BerandaReviewReview Vivo V17 Pro, Seri Termewah Vivo di Indonesia

Review Vivo V17 Pro, Seri Termewah Vivo di Indonesia

Techdaily.ID Vivo Indonesia baru saja meluncurkan produk terbarunya di lini seri V yaitu Vivo V 17 Pro. Selain menjadi ponsel Vivo pertama yang menggunakan port USB type C, Vivo V17 Pro juga merupakan smartphone pertama yang menggunakan desain dual pop-up selfie camera.

Membawa jargon “Wider Selfie Clearer Night”, tampak jelas bahwa sektor kamera adalah yang diunggulkan di ponsel yang bisa dibilang “Flagship”nya Vivo untuk saat ini. Wider Selfie mengacu kepada tambahan lensa lebar nya yang melengkapi lensa utama 48MP di sisi depan. Sedangkan Clearer Night mengacu pada kemampuan kamera belakang nya untuk menangkap gambar yang mumpuni di malam hari.

Setelah beberapa hari mencoba ponsel ini, kami akan memberikan pengalaman penggunaan kami kepada Tech Viewers. Namun sebelum masuk lebih dalam, di dalam kotak Vivo V17 Pro terdapat Vivo V17 Pro, lapisan pelindung layar yang terpasang di unit baik depan maupun belakang, charger dengan teknologi Dual-Engine Fast Charging 9V/2A, kabel USB Type-C, earphone, Hard Case, SIM Tray Ejector, buku panduan dan kartu garansi.

Sekarang kita mulai saja review Vivo V17 Pro.

Desain

Dari tampilan fisik, ada 4 hal yang mencolok di Vivo V17 Pro yakni sebagai berikut.

  1. Layar penuh tanpa gangguan notch karena kamera depannya bersembunyi dalam desain pop-up
  2. Akhirnya Vivo menggunakan USB type-C
  3. Adanya tombol yang didedikasikan untuk Google Assistant di bagian kiri ponsel, tombol ini mempunyai desain titik-titik, detail kecil yang menambah kesan berkelas
  4. Empat kamera dengan desain memanjang simetris di bagian tengah atas, ditambah dengan 1 LED flash

Selain itu, slot SIM Card diletakkan di bawah. Sayangnya tidak disertakan slot untuk micro SD. Sementara port audio 3.5mm ada di bagian atas ponsel.

Vivo V17 Pro bukanlah ponsel yang tipis, bobotnya pun terasa cukup mantap dalam genggaman. Ini juga dikarenakan efek dari komponen motorik yang disematkan untuk menunjang desain pop-up camera nya.

Layar

Vivo V17 Pro menggunakan layar Super Amoled, lebih tepatnya lagi E3 Super Amoled. Layar ini lebih terang dan nyaman di mata, juga 8% lebih efisien dalam penggunaan daya dibanding Super Amoled generasi sebelumnya.

Soal kualitas layarnya dapat kami konfirmasi lebih baik karena ketika dibandingkan langsung dengan ponsel yang sama-sama menggunakan Super Amoled. Perbedaan kualitas layar jelas sangat terasa.

Ukuran layarnya sangat luas yaitu 6,44 inci tapi tetap terasa nyaman digenggam dengan satu tangan. Sebab mengadopsi layar penuh tanpa notch hingga memiliki screen to body ratio sebesar 91,65%. Vivo V17 Pro di klaim sebagai smartphone pertama di Indonesia dengan aspek rasio layar 20:9.

Kamera

Vivo V17 Pro memiliki total enam kamera dengan empat kamera belakang dan dua kamera selfie. Di bagian belakang ditemui empat kamera dengan lensa utama 48MP Sony IMX 582 dengan aperture F/1,8, lensa super wide angle 8MP 120 derajat, lensa bokeh 2MP dan lensa super makro 2MP. Sementara kamera depannya memiliki dual dual pop-up selfie camera dengan lensa utama 32MP dan lensa super wide-angle 8MP dengan sudut pandang 105 derajat.

Bukan cuma jumlah dan kualitas lensa yang memukau, Vivo V17 Pro dijejali dengan fitur-fitur kamera yang sangat lengkap. Mulai dari fitur Selfie dengan Artificial Intelligence sampai ke mode professional dengan manual exposure, ISO yang dapat diatur sampai dengan 3200, sampai ke shutter speed dan fokus yang juga dapat diatur secara manual.

Performa

Vivo V17 Pro hadir masih dengan Snapdragon 675 AIE, SoC sama dengan yang disematkan pada V15 Pro. Jadi kita sudah ada gambaran bagaimana kira-kira performanya terutama untuk gaming, yang untuk di kelas harganya, bisa dinilai medium. Hal ini tentunya berkaitan dengan segmentasi, karena Vivo sudah memiliki seri Z yang fokus ke performa dengan SoC lebih kencang. Contohnya yang sudah tersedia di Indonesia saat ini adalah Z1 Pro yang menggunakan Snapdragon 712.

Kami test smartphone ini untuk bermain game berat favorit yaitu PUBG, Vivo V17 Pro mendapatkan setting rekomendasi default high. Grafik paling maksimal bisa mencapai HD dengan frame rate high, namun demikian pengalaman main paling nyaman didapatkan di grafik smooth dengan frame rate ultra. Sebagai catatan, pengujian PUBG ini dilakukan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga seperti PUB Gfx Tool.

Untuk multitasking Vivo V17 Pro sama sekali tidak ada masalah bahkan saat membuka lebih dari 5 aplikasi sekaligus, pengalaman multitasking nya sangat lancar. Hal ini tentunya wajar, karena Vivo V17 Pro hadir dengan RAM 8GB.

Hanya ada 1 tipe yang dihadirkan yaitu RAM 8GB dengan kapasitas penyimpanan 128GB. Ponsel ini hadir dalam dua varian warna yaitu Satin Black dan Silk White.

Audio

V17 Pro hanya memiliki 1 speaker di bagian bawah, namun kualitasnya di atas rata-rata, enak sekali untuk menikmati konten Vevo di Vivo ini. Di dalam kamar, tidak perlu bluetooth speaker tambahan untuk merasakan sedikit tendangan Bass dan Treble yang empuk.

Baterai

Dengan kapasitas 4100 mAh, ketahanan baterai Vivo sangat baik. Diuji menggunakan aplikasi AccuBattery Pro, dapat dilihat hanya dengan sisa baterai 37%, ponsel ini masih dapat bertahan selama 1 jam dan 51 menit pemakaian intensif. Pengisian dayanya berteknologi Dual-Engine Fast Charging dan dalam paket pembelian sudah termasuk charger 18 Watt USB Type-C yang dapat mengisi penuh dari 5% dalam waktu kurang dari 2 jam.

Kesimpulan

Walaupun masih menggunakan SoC Snapdragon 675 AIE, tapi performa V17 Pro cukup mengesankan. Lagipula sampai saat ini memang belum ada seri kepala 6 yang lebih tinggi dari 675 AIE di jajaran Qualcomm Snapdragon.

Ketidakhadiran NFC bisa dibilang sangat disayangkan, karena dengan harga Rp 5,7juta sepertinya tidak berlebihan jika NFC turut disertakan. Namun rupanya saat ini fitur tersebut memang belum menjadi prioritas Vivo dan beberapa pesaingnya. Mengingat penggunaannya di Indonesia juga masih sangat rendah.

Kombinasi inovasi terkini, build quality yang solid, serta hasil yang mumpuni baik dari kamera depan dan belakangnya. Vivo V17 Pro hadir sebagai pilihan untuk yang mencari ponsel elegan dengan kamera yang mantap. (Ogad Aliv)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi