Monday, July 15, 2024
BerandaGadgetReview Samsung Galaxy A54 5G : Kelebihan & Kekurangan

Review Samsung Galaxy A54 5G : Kelebihan & Kekurangan

TechdailySamsung Galaxy A54 5G telah dirilis beberapa bulan lalu. Menariknya produk ini hadir di Indonesia tergolong gercep, hanya sesaat setelah diluncurkan secara global. Maka wajar apabila penerimaan masyarakat tergolong apik, karena masih di situasi yang tengah haus informasi akan produk ini. Untuk itu, kami sengaja menghadirkan ulasan tentang review Samsung Galaxy A54 5G

Rupanya, pertemuan pertama kami dengan produk ini di Maret 2023 lalu ternyata memberikan sejumlah insight akan apa saja yang menarik ditawarkan oleh produk ini. Selain desain kaca di kedua sisi ala flagship mereka, Samsung A54 5G juga membawa kamera mumpuni dengan sensor Sony IMX766 dan chipset milik Samsung Exynos 1380 dengan fabrikasi 5nm. 

Di atas kertas, produk ini bakal menawarkan performa yang mumpuni dengan efisiensi daya yang optimal.

Review Samsung Galaxy A54 5G

Desain dan Layar

Samsung Galaxy A54 5G menghadirkan lapisan kaca bening di atas permukaan ponsel baik di belakang maupun di sisi depan. Hal ini disebut mirip dengan desain Samsung Galaxy S23 Series. Berbeda dengan sejumlah ponsel di kelas yang sama, produk ini tidak dibuat berdesain kotak klasik, melainkan tetap memiliki lekukan di setiap sudutnya.

Kaca di kedua sisi sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5, sehingga setidaknya ada jaminan pengurangan efek benturan yang terjadi pada ponsel ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Terlebih dengan mengantongi sertifikat IP67, maka Galaxy A54 5G sudah tahan air hingga kedalaman 1 meter dalam waktu 30 menit dan sudah didesain untuk menghalangi debu untuk masuk ke dalam sistem.

Beralih ke bagian back cover, terutama di sisi kamera. Ada 3 lensa kamera utama di bagian belakang, ditampilkan dengan 3 lingkaran kecil yang menyeruak keluar permukaan. Terlihat klasik sekaligus kekinian.

BACA JUGA
Samsung Bagikan Tips Fotografi Pakai Galaxy A54 5G, Mau Coba?

Di bagian depan didominasi oleh layar. Layar Samsung Galaxy A54 5G berukuran 6.4 inci dengan panel Super AMOLED. Membentang hampir di semua permukaan ponsel. Di mana kamera depan dihadirkan menggunakan desain punch hole mendekati bezel atas.

Layar  ini menampilkan resolusi FHD+ di 1080 x 2340 pixel dengan refresh rate 120 Hz dan kecerahan 1000 nits yang cukup menyegarkan mata pengguna.

Software dan UI

Samsung membawa One UI versi terbaru, yakni 5.1. Sistem ini akan membawa dua lapis UI, di mana tampilan home akan berbeda dengan tampilan aplikasi terinstal. Tapi meskipun demikian, tampilannya terlihat rapi, bersih dan to the point.

Sejumlah fitur yang mempermudah berinteraksi dengan ekosistem Samsung Galaxy telah hadir. Bagi Anda yang telah memiliki perangkat elektronik buatan Samsung di rumah, ponsel ini jadi makin direkomendasikan.

Kamera

Bagian ini patut diberi jempol. Kamera ponsel ini terlepas dari hasilnya telah menyediakan sejumlah fitur yang mungkin dibutuhkan oleh pengguna di kelasnya. Semisal kamera resolusi tinggi, efek kamera hingga kemampuan rekam 1080p 60fps dan 4K 30fps. Lengkap dengan fitur slo mo dan video stabilizer, meskipun akan dilock ke 1080p 30fps.

Ada tiga kamera di bagian belakang ponsel. Terdiri dari kamera utama dengan resolusi 50 MP, lalu kamera ultrawide 12 MP dan kamera makro 5 MP. Ketiganya mampu menghasilkan foto dengan tone yang penuh warna. 

Efek over saturation yang biasanya hadir di kamera Samsung jaman dulu, kini sudah hampir tidak ada. Berganti dengan nilai kontras yang apik. Terutama saat memotret di ruang terbuka dengan banyak cahaya.

Tapi kehebatan kamera ponsel ini bakal terasa lebih baik saat digunakan di cahaya yang minim. Dengan sensor kamera flagship Sony IMX 766, maka wajar apabila hasil foto kamera ponsel ini memenuhi ekspektasi.

BACA JUGA
Review Samsung Galaxy M51, Baterainya Gak Habis-Habis!

Anda bisa cek di foto-foto berikut ini.

Chipset dan Performa

Review Samsung Galaxy A54 5G masuk ke bagian chipset dan performa. Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, bahwa ponsel ini membawa chipset in-house yakni Exynos 1380 dengan fabrikasi 5nm. Di atas kertas CPU yang dibawa chipset ini sudah mumpuni di kelasnya, dan dengan fabrikasi tersebut potensi efisiensi penggunaan daya pun akan semakin tinggi. 

Info spek CPU yang dibawa Exynos 1380 ini menunjukkan bahwa CPU 8 inti ini terbagi menjadi dua cluster yang sama banyak, yakni 4:4 dimana 4 inti performa merupakan kombinasi 4 inti Cortex A78 dan sisa 4 inti lain merupakan inti Cortex A55. 

Merupakan spek CPU kelas menengah Yang sering kita temukan kombinasinya di chipset anyar dari kubu kompetitor.

Sementara untuk GPU, chipset ini juga membawa GPU dari ARM yakni Mali G68 MP5. Kombinasi yang menjanjikan meskipun tidak bisa disebut paling powerful yang ada di pasaran.

Hal ini terkonfirmasi saat kami menggunakannya untuk bermain game demanding semisal Genshin Impact. Bisa sih ditarik rata kanan hingga 60fps, tapi framerate bakal ngedrop. Sekedar informasi, chipset flagship pun masih harus berusaha lebih keras untuk mampu mendapatkan framrate optimal di setingan ini.

Artinya untuk bermain game casual hingga demanding, chipset ini bisa diandalkan. Meskipun tidak sampai ke performa puncak yang diharapkan.

Soal memori, produk yang kami review memiliki RAM 8GB dan ROM 128 GB. Ini berarti produk yang kami review merupakan varian terendah. Karena ada pilihan versi 256GB. Meskipun demikian ponsel ini mampu menjalankan fungsinya dan multi fungsi dengan lancar.

Baterai dan Pengisan Cepat

Samsung Galaxy A54 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, yakni 5000 mAh. Dengan software dan hardware yang mampu melakukan efisiensi penggunaan daya, maka kapasitas baterai ini terbukti mampu bertahan lebih lama atau setara dengan ponsel berlayar AMOLED lain di kelas yang sama.

BACA JUGA
Review Fitur AI Galaxy S24 Series: Tidak Seburuk yang Kami Fikir!

Dalam pengujian Battery Test di PCMark, ponsel ini mampu bertahan hingga 17 – 18 jam. Dengan asumsi layar terus menyala dengan sejumlah fitur yang terus aktif selama benchmarking. Kalau kamu tidak menggunakan ponsel ini secara terus menerus, bisa dipastikan baterai akan jauh lebih awet.

Menraiknya ponsel ini juga telah membawa teknologi fast charging 25W. Yang bisa kita optimalkan dengan membeli charger adapter yang sesuai. Karena di paket penjualan ponsel ini sudah tidak ada lagi charger adapter.

Kesimpulan

Review Samsung Galaxy A54 5G masuk ke bagian kesimpulan. Hadir sebagai generasi baru Samsung Galaxy A series, A54 5G mampu menciptakan standar yang apik. Kinerja dan kemampuan kamera bukan menjadi satu-satunya “fitur jualan” karena telah ditemani dengan desain ala flagship yang boleh dibilang agak berbeda dari para pesaing di rentang harga yang sama.

Dengan kapasitas baterai mumpuni, dan fitur kamera yang lengkap, maka ponsel ini merupakan ponsel paling pas untuk membuat konten menarik.

SPESIFIKASISamsung Galaxy A54 5G
ProsesorExynos 1380
GPUMali-G68 MP5
OSAndroid 13/One UI 5.1
RAM 8GB
Memori Internal 128GB, MicroSD up to 1TB
KameraBelakang 50MP+8MP+5MP
Depan 32MP
Baterai 5.000 mAh fast charge 25W
Layar 6,4 inci Super AMOLED FHD+ 120Hz

Kelebihan & Kekurangan

Kami menyadari bahwa setiap perangkat yang hadir ke pasaran pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, pada artikel review Samsung Galaxy A54 5G sendiri kami menghadirkan beberapa kelebihan dan kekuranganya. 

Kelebihan

  • Dukungan Layar Super Amoled dengan refresh rate 120Hz
  • Menggunakan Chipset yang Powerful & Efisien
  • Punya Kamera mumpuni untuk Content Creator dengan kemampuan 4K di 30fps dan OIS di 1080 piksel

Kekurangan

  • Bezel masih terlalu lebar
  • Tidak tersedia jack audio 3.5 mm

REVIEW OVERVIEW

Desain & Layar
Kamera
Performa
Baterai

SUMMARY

Review Samsung Galaxy A54 5G masuk ke bagian kesimpulan. Hadir sebagai generasi baru Samsung Galaxy A series, A54 5G mampu menciptakan standar yang apik. Kinerja dan kemampuan kamera bukan menjadi satu-satunya “fitur jualan” karena telah ditemani dengan desain ala flagship yang boleh dibilang agak berbeda dari para pesaing di rentang harga yang sama.
Arie
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi

Review Samsung Galaxy A54 5G masuk ke bagian kesimpulan. Hadir sebagai generasi baru Samsung Galaxy A series, A54 5G mampu menciptakan standar yang apik. Kinerja dan kemampuan kamera bukan menjadi satu-satunya “fitur jualan” karena telah ditemani dengan desain ala flagship yang boleh dibilang agak berbeda dari para pesaing di rentang harga yang sama.Review Samsung Galaxy A54 5G : Kelebihan & Kekurangan