Wearable devices

Review Samsung Galaxy Buds Pro, Earphone TWS Premium

Techdaily.id – Awal tahun 2021, bersamaan dengan peluncuran Galaxy S21 Series, Samsung resmi mengumumkan earbuds terbarunya yakni Galaxy Buds Pro. Perangkat True Wireless Stereo (TWS) kelas premium ini dijual di Indonesia seharga Rp 2.999.000. Review Samsung Galaxy Buds Pro pun menjadi topik yang cukup hangat untuk dibahas. 

Hanya enam bulan setelah peluncuran Galaxy Buds Live, kini Galaxy Buds Pro hadir dengan menawarkan sejumlah keunggulan dari segi desain, konektivitas, kualitas suara, dan fitur Active Noise Cancelling (ANC) yang efektif.

BACA JUGA
Tips Menjaga Suhu Smartphone Tetap Dingin

Kami pun berkesempatan untuk mencoba earphone nirkabel ini. Lantas bagaimana pengalaman kami saat mencoba Galaxy Buds Pro ini?

Dalam ulasan Galaxy Buds Pro ini, kami akan melihat dari dekat semua peningkatan yang telah dilakukan Samsung. Kami akan melihat apakah kualitas suaranya benar-benar telah ditingkatkan. Dan yang paling penting, kami akan menguji fitur ANC. Yuk simak artikel review berikut ini.

Desain

Review Galaxy Buds Pro

Review Galaxy Buds Pro masuk ke bagian Desain. TWS ini hadir dengan tiga pilihan warna yang menarik yakni Phantom Violet, Phantom Black, dan Phantom Silver. 

Desain yang diusung Galaxy Buds Pro ini lebih mirip dengan Galaxy Buds Plus. Casing Galaxy Buds Pro berbentuk persegi dengan sudut membulat.

Buds Pro juga mengadopsi desain in-ear. Perubahan desain kecil yang dilakukan Samsung di sini membuat perbedaan besar. Ketika dipakai, mereka tidak terlalu menonjol keluar dari telinga. 

Desain baru ini juga mengurangi area kontak antara telinga dan perangkat, jadi terasa lebih nyaman dipakai. Di saat yang sama, Buds Pro menambahkan elemen desain dengan finish bergaya metalik. Buds Pro juga hadir membawa sertifikasi IPX7, standar ketahanan air tertinggi dari semua produk di seri Galaxy Buds.

Menyangkut desain tidak banyak yang perlu dikeluhkan. Desain yang lebih ramping dan berat yang ringan memberikan kenyamanan.

Kualitas Suara

Review Galaxy Buds Pro selanjutnya adalah segi kualitas suara. Galaxy Buds Pro memiliki woofer 11 mm dan tweeter 6,5 mm dengan speaker ganda yang disebut mampu meningkatkan suara bass dari earbuds.

Earbuds Pro juga memiliki fitur two way speaker system yang menggunakan system in package (SIP). Speaker dua arah yang digunakan Samsung untuk Galaxy Buds Pro terdengar jauh lebih baik daripada semua earbud sebelumnya.

Selain itu, Galaxy Buds Pro dilengkapi juga dengan tiga mikrofon di setiap earpiece, lengkap beserta sebuah Voice Pickup Unit dan teknologi Wind Shield untuk memaksimalkan pengalaman telepon.

Menariknya, juga ada fitur auto switch untuk memudahkan pengguna berpindah perangkat secara mulus ketika multitasking. Ini memungkinkan Galaxy Buds Pro untuk secara otomatis beralih antar perangkat Galaxy.

Ada banyak pengaturan EQ yang dapat dipilih jika kamu ingin mengubah suaranya. Pilih “Bass boost” jika ingin lebih bersemangat atau “Treble boost” jika ingin frekuensi yang lebih tinggi lagi.

Nah, kamu bisa mengubah pengaturan lebih lanjut terkait kualitas suara Galaxy Buds Pro dengan cara mengunduh aplikasi Samsung Wearable. Saat kami menggunakannya, TWS ini menyajikan kualitas audio yang sangat jernih dan tidak “pecah”. Akan tetapi, kami tidak merasakan adanya tekanan bass yang kuat ketika mode “Bass boost” dinonaktifkan. 

Fitur Unggulan

 

Review Samsung Galaxy Buds Pro salanjutnya adalah ANC. Perangkat ini merupakan TWS dengan desain in-ear pertama dari Samsung yang dilengkapi fitur Active Noise Cancelling (ANC).

Fitur ini dapat mereduksi suara bising yang ada di sekitar. Samsung mengklaim fitur ANC milik Buds Pro dapat mengeliminasi suara di sekitar hingga 99 persen. Pada saat kami mencoba dengan panggilan telepon, kualitas suara yang dihasilkan jauh lebih lebih baik dan sangat jernih.

Review Samsung Galaxy Buds Pro

Menariknya lagi, Galaxy Buds Pro juga dilengkapi mode ambient. Di saat kami mencoba berbicara, Buds Pro secara otomatis bakal mematikan fitur ANC dan mengaktifkan mode ambien.

Deteksi suara mungkin merupakan fitur paling berguna di Galaxy Buds Pro. ANC dan Ambient Sound bekerja sama secara otomatis. Galaxy Buds Pro dapat mengenali suara kamu, sehingga saat melakukan percakapan dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitar, kamu tidak harus mengeluarkan earbud atau mengecilkan volume secara manual.

Secara otomatis Galaxy Buds Pro akan mengecilkan volume musik saat kami berbicara, meskipun Ambient Sound sedang dipakai atau ANC sedang dinonaktifkan. Menurut kami, fitur ini sangat berguna dan menambah value dari Galaxy Buds Pro. Bagi kamu bukan pengguna ponsel Samsung, fitur ini bisa kamu temukan di aplikasi Galaxy Wearable yang bisa didownload di toko aplikasi. 

Ketahanan Baterai

Review Galaxy Buds Pro

Review Samsung Galaxy Buds Pro selanjutnya adalah ketahanan baterai. Perangkat hadir dengan audio AKG dan baterai dengan daya yang lebih tahan lama dibanding pendahulunya. 

Galaxy Buds Pro ini memiliki baterai yang diklaim bisa hingga 20 jam di dalam wireless charging case dan 8 jam penggunaan. Bahkan saat menggunakan ANC, kamu masih memiliki hingga 5 jam penggunaan dengan 13 jam tambahan tersedia pada wireless charging case.

Wireless charging case ini memiliki baterai 472mAh yang dapat memberikan 1 jam waktu penggunaan hanya dengan pengisian cepat 5 menit.

Saat kami mencoba Galaxy Buds Pro selama beberapa jam, ketahanan baterainya mirip dengan angka yang diklaim Samsung. Jadi, buat kamu yang tertarik, tidak buruk juga memilih Samsung Galaxy Buds Pro ini.

BACA JUGA
OPPO Enco X, TWS Dengan Audio Kelas Dunia OPPO Meluncur!

Kesimpulan

Review Samsung Galaxy Buds Pro

Galaxy Buds Pro hadir dengan sejumlab fitur-fitur menarik. Dengan harga Rp2 Jutaan, earbuds tersebut sudah mempunyai fitur ANC.

Selain mempunyai fitur ANC, Galaxy Buds Pro juga hadir dengan ambient mode yang cukup menarik. Anda juga dapat mematikan noise control tersebut lewat aplikasi Samsung wearable.

Secara desain memang earbuds ini tidak jauh berbeda dengan yang lainnya. Namun earbuds ini mempunyai desain yang elegan.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close