Monday, June 24, 2024
BerandaGadgetReview Samsung Galaxy Z Flip5: Menawan dan Gahar

Review Samsung Galaxy Z Flip5: Menawan dan Gahar

TechDaily.id – Samsung menghadirkan smartphone lipat terbaru yakni Galaxy Z Flip5. Begini review Samsung Galaxy Z Flip5 yang baru dikeluarkan bersama Galaxy Z Fold5.

Samsung tak henti berinovasi dengan smartphone lipatnya. Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, Galaxy Z Flip5 membawa peningkatan menonjol dan signifikan.

Peningkatan dapat terlihat jelas di bagian cover screen. Model ponsel lipat generasi terbaru sudah dibekali dengan cover screen yang lebih besar dibanding generasi sebelumnya.

Tak hanya itu, ada banyak perubahan lain yang tak kalah keren. Beruntung, tim kami mendapatkan kesempatan untuk menjajal smarrtphone baru tersebut.

Review Samsung Galaxy Z Flip5

Desain

Diawali dengan desain, smartphone ini mempunyai tampilan yang elegan. Warna yang ditawarkannya pun beragam, dan kami mendapatkan warna grey.

Di bagian belakang, akan terbagi menjadi dua, bagian bawah back panel, sedangkan atasnya cover screen.

Bagian frame pada Galaxy Z Flip5 pun juga  terlihat lebih elegan dan mantap. Frame di smartphone ini sudah dibangun menggunakan armor aluminium yang tahan goresan.

Back panel smartphone juga sudah dibalut dengan Gorilla Glass Victus 2, sehingga tahan terhadap goresan. Secara pengalaman, saat digenggam smartphone pun terasa begitu solid dan nyaman.

Karena ukurannya pas ditangan dan ukurannya yang dapat dilipat menjadi dua pun mempermudahkannya untuk masuk ke kantong.

Seperti dijelaskan perbedaan utama yang terlihat pada smartphone ini dari generasi sebelumnya adalah cover screen yang lebih besar, yang memungkinkan penggunaan layar lebih banyak lagi.

BACA JUGA
Galaxy Watch6 Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur, Kok Bisa?

Di bagian atas layar cover ada dua kamera dan flash LED di sampingnya. Di bagian depan, tampilan tidak jauh berbeda, dengan notch kecil di bagian atas untuk rumah kamera.

Di bagian sisi kanan frame terdapat tombol volume dan juga power. Di sisi kirinya terdapat slot kartu SIM. Sementara frame bawah terdapat port USB-C di tengah dan grill speaker di sampingnya.

Layar

Salah satu nilai jual Galaxy Z Flip5 terletak pada layarnya. Z Flip5 sudah menggunakan tipe layar Foldable Dynamic AMOLED 2x, 120Hz, dan HDR10+.

Perangkat ini mempunyai layar seluas 6,7 inci beresolusi 1080×2640 piksel. Sementara untuk cover-nya, perangkat dibalut layar 3,4 inci 720x748piksel yang mempunyai kerapatan piksel 306ppi.

Jadi meskipun hanya layar tambahan, Samsung tidak asal-asalan. Cover screen Z Flip5 ini juga sangat intuitif, warna tajam, dan juga responsif terhadap sentuhan.

Cover screen Galaxy Z Flip5 tidak hanya sekadar pajangan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan melalui layar cover tersebut. Tak hanya sekadar melihat notifikasi, di layar sampul ini juga bisa bermain game.

Pengguna Galaxy Z Flip5 juga bisa membalas WhatsApp langsung di layar sampul tanpa perlu membukanya. Bahkan juga bisa menonton film di Netflix.

Apalagi di layar utama. Layar tersebut menghasilkan warna yang tajam dan jernih. Meski bisa dilipat, layar ponsel tersebut juga sangat responsif terhadap perintah.

Performa

Berbicara soal performa, Galaxy Z Flip5 mempunyai performa yang tak bisa dianggap remeh meskipun mempunyai bodynya cantik.

BACA JUGA
Samsung Kembangkan Galaxy Z Fold 6 Ultra

Smartphone lipat Samsung terbaru ini sudah dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang mempunyai proses fabrikasi 4nm.

Kemampuan smartphone juga semakin diperkuat dengan memori internal besar pada perangkat. Galaxy Z Flip5 disokong RAM 8GB dan memori internal 512GB.

Sayangnya, smartphone ini tidak mengandalkan slot microSD. Jadi, pengguna ponsel tidak bisa menambahkan kapasitas memori pada perangkat terse

Berbekal dengan prosesor dan memori besar, smartphone sangat gesit mengerjakan perintah dan membuka banyak aplikasi.

Tak hanya digunakan sehari-hari, smartphone juga diuji menggunakan benchmark seperti PC Mark dan Geekbench.

Dari hasil Geekbench tercatat, Galaxy Z Flip5 mampu mencetak single-core 1568. Sementara untuk multi-core tercatat skor sebesar 4518.

Kamera

Samsung juga tak main-main dalam kamera Galaxy Z Flip5. Ponsel ini sudah dibekali dengan dua kamera di bagian belakang. Kamera itu terdiri atas sensor 12MP f/1.8 dan 12MP f/1.8.

Sementara di bagian depan, sudah ada kamera 10MP f.2.2 yang juga mendukung  berbagai mode juga. Misalnya portrait dan ada juga dukungan flash LED.

Hal menguntungkan saat menggunakan smartphone lippat yakni tidak usak repot saat ingin selfie. Hanya perlu melipat ponsel, Anda sekarang bisa selfie sepuasnya.

Di bagian belakang, kamera malah lebih banyak mendukung mode. Kamera belakang mendukung mode Pro, pro video, single take, night, food, panorama, super slow-mo, slow motion, hyperlapsee, portrait video, dan banyak lagi.

BACA JUGA
Rumor : Samsung Galaxy Note 10 Hadir Dengan Lima Warna

Layaknya bagian depan, memotret menggunakan kamera belakang juga lebih mudah. Karena, ada cover screen yang besar, Anda bisa melihat wajah langsung di kaca tersebut.

Saat ingin memotret pun, tak perlu membuka smartphone. Dalam keadaan terlipat, penggunanya tetap akan bisa menggunakan kamera.

Hanya perlu men-swipe ke atas ikon kamera. Saat kamera sudah aktif, Anda hanya perlu men-swipe ke kanan  layar dan memilih apakah ingin menggunakan kamera atau video.

Baterai

Dibanding generasi sebelumnya, Galaxy Z Flip5 mendapatkan peningkatan dalam segi baterai. Baterai ponsel ini sekarang dapat bertahan lama dalam sekali mengisi daya, berbeda dengan generasi pendulunya.

Secara penggunaan sehari-hari, baterai Galaxy Z Flip5 mampu bertahan selama 6 jam dengan sisa baterai sekitar 40 persen. Dalam rentang waktu itu, smartphone sudah digunakan untuk mengetik, chatting, dan bahkan mendengarkan musik atau video. Bagimana berdasarkan benchmark? Berikut hasilnya.

Kesimpulan

Galaxy Z Flip5 membawa konsep berbeda jika dibanding generasi sebelumnya. Hadirnya layar cover lebih besar membuat ponsel lebih fungsional lagi.

Dari layar tersebut Anda bisa menonton Netflix dan bahkan menavigasi layar. Baterai pada smartphone generasi ini juga lebih baik, tidak cepat boros.

Soal layar tentu saja warna yang ditawarkan pun sangat tajam dan cerah. Tapi, jika disetting terlalu rendah layar tidak akan terlihat di bawah sinar Matahari.

Di balik desain menawan, performa pun tidak boleh dianggap remeh. Smartphone ini sangat nyaman diajak untuk multitasking.

REVIEW OVERVIEW

Desain
Layar
Performa
Baterai
Kamera

SUMMARY

Galaxy Z Flip5 membawa konsep berbeda jika dibanding generasi sebelumnya. Hadirnya layar cover lebih besar membuat ponsel lebih fungsional lagi. Dari layar tersebut Anda bisa menonton Netflix dan bahkan menavigasi layar. Baterai pada smartphone generasi ini juga lebih baik, tidak cepat boros. Soal layar tentu saja warna yang ditawarkan pun sangat tajam dan cerah. Tapi, jika disetting terlalu rendah layar tidak akan terlihat di bawah sinar Matahari. Di balik desain menawan, performa pun tidak boleh dianggap remeh. Smartphone ini sangat nyaman diajak untuk multitasking.
Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi

Galaxy Z Flip5 membawa konsep berbeda jika dibanding generasi sebelumnya. Hadirnya layar cover lebih besar membuat ponsel lebih fungsional lagi. Dari layar tersebut Anda bisa menonton Netflix dan bahkan menavigasi layar. Baterai pada smartphone generasi ini juga lebih baik, tidak cepat boros. Soal layar tentu saja warna yang ditawarkan pun sangat tajam dan cerah. Tapi, jika disetting terlalu rendah layar tidak akan terlihat di bawah sinar Matahari. Di balik desain menawan, performa pun tidak boleh dianggap remeh. Smartphone ini sangat nyaman diajak untuk multitasking.Review Samsung Galaxy Z Flip5: Menawan dan Gahar