Tentu saja baterai smartphone ini dapat mengakomodir aktivitas pengguna seharian.

Selain mempunyai baterai berkapasitas besar, Galaxy A02s juga dilengkapi dengan sejumlah fitur menarik lainnya. Beruntung, TechDaily mendapat kesempatan untuk mengulas lebih lagi perangkat tersebut.

Samsung menawarkan Galaxy A02s dengan dua variasi memori dan 3 warna pilihan. Nah, Tech Daily mendapat kesempatan review Galaxy A02s waran black dengan memori 4GB/64GB. Berikut ini review Samsung Galaxy A02s lebih lanjut. 

Desain

Galaxy A02s hadir dengan desain smartphone kebanyakan. Galaxy A02s mempunyai ketebalan 164,2 x 75,9 x 9,1 mm yang nyaman digenggam.

Di bagian belakang, tepatnya di pojok kiri atas akan ada rumah kamera untuk 3 sensor. Panel bagian belakang juga dibuat sedikit bertekstur yang membuat perangkat tidak licin saat digenggam.

Desain juga dibuat tidak glossy. Berkat itu, bekas sidik jari pengguna tidak tertinggal di bagian belakang smartphone. Di samping perangkat dibuat melengkung sehingga lebih nyaman.

Di bagian depan, desain Galaxy A02s ada notch di bagian tengah. Pada notch tersebut, tersemat sensor kamera depan untuk selfie.

Di bagian bawah pada sisi depan, dagu perangkat terlihat cukup tebal. Lalu di bagian bawah perangkat terdapat port USB Type-C di bagian tengah dan di sisi kanan ada grill speaker serta di sisi kiri ada jack audio.

Di sisi kanan perangkat terdapat tombol volume dan power. Sementara di sisi kiri perangkat terdapat slot untuk SIM Card.

Layar dan UI

Review Samsung Galaxy A02s selanjutnya adalah sektor layar. Galaxy A02s dibekali dengan bentang layar 6,5 inci PLS LCD beresolusi 720 x 1600 (HD+).

Berbekal dengan spesifikasi tersebut, layar Galaxy A02s menawarkan warna yang jernih dan hidup. Lalu, dengan dukungan dimensi 6.5 inci, pandangan menjadi luas. Jadi, layar nyaman digunakan untuk menonton video.

Perangkat juga mempunyai bezel yang cukup tipis di sisi kanan dan kirinya. Jadi pandangan melihat smartphone juga menjadi lebih luas.

Di bagian bawah layar, Anda akan menemukan tiga tombol virtual. Masing-masing berfungsi sebagai tombol back, home, dan recent apps.

Di luar layar yang mumpuni, Galaxy A02s juga hadir dengan software baik. Galaxy A02s hadir dengan One UI Core versi 2.5 berbasis Android 10.

One UI Core versi 2.5 ini hadir denga sejumlah fitur menarik di dalamnya yang membuat smartphone menjadi keren. Misalnya, ada split keyboard dalam mode landscape.

Kamera

Review Samsung Galaxy A02s selanjutnya beralih ke sektor kamara. Galaxy A02s hadir dengan tiga kamera di bagian belakang yang terletak di sudut kiri atas. 

Ketiga kamera tersebut berjajar secara vertikal dengan LED flash di samping sensor paling atas. Ketiga kamera tersebut membawa konfigurasi sensor 13 MP, 2 MP, dan 2MP.

Sedangkan di kamera depan terdapat sensor 5MP untuk selfie. Kamera depan dan belakang Galaxy A02s dapat mengakomodir video beresolusi FHD. 

Secara keseluruhan kamera belakang Galaxy A02s dapat menangkap gambar dengan baik. Begitu juga depan kamera depannya yang menawarkan hasil natural. 

Sedangkan video, Galaxy A02s juga menawarkan hasil yang baik. Hanya saja smartphone tidak mempunyai stabilisasi sehingga saat tangan bergetar ketika mengambil gambar hasilnya shaking.

Dapur Pacu dan Baterai

Review Samsung Galaxy A02s berikutnya beralih ke dapur pacu. Galaxy A02s disokong dapur Snapdragon 450 di dalamnya untuk memacu perangkat. 

Di samping Snapdragon 450, Galaxy A02s juga hadir dengan dukungan RAM besar. Tech Daily mendapatkan perangkat dengan dukungan RAM 4GB dan ROM 64GB.

Berbekal dengan spesifikasi tersebut di dalamnya, Galaxy A02s dapat berjalan cukup smooth dalam multitasking dan membuka aplikasi. Selain itu, perangkat juga cukup baik digunakan untuk bermain game seperti Call of Duty. 

Selain menjajalnya sendiri, Tech Daily juga mengukur kinerja perangkat dengan bechmark. Berdasarkan benchmark Geekbench, Galaxy A02s berhasil mengantongi skor single-core 130 multicore 490.

Lalu secara daya tahan, Galaxy A02s cukup baik. Samsung menyematkan baterai berkapasitas 5.000 mAh di dalam tubuh Galaxy A02s. Dengan dukungan baterai 5.000 mAh, perangkat dapat digunakan seharian.

Menariknya, Samsung juga menyematkan dukungan fast charging 15W. Tujuannya agar mengisi baterai 5.000 mAh menjadi lebih cepat.

Kesimpulan

review Samsung Galaxy A02s

Samsung Galaxy A02s dapat dibeli dengan harga retail Rp 1.799.000,- (RAM 3GB/32GB) dan Rp 1.999.000,- (RAM 4GB/64GB). Perangkat tersedia tiga pilihan warna Haze dan Mate yang trendy yaitu Black, White dan Navy. 

Dengan harga di bawah Rp2 jutaa smartphone ini layak untuk dimiliki. Apalagi ada baterai berkapasitas 5.000 mAh sehingga pengguna tidak perlu berulang kali mengisi baterai dalam sehari. 

Selain itu, Galaxy A02s juga sudah dibekali dengan tiga kamera di bagian belakang yang cukup mumpuni. Begitu juga dengan kamera depan yang cukup mumpuni.

Meski di bawah Rp2 jutaan, Galaxy A02s sudah dilengkapi dengan port USB Type-C. Di mana conector Type-C biasanya tersedia di smartphone mid-range.

 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close