Smartphone
Trending

Review Samsung Galaxy S21 Ultra, Flagship Sesungguhnya!

TechDaily.id – Samsung Galaxy S21 Ultra sudah diluncurkan oleh Samsung. Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini menghadirkan smartphone ini dengan desain yang cukup menarik. Selain desain, smartphone ini juga memiliki performa yang luar biasa. Maka tidak salah kalau kami menghadirkan ulasan review Samsung Galaxy S21 Ultra

BACA JUGA
Best Smart Security Camera Indonesia : EZVIZ C6N

Samsung meluncurkan Galaxy S21 Ultra di Indonesia dua pilihan warna yakni Phantom Black dan Phantom Silver. Dalam kesempatan kali ini, tim TechDaily mendapatkan kesempatan untuk me-review Galaxy S21 Ultra berwarna Phantom Silver.

Di Indonesia, Galaxy S21 Ultra dibanderol Rp19.999.000. Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan Galaxy S21 Ultra dalam pilihan RAM 12 GB dan ROM 256GB. 

Penasaran seperti apa smartphone baru Samsung tersebut? Untuk lebih jelas mengenal Galaxy S21 Ultra, berikut ini ulasannya tim TechDaily.id

Desain

Review Galaxy S21 Ultra pertama adalah sektor desain. Galaxy S21 Ultra mempunyai desain yang mewah sesuai dengan harga yang disematkan oleh Samsung untuk perangkat mereka. 

Seperti dijelaskan tim TechDaily.id mendapatkan warna Phantom Silver. Menariknya, warna tersebut terlihat cantik. Karena saat terkena pantulan cahaya, warna bagian belakang perangkat bisa memantulkan warna yang berebda. 

Selain itu, Samsung juga tidak menyematkan material glossy pada back panel. Perusahaan asal Korea Selatan ini tampaknya menggunakan material back panel yang matte. Jadi, bagian belakang smartphone tidak meninggalkan sidik jari di bagian belakang dan tak licin.

Samsung juga mengusung rumah kamera yang berbeda pada Galaxy S21 Ultra. Rumah kamera Galaxy S21 Ultra agak menonjol dan menyatu dengan bodi belakang perangkat Samsung menyebutkannya sebagai desain Contour Cut. 

Sesuai dengan namanya Ultra, smartphone ini mempunyai dimensi yang agak lebar yakni 75.6 mm. Namun, dengan lebar tersebut sebenarnya tidak terlalu mengganggu kenyamanan pengguna saat memegang perangkat.

Selain mempunyai dimensi yang agak lebar, Galaxy S21 Ultra sebenarnya juga mempunyai bobot lumayan berat dibanding smartphone Galaxy lainnya. Secara tombol, Samsung tidak memberikan perubahan signifikan. 

Tombol home dan volume masih ada di bagian kanan perangkat. Di bagian bawah juga terdapat port USB-C, grill speaker, dan juga slot untuk kartu SIM. 

Layar

Fitur-Fitur Pintar di Galaxy S21 Series

Review samsung Galaxy S21 Ultra sekarang masuk ke segi desain. Galaxy S21 Ultra juga mempunyai layar yang sangat bagus di kelasnya seperti yang telah kita kehatui sebelumnya. 

Galaxy S21 Ultra menggunakan layar Dynamic AMOLED 2x. Menurut Samsung ini adalah layar paling vivid dan terang di smartphone Galaxy. Galaxy S21 Ultra memberikan pengalaman paling menarik pada 1500nits, dengan color volume 100 persen untuk warna yang akurat dan realistis.

Di samping itu, Galaxy S21 Ultra juga sudah mendukung refresh rate 120Hz di resolusi QHD+. Menariknya, Samsung juga sudah menerapkan adaptive refresh rate dari 10Hz sampai 120Hz, tergantung pada konten yang dibuka.

Selain mempunyai layar menawarkan warna jelas dan hidup bahkan di bawah sinar Matahari, Samsung juga membuat penggunanya nyaman saat menonton video. Pasalnya, Samsung menyematkan layar melengkung yang agak melengkung yang menawarkan pandangan menjadi lebih luas. Plus, layar juga bezeless.

Performa

Review samsung Galaxy S21 Ultra sekarang beralih ke bagian performa. Perangkat flagship terbaru Samsung yang satu ini sudah dibekali dengan chipset terbaru Samsung.

Untuk wilayah Indonesia, Samsung menyematkan chipset Exynos 2100 ke Galaxy S21 Ultra. Chipset tersebut dibuat dengan proses pabrikasi 5nm. Pada dasarnya, semakin kecil proses pabrikasi chipset, maka makin irit daya yang digunakan dan juga dingin. 

Di samping itu, Exynos 2100 juga sudah mendukung 5G dan Wifi 6e. Wifi 6e digadang-gadang dapat menawarkan konektivitas lebih baik, transfer lebih lancar, dan tingkat latensi (kelambatan) lebih rendah.

Selain disokong dengan chipset unggulan, memori yang digunakan pada Galaxy S21 Ultra juga tidak kalah bagus. Galaxy S21 Ultra yang kami dapatkan ditopang dengan RAM 12GB dan ROM 256. 

Berbekal dengan RAM besar dan chipset yang baik secara keseluruhan pengalaman menggunakan Galaxy S21 Ultra sangat baik. Membuka aplikasi cepat dan semuanya berjalan dengan smooth. 

Saat digunakan untuk bermain game seperti Call of Duty, perangkat juga dapat diajak berjalan dengan baik. Dengan settingan kualitas grafis very high dan frame rate max, perangkat dapat berjalan tanpa lag.

Selain dicoba dengan bermain game, kami juga mencoba menguji perangkat menggunakan benchmark. Kami menggunakan Geekbench 5 dan PC Mark.

Skor yang dihasilkan juga tidak buruk. Dalam pengujian Geekbench 5, Galaxy S21 Ultra mampu mencetak skor single-core 1071 dan multi-core 3418. Sedangkan dalam pengujian PC Mark, Galaxy S21 Ultra dapat mencetak skor 14542.

Tidak hanya dari gahar di segi peforma, Galaxy S21 Ultra juga menyematkan baterai berkapasitas besar di Galaxy S21. Alhasil, smartphone bisa hidup lama untuk kegiatan seharian.

Pada Galaxy S21 Ultra mempunyai baterai berkapasitas 5000 mAh. Saat digunakan untuk bermain Call of Duty selama 30 menit, baterai berkurang kurang dari 10 persen. 

Kamera

Review samsung Galaxy S21 Ultra selanjutnya adalah bagian kamera. Samsung menyematkan empat kamera di belakang. Masing-masing kamera terdiri atas sensor yang berbeda-beda. 

Galaxy S21 Ultra mempunyai sensor wide 108MP, periscope telephoto 10MP, telephoto 10MP, dan ultrawide 12MP. Selain itu, kamera belakang Galaxy S21 Ultra juga masih dibekali dengan sejumlah fitur menarik. 

Untuk video masih ada Super Steady yang bisa digunakan pengguna agar hasil rekaman tidak banyak shaking. Berbekal dengan kamera yang super tersebut. hasil jepretan yang dihasilkan juga baik bahkan di kondisi minim cahaya. 

Tidak hanya dibagian belakang, pada kamera depan, Galaxy S21 Ultra juga mempunyai sensor yang baik. Perusahaan elektornik asal Korea ini menyematkan sensor 40 MP pada kamera depan. 

Sensor kamera 40 MP itu mempunyai aperture f/2.2. Dengan aperture tersebut, kamera depan Samsung Galaxy S21 Ultra masih bisa menangkap gambar baik di cahaya minim. 

Kamera belakang Galaxy S21 Ultra juga dibekali dengan banyak fitur menarik. Fitur menarik tersebut nantinya dapat digunakan untuk mempercantik foto pengguna. Ada potrait, super slow-mo, pro video, potrait video, hyperlapse, pro, panorama, AR Doodle, dan lainnya.

Menariknya, Galaxy S21 Ultra juga sudah dibekali dengan single take. Jadi Anda bisa mengambil banyak foto lewat single take, kemudian memilih gambar mana yang menarik. 

Di perangkat Samsung terbaru ini juga ada Director’s View. Berkat fitur tersebut, tim TechDaily.id sangat terbantu karena dapat memilih kamera yang diinginkan dengan mudah. 

BACA JUGA
Yuk Intip, Bocoran Potongan Edisi Spesial Reno5

Kesimpulan

Galaxy S21 Ultra cocok untuk pengguna yang ingin desain berbeda dan mewah. Sesuai dengan harganya, Galaxy S21 Ultra sudah mempunyai sejumlah fitur menarik.

Apalagi smartphone ini sudah mempunyai layar jernih yang nyaman di mata. Selain itu, smartphone ini juga mempunyai baterai berkapasitas besar yang berguna menunjang kegiatan sehari-hari.

 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close